TUGAS 5 dan TUGAS 6

 

Pengantar

 

Tugas 5 dan 6 ini berhubungan dengan Internet. Untuk mereka yang sudah "biasa", tentu bukan sesuatu yang baru, dan mereka tentu akan dapat mengambil manfaat yang sebesar-besarnya dari ke-"biasa"-annya dengan Internet dalam mengerjakan Tugas 5 dan 6 ini. Bagi mereka yang belum "biasa", mudah-mudahan Tugas 5 dan 6 ini akan membantu memulai ke-"biasa"-an baru (yaitu ke-"biasa"-an "meng-Internet") yang tentu akan sangat bermanfaat dalam ke-profesi-an mereka sebagai "pakar" Ilmu Komunikasi pada masa yang akan datang.  Mudah-mudahan.

Kedua tugas ini adalah tugas INDIVIDUAL, artinya setiap peserta kuliah WAJIB mengerjakannya supaya lolos dari nilai K. Batas akhir berupa penyerahan SEMUA "print-out" sebagaimana yang ditugaskan, adalah minggu terakhir perkuliahan Program Pasca Sarjana UNHAS.  Jadi kapan bisa mulai dikerjakan? Disarankan agar sudah mulai dikerjakan minggu lalu......., kalau bisa. Dianjurkan agar mulai membaca-baca buku-buku seperti buku kecil “Panduan Pelatihan Internet” [2002] karangan kakak kelas anda Ir. M.Anshar Akil misalnya, atau bacaan-bacaan lain semacam itu, yang bisa memandu anda agar tidak tersesat di “dunia maya”, “cyberspace”…………….

 

Tugas 5  E-mail dan Mailing-list

 

Darimana mulai mengerjakan Tugas 5 ini? Untuk mereka yang sama-sekali belum pernah bersetuhan dengan Internet, silakan mulai mengerjakan Tugas 5 ini dengan menyempatkan diri berkunjung ke salah satu WARUNG INTERNET (WARNET) yang ada di kota Makassar ini, atau ke fasilitas serupa yang dimiliki oleh Program Pasca Sarjana UNHAS, harusnya sih gratisan (jangan mau pakai kalau tidak gratis!). Segera familiarisasi-kan diri anda dengan suasana di WARNET tersebut, perhatikan apa saja yang dikerjakan para pengunjung dan pengurus-nya, bertanya-tanyalah tentang apa saja yang anda pikir perlu ditanyakan. Jika anda sudah siap, atau sudah merasa “biasa”, maka duduklah menghadapi salah satu terminal, biasakan memegang-megang mouse, meng-klik-klik-nya, dan (kalau anda belum memilikinya) buatlah alamat e-mail di Internet untuk anda sendiri (membuat alamat e-mail untuk diri anda sendiri ini biasa disebut "men-set-up e-mail account"). Tugas mengunjungi WARNET ini tentu tidak berlaku untuk anda yang sudah punya perangkat komputer sendiri di rumah lengkap dengan modem-nya, sehingga tentu anda sudah memiliki alamat e-mail sendiri dengan berlangganan salah satu ISP (Internet Service Provider) atau meng-akses TelkomNet-Instant.

 

STEP 1 : Men-set-up e-mail account anda di Yahoo!

Sudahkah anda memiliki alamat e-mail di Yahoo!? (Jika sudah, anda tidak perlu mengerjakan STEP 1 ini, silakan saja lanjut ke STEP 2).  Jika belum, inilah yang harus anda lakukan:

v      Dengan program aplikasi browser yang tersedia (misalnya "Internet Explorer", "Netscape", dll.), akses-lah situs: http://mail.yahoo.com/

v      Klik "Sign up now", lalu ikuti petunjuk selanjutnya sampai anda mempunyai alamat e-mail Nama_Anda@yahoo.com

v      Jangan melupakan Yahoo!ID (Nama_Anda) dan Password anda. Kedua hal ini anda perlukan untuk meng-akses fasilitas Yahoo! DI MANA PUN ANDA BERADA DI DUNIA, tidak hanya ketika anda di Makassar saja!!!

(Note: kalau anda ingin men-set-up e-mail account dengan alamat e-mail: Nama_Anda@unhas.ac.id, silakan menghubungi pak Lukman melalui e-mail ke alamat beliau: luqe@unhas.ac.id ) 

Dengan memiliki alamat e-mail sendiri di Yahoo! ini, anda sudah mengerjakan Tugas 5 ini sebanyak kurang-lebih 25% dari keseluruhan. Setelah anda memiliki alamat e-mail sendiri maka 25% tugas berikutnya adalah melakukan STEP 2.

 

STEP 2 : Berlangganan mailing-list.

Dalam buku text karangan Everett Rogers yang digunakan di kelas, ada diceritakan tentang “bulletin board” di Stanford University dan ARPANET. Bulletin Board tersebut merupakan rintisan awal dari fasilitas Internet yang sekarang dikenal dengan nama “mailing-list”. Mailing-list yang ramai dimanfaatkan oleh komunitas pengguna Internet UNHAS adalah mailing-list unhas-ml. Pada langkah kedua ini anda akan “merasakan” bagaimana menjadi bagian dari “keramaian” mailing-list  UNHAS tersebut.

Dari e-mail account Yahoo! yang sudah di-set-up pada STEP 1 sebelumnya, anda harus mengirim e-mail KOSONG (tanpa Subject dan tanpa Isi) dari alamat e-mail anda tersebut ke alamat (harus persis seperti ini, jangan sampai salah eja):

 


unhas-ml-subscribe@yahoogroups.com

 

E-mail kosong ini merupakan permohonan anda untuk melanggan mailing-list Universitas Hasanuddin (UNHAS-ML). Setelah itu, tugas anda adalah menunggu (bisa sampai beberapa hari, tapi - kalau anda beruntung - bisa beberapa puluh menit saja, atau lebih cepat lagi), sampai anda mendapat jawaban berupa e-mail yang Subject-nya sebagai berikut:

 


                         Subject: Please confirm your request to join unhas-ml 

 

 

Nah, e-mail ini harus anda Reply dulu (klik tombol Reply, lalu klik tombol Send), baru kemudian anda  pada kesempatan berikutnya akan menerima jawaban "Welcome" yang bentuknya seperti ini:

 


Date: (tanggal waktu permohonan anda di-approve)

From: "unhas-ml Moderator" <unhas-ml-owner@yahoogroups.com>

To: (alamat e-mail anda: Nama_Anda@yahoo.com atau Nama_Anda@unhas.ac.id )

Subject: Welcome to unhas-ml 

This is a semi-official Hasanuddin University's

mailing-list for everyone.

Selamat datang di mailing-list "setengah-resmi"

Universitas Hasanuddin Makassar.

Silakan klik:

http://groups.yahoo.com/group/unhas-ml/messages/

 

Your use of Yahoo! Groups is subject to

http://docs.yahoo.com/info/terms/

 

 

Print-out semacam inilah yang anda kumpulkan sebagai bukti anda telah mengerjakan bagian pertama dari Tugas 5. OK?

 

          Tugas berikutnya adalah menunggu lagi. Sambil menunggu, silakan klik situs yang disebutkan pada pesan di atas, yaitu:

 

http://groups.yahoo.com/group/unhas-ml/messages/

 

Di situs tersebut anda akan melihat betapa “ramai”-nya polemik yang terjadi di antara para “vokalis” mailing-list unhas-ml ini. Arsip yang tersedia di situs ini sudah berjumlah sekitar hampir 9000 e-mail, yang terdaftar pertama tertanggal 1 September 1999, sedangkan mailing-list unhas-ml sendiri sudah berasal-usul dari awal tahun 1990-an. Salah satu sumber tentang “sejarah” penggunaan mailing-list di kalangan orang Indonesia antara lain dapat di-klik di  http://rms46.vlsm.org/1/24.html

 

STEP 3 : Berkomentar di  mailing-list.

          Sekitar beberapa hari atau beberapa minggu kemudian mailbox anda (bisa di-akses dengan kembali ke http://mail.yahoo.com/ kemudian anda sign in menggunakan Yahoo!ID dan Password anda) akan terisi oleh (agak) banyak e-mail yang di Subject-nya terdapat judul dengan notasi [unhas-ml] yang merupakan pertanda bahwa alamat e-mail anda sudah terdaftar sebagai pelanggan mailing-list unhas-ml. Bacalah e-mail-e-mail tersebut, lalu pilihlah salah satu yang menurut anda bagus untuk dikomentari. Carilah di layar monitor anda tombol Reply yang bisa di-klik, lalu buatlah e-mail jawaban dari e-mail yang anda anggap menarik tersebut.  E-mail jawaban ini secara otomatis akan membuatkan untuk anda:

 

          (Alamat) To: unhas-ml@yahoogroups.com

            (Topik)    Subject: Re: [unhas-ml] .................. (judul topik)

 

dan di bawah-nya biasanya ter-copy isi e-mail yang anda baca sebelumnya. Di bawah topik tersebut anda dapat mengetikkan komentar anda dengan format kira-kira sebagai berikut (tidak perlu persis sama):

 

Text Box: >
>      (isi e-mail yang anda komentari)
>

Salam dari Makassar!
Perkenalkan saya______________, mahasiswa Program Pasca
Sarjana UNHAS PS. Komunikasi ______________, No. Stb.
_______________ . Untuk tugas matakuliah Teknologi
Informasi dan Komunikasi, saya diwajibkan menulis
e-mail ini dan mengirimkannya ke unhas-ml.
Saya tertarik untuk mengomentari e-mail di atas,
sebagai berikut:
.......................................................
.......................................................
......................................................
Terimakasih atas perhatiannya. Lebih dan kurangnya mohon
Dimaafkan.
Wassalam,
(Nama anda)
(Alamat e-mail anda)

 

           

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Setelah anda puas dengan isi e-mail yang anda tulis, maka klik-lah tombol Send sampai e-mail anda terkirim, maka selesailah 85% dari Tugas 5 anda. Jika anda bersabar menunggu beberapa saat kemudian, lalu anda memeriksa kembali isi mail-box anda, maka anda akan melihat bahwa e-mail yang anda kirim tadi sudah anda terima kembali copy-nya, berarti e-mail anda tersebut sudah tersebar kepada seluruh pelanggan mailing-list UNHAS-ML. Cetaklah copy e-mail anda sendiri yang sudah kembali ke mail-box anda, sebagai bukti bahwa anda sudah melaksanakan 85% dari Tugas 5 anda. Tugas 5 anda dianggap sempurna (100%) jika anda kemudian meng-akses dengan browser anda alamat berikut:

 


http://groups.yahoo.com/group/unhas-ml/messages/

 

dan berhasil mendapati e-mail yang anda kirim tadi tertayangkan (posted) di situ. Catatlah nomer message dari e-mail yang anda kirim tadi, cantumkan (tulisan tangan saja) pada print-out dari e-mail anda itu sebagai bukti bahwa anda memang telah menemukannya.

 

Tugas 6  Search Engine

 

Fasilitas Internet yang juga amat penting untuk ke-profesi-an anda sebagai paker Ilmu Komunikasi adalah "mesin pencari" atau Search Engine. Salah satunya yang cukup baik dan cepat adalah:

 


http://www.alltheweb.com/

 

Beri tanda “tick” pada kotak kecil dekat kata EXACT PHRASE. Lalu ketikkan di kolom kosong yang tersedia itu kata-kata “Teknologi Informasi Dan Komunikasi” lalu klik tombol "SEARCH"  ......... :

 

Tunggu beberapa saat, maka akan muncullah di layar monitor daftar ratusan dokumen di Internet yang memuat kata-kunci yang telah anda ketikkan di kolom yang tersedia di atas. Pilihlah salah satu dokumen yang anda anggap menarik, lalu cetaklah dokumen yang menarik tersebut (cukup satu halaman saja yang memang memuat kata kunci yang anda cari), maka anda telah melaksanakan 50% dari Tugas 6 ini.

 

Selanjutnya pilihlah sembarang kata (atau susunan kata) kunci (bisa berupa nama orang, judul buku, nama tempat, peribahasa, bahasa Inggris-kah, Bahasa Indonesia-kah, Bugis, Jawa, ....... apa saja), yang penting harus berbeda dengan yang dipilih oleh rekan-rekan anda sekelas (kalau ada yang sama nilainya akan di-discount). Ketikkan kata atau susunan kata-kata itu pada kolom yang tersedia, lalu klik tombol "SEARCH" lagi seperti sebelumnya sampai tertayangkan di layar monitor daftar dokumen yang memuat kata atau susunan kata-kata kunci yang anda maksudkan. Cetaklah halaman pertama dari daftar dokumen hasil pencarian anda.

 

 

 

 

Penutup

 

Dengan demikian selesailah tugas-tugas anda sehubungan dengan pelajaran mengenai Internet ini. Mudah-mudahan anda bisa menikmatinya, mudah-mudahan untuk seterusnya. Jangan lupa, yang harus anda kumpulkan pada minggu terakhir kuliah adalah minimum 4 (empat) halaman, yaitu:

 

Tugas 5         

¨       Welcome message dari mailing-list UNHAS-ML

¨       Reply anda pada salah satu posting di UNHAS-ML, lengkap dengan nomer message (bisa ditulis tangan saja di salah satu sudut halaman)-nya.

 

Tugas 6

¨       Halaman pertama dokumen yang diperoleh dengan menggunakan Search Engine untuk kata-kata kunci TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

¨       Halaman pertama Daftar Dokumen yang diperoleh dengan kata kunci pilihan anda yang dicari menggunakan Search Engine http://www.alltheweb.com/

 

Jangan lupa diberi Nama dan No. Stambuk di balik setiap halaman yang anda kumpulkan. Jika anda mendapatkan kesulitan atau pertanyaan berkenaan dengan Tugas 5 dan 6 ini, silakan hubungi saya di alamat e-mail yang tercantum di bawah ini.

 

                                                          Makassar, awal  Mei 2001

                                                          Rhiza S. Sadjad

                                                          e-mail: rhiza@unhas.ac.id

                                                          URL: http://www.unhas.ac.id/~rhiza/