Fakultas Pertanian Unhas

Fakultas Pertanian

 

Universitas Hasanuddin

Departemen Sosial Ekonomi Pertanian Peduli Warga Terdampak Covid-19


Fakultas Pertanian melalui Departemen Sosial Ekonomi Pertanian, Program Studi Agribisnis Unhas menjadi salah satu prodi yang ikut membantu meringankan beban masyarakat dengan memberikan bantuan paket sembako kepada sejumlah masyarakat ekonomi lemah di lingkup kampus.

Pada kesempatan wawancara (Kamis, 3/4 ) Ketua Depatemen Sosek Pertanian, Dr. Nixia A. Tenriawaru, SP.,M.Si. menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pokok mereka selama masa pembatasan sosial.

“Ini kami lakukan atas dasar kemanusiaan. Dosen kami yang menetap di area Perdos Tamalanrea maupun Sunu melihat keperihatinan masyarakat sekitar perumahan, olehnya itu kami tergerak untuk bersama membantu mereka, terutama masyarakat yang berpenghasilan tidak tetap,” jelas Dr. Nixia.

Kegiatan sosial ini diputuskan dalam waktu singkat. Dana yang digunakan untuk memenuhi paket bahan pokok berasal dari donasi yang terkumpul secara sukarela dari unsur sivitas akademika Depasrtemen Sosial Ekonomi.

“Persiapan kita kurang lebih empat hari. Dana kami dapatkan dari hasil urunan dosen maupun alumni. Kami tidak ada kendala untuk melakukan kegiatan ini, walaupun terbilang cukup dadakan, tapi berkat niat ikhlas dan semata-mata membantu masyarakat semua bisa berjalan lancar,” sambung Dr. Nixia.

Lebih lanjut, Dr. Nixia berpesan kepada seluruh masyarakat yang memiliki kecukupan ekonomi agar dapat bergerak bersama membantu masyarakat yang membutuhkan menginat bulan ramadhan yang semakin dekat.

“Upaya untuk menggalang donasi akan terus kami lakukan hingga kondisi semakin aman dan stabil, dan insya Allah akan terus kami salurkan ke masyarakat yang membutuhkan,” ungkap Dr. Nixia.

Koordinator pelaksana kegiatan, Ir. Darwis Ali, MS. menambahkan bahwa setiap paket bahan pokok yang dibagikan terdiri atas 10 Kg bersa, 8 bungkus mie instan, dan i liter minyak goreng. Paket ini disalurkan kepada sopir transportasi umum, tukang parkir, pembersih jalan dan petugas pengangkut sampah yang beroprasi disekitar wilayah Perdos unhas Tamalanrea dan Jalan Sunu.

“Kami bagikan 130 paket bahan pokok. Namun, kami akan terus mencari donatur untuk antisipasi situasi berkepanjangan yang berdapak kesulitan pemenuhan kebutuhan warga dibulan suci Ramadhan yang semakin dekat,” jelas Darwis.

Ir. Darwis berharap bantuan sederhanan ini bisa meringankan masyarakat semenjak adanya perubahan situasi sosial akibat wabah Covid-19.(*)