Fakultas Pertanian Unhas

Fakultas Pertanian

 

Universitas Hasanuddin

Kembangkan Metode Pembelajaran Kreatif, Fakultas Pertanian Universitas Hasanuddin Gelar Pameran Mini Sains Botani

Fakultas Pertanian Universitas Hasanuddin, melalui Departemen Agroteknologi bidang Fisiologi dan Nutrisi Tanaman menyelenggarakan Pameran Mini Project. Kegiatan ini merupakan bentuka aktualisasi praktikum mata kuliah Fisiologi, Nutrisi Tanaman, Tanaman Penyegar dan Botani, yang berlansung pada hari Selasa hingga Rabu, (19-20/11) di Aula Fakultas Pertanian Unhas, Kampus Tamalanrea, Makassar.

Prof. Dr. Ir. Nasaruddin, MS., sebagai dosen senior sekaligus penanggung jawab kegiatan menjelaskan bahwa pameran tersebut menjadi salah satu sarana untuk meningkatkan kreativitas mahasiswa. Lebih lanjut, Prof. Nasaruddin menambahkan jika pameran ini menjadi metode pembelajaran kreatif untuk menuangkan ide dan mengembangkan ilmu yang didapatkan dalam ruang kelas.

“Ini sudah berjalan dua tahun, selain sebagai sarana aktualisasi teori maupun ide kreatif mahasiswa, kegiatan ini menjadi salah satu media untuk memperkenalkan fakultas pertanian secara mendalam kepada masyarakat. Dengan harapan, bisa membuka pikiran masyarakat bahwa fakultas pertanian mempunyai masa depan luar biasa.” Jelas Prof. Nasaruddin.

Dalam pameran yang dikuti oleh mahasiswa pertanian, banyak ide ataupun metode pertanian yang ditampilkan. Mahasiswa sangat antusias mengikuti kegiatan, sejak hari pertama pameran berlansung, pengunjung dari luar Unhas juga hadir melihat pameran mini tersebut.

Salah satu mahasiswa Fakultas Pertanian Unhas angkatan 2019 yang mengikuti pameran ini menganggapi metode pembelajaran kreatif yang diterapkan. Menurutnya, metode pembelajaran berasis pameran merupakan ide cemerlang. Sebab mampu meningkatkan kreativitas dan sarana penerapan ilmu pertanian yang lebih menarik.

Kegiatan pameran ditutup oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kemitraan, Dr. Ir. Novaty Eny Dungga, MP. Dalam sambutan penutupannya, beliau berharap kegiatan mini project praktikum ini bisa tetap diselenggarakan tiap tahunnya. Sebab, menjadi salah satu event yang berguna untuk menyalurkan kreativitas mahasiswa.

Pameran yang diikuti oleh kurang lebih 150 pesrta ini, baik mahasiswa Unhas maupun luar Unhas berlansung hinggal pukul 18.00 WITA. (*)

 

*irsan