Fakultas Pertanian Unhas

Fakultas Pertanian

 

Universitas Hasanuddin

You have downloaded this file 0 times in the last 24 hours, limit is 5.
Your file downloads total 0 in the last 24 hours, limit is 5.

Studi Pembuatan Saus Kepala Udang dari Pemanfaatan Limbah Kepala Udang ( Litopenaeus vannamei ) dengan Penambahan Ubijalar (Ipomoea batatas)
Download

Description:

Normal 0 false false false IN X-NONE X-NONE

/* Style Definitions */ table.MsoNormalTable {mso-style-name:'Table Normal'; mso-tstyle-rowband-size:0; mso-tstyle-colband-size:0; mso-style-noshow:yes; mso-style-priority:99; mso-style-qformat:yes; mso-style-parent:''; mso-padding-alt:0in 5.4pt 0in 5.4pt; mso-para-margin-top:0in; mso-para-margin-right:2.55pt; mso-para-margin-bottom:0in; mso-para-margin-left:0in; mso-para-margin-bottom:.0001pt; text-align:justify; line-height:200%; mso-pagination:widow-orphan; font-size:10.0pt; font-family:'Calibri','sans-serif'; mso-fareast-font-family:Calibri; mso-bidi-font-family:'Times New Roman';}

Abstrak

 Saus  udang  adalah  saus  yang  diperoleh  dari  bahan  utama  ekstrak kepala udang dan pure ubijalar , yang diolah dengan penambahan bumbu-bumbu seperti bawang merah, bawang putih, lada, pala, dan kemiri. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengatahui kandungan gizi yang terdapat pada saus udang dan perlakuan terbaik dari ekstrak kepala udang dan puree ubijalar yang dapat diterima oleh panelis dan konsumen. Penelitian ini terdiri dari dua tahap yaitu pendahuluan dan penelitian utama. Tahap pendahuluan digunakan untuk menentukan konsentrasi terbaik dari perbandingan kepala udang dan air dalam proses pembuatan ekstrak kepala udang. Penelitian utama terdiri atas tiga tahap yaitu pembuatan ekstrak sari kepala udang, pembuatan pure ubijalar, dan pembuatan saus udang. Perlakuan yang digunakan pada penelitian ini yaitu A1 (ekstrak kepala udang  40% +  40 % pure ubijalar), A2 (ekstrak kepala udang  50 % + 30 % pure ubijalar), dan A3 (ekstrak kepala udang  60 %+  20 % pure ubijalar). Parameter yang dianalisa pada penelitian ini yaitu kadar air, kadar protein, kadar lemak, kadar serat, ph, TPT, dan uji sensori yang meliputi rasa, warna, aroma. Hasil analisis kandungan gizi menunjukkan bahwa  kadar protein dan kadar air tertinggi terdapat pada perlakuan A3 (60: 20) yaitu 2.59% dan 84.3%. Sedangkan  kadar lemak dan kadar serat tertinggi terdapat pada perlakuan A1 (40:40) yaitu 1.23% dan 2.54%. Hasil pengujian menunjukkan bahwa perlakuan terbaik berdasarkan uji sensori (rasa, warna, dan aroma) yaitu A1 dengan formulasi ekstrak kepala udang 40% + 40% pure ubijalar.  

 

Kata kunci : kepala udang, ubi jalar, saus.

Author (email):
GABRIELLA SHERLY ROMBE. (G31112251), Nurlaila Abdullah dan Abu Bakar Tawali
Submitted On:
12 Aug 2016
File Size:
137.66 Kb
Downloads:
2