Welcome to Brawijaya University Malang
Home
Tentang UB
Fakultas
Program Akademik
Pendaftaran
Fasilitas
Riset, Pengembangan & Pengabdian
Kemahasiswaan
Peta Kampus
Direktori Online
Dokumentasi
Link-Link Penting
 

Advanced search
Sistem Informasi Akademik Mahasiswa Online
Valid HTML 4.01 Transitional
Tentang Brawijaya
Pusat Jaminan Mutu (PJM)  

Sejarah PJM
Untuk meningkatkan mutu, relevansi dan efisiensi layanan UB di era global, maka pengelolaan UB membutuhkan sistem penjaminan mutu. Pada tahun 2002, Rektor UB membentuk Tim Monitoring dan Evaluation (Monev) dengan tugas melaksanakan sistem pembinaan dan pemantauan PHK tersebut. Karena kegiatan Tim Monev internal masih terbatas, maka pada tahun 2003 dibentuk Tim Benefit dan Monitoring Evaluation (BME) dengan SK Rektor No. 022/SK/2003Pada awalnya tahun 2003 Program penyehatan institusi telah mendorong perluasan ruang lingkup sistem penjaminan mutu, dari Monevin PHK yang lebih bersifat quality control menjadi lengkap dengan quality assurance dan quality improvement bidang akademik termasuk akreditasi program studi (PS) sesuai SK Rektor No. 017A/SK/2005 tentang PJM. Kelembagaan dan tugas tim diperbarui tiap tahun melalui SK Rektor sesuai dinamika UB. Berdasarkan SK 023A/SK/2006 PJM UB tanggal 13 Pebruari 2006, maka tugas PJM diperpanjang dengan tugas melanjutkan kegiatan sebelumnya.

Hibah SP4 batch 3 untuk fungsionalisasi PJM telah mempercepat kinerja UB melalui penetapan analisis jabatan, struktur organisasi, sasaran dan perangkat sistem penjaminan mutu UB. Hingga tahun 2007, UB masih memprioritaskan pada kegiatan akademik. Dokumen akademik dan dokumen mutu yang disusun telah mengacu pada Rencana Strategis 2006-2011 dan Program Kerja Rektor 2007-2011. berdasarkan SK 010A/SK/2007 tanggal 15 Januari 2007 ditetapkan tim PJM yang baru beranggotakan 14 orang dengan kualifikasi doktor, menunjukkan komitmen untuk pengembangan mutu UB, independen dan tidak menjabat secara struktural. Sedangkan tugas PJM hingga 15 Januari 2008, yaitu:

  1. Mengembangkan Sistem Penjaminan Mutu Akademik dan pelaksanaan auditnya
  2. Meningkatkan mutu usulan akreditasi Program Studi / Institusi melalui pendampingan
  3. Melaksanakan Monitoring dan Evaluasi Internal (Monevin) Program Hibah Kompetisi (PHK)

Aktivitas pengembangan Sistem Penjaminan Mutu (SPM) UB yang telah dilakukan :

  • Penetapan struktur organisasi fungsional SPM (2005-2007)
  • Pengembangan SPMA melalui penyusunan dokumen akademik/mutu (2006-2007)
  • Sosialisasi SPMA pada sivitas akademika (2005-2007)
  • Pengembangan SPMA pada tingkat fakultas/program dan jurusan/program studi (2006-2007)
  • Monev perkembangan SPMA tingkat Gugus Jaminan Mutu (GJM) dan Unit Jaminan Mutu (UJM) (2006-2007)
  • Pendampingan Pengusulan Akreditasi Program Studi S-1 (2006-2007)
  • Training Asesor Internal Akreditasi Program Studi S-1 (2006)
  • Training Auditor Internal Mutu Akademik (2007)
  • Audit Internal Mutu Akademik (AIMA) (2007)

Alamat Kontak

Pusat Jaminan Mutu (PJM)
Kantor: Gedung Rektorat Lantai VI
Jalan Veteran Malang 65145
Telepon: 0341 575797
Fax: 0341 575817
email: pjm-ub@brawijaya.ac.id

Struktur Tim PJM

Struktur Tim PJM

Dokumen Akademik/Mutu di Tingkat Universitas

  1. Kebijakan Akademik UB –PJM UB 2007
  2. Standar Akademik UB –PJM UB 2007
  3. Peraturan Akademik UB –PJM UB 2007
  4. Manual Mutu Akademik UB – PJM UB 2006, 2007
  5. Manual Mutu Penelitian dan Publikasi UB –PJM UB 2007
  6. Manual Mutu Pengabdian Kepada Masyarakat UB –PJM UB 2007
  7. Manual Prosedur Implementasi Sistem Penjaminan Mutu akademik (SPMA) UB – PJM UB 2007
  8. Manual Prosedur Implementasi Rencana Strategis UB – UB 2006
  9. Manual Prosedur Monitoring dan Evaluasi Kinerja Rencana Strategis UB –UB 2007
  10. Manual Prosedur Implementasi Tracer Study  Lulusan S-1 UB – BAAK UB 2007
  11. Manual Prosedur Standarisasi Akreditasi Program Studi S-1 UB – PJM-UB 2007

Dokumen Audit di Tingkat Universitas

  1. Pedoman Audit Internal Mutu Akademik (AIMA) UB – PJM UB 2007
  2. Standar Audit Internal Mutu Akademik (AIMA) UB – PJM UB 2007
  3. Manual Prosedur Audit Mutu Akademik Internal UB – PJM UB 2007
  4. Evaluasi Kinerja Program Studi (PS) UB – PJM UB 2007
  5. Evaluasi Kinerja Fakultas/Program UB – PJM UB 2007
  6. Kode Etik Auditor Audit Internal Mutu Akademik UB – PJM UB 2007

Dokumen Monevin PHK di Tingkat Universitas

  1. TOR Monevin PHK - PJM-UB 2005
  2. Manual Prosedur Monevin PHK - PJM-UB 2006
  3. Manual Prosedur Monevin PHK Revisi 1- PJM-UB 2007
  4. Kode Etik Reviewer - PJM-UB 2006
  5. Laporan Monevin Tengah Tahun - PJM-UB 2005
  6. Laporan Monevin Akhir Tahun - PJM-UB 2005
  7. Laporan Monevin Tengah Tahun - PJM-UB 2006
  8. Laporan Monevin Akhir Tahun - PJM-UB 2006
  9. Laporan Monevin Tengah Tahun - PJM-UB 2007
  10. Laporan Monevin Akhir Tahun - PJM-UB 2007
  11. Dampak PHK oleh Rektor 2007
  12. Penerimaan Dana PHK 1999-2007
  13. Tindakan Koreksi Tahun 2006
  14. Unit Kerja Penerima Hibah hingga 2007

Kegiatan Monevin UB didanai DRK 2,5% Tahun 2006 yang dikelola Tim Koordinasi PHK dan PJM

  1. Standarisasi Manajemen Keuangan
  2. Standarisasi Tim dan Proses Pengadaan Barang
  3. Standarisasi Reviewer Internal Proposal PHK
  4. Standarisasi Reviewer Monevin PHK
  5. Sharing Good Practices untuk persiapan visitasi PHK A2-A3 dan Simulasi
  6. Monevin PHK A2-A2-TPSDP-SP4 Tengah Tahun 2006
  7. Pemeriksaan Keuangan oleh Irjen & BPK
  8. Desk Evaluation & Visitasi Monevin Akhir Tahun
  9. Pengembangan QAS ke Jurusan & Fakultas
  10. Visitasi Moneter Dikti
  11. Review internal RIP PHK 2007

Kegiatan Monevin UB didanai DRK 2,5% Tahun 2007 yang dikelola Tim Koordinasi PHK dan PJM

  1. Standarisasi Manajemen Keuangan
  2. Standarisasi Tim dan Proses Pengadaan Barang
  3. Refreshing Reviewer Internal PHK
  4. Penyusunan, sosialisasi, revisi, implementasi Manual Prosedur Monevin PHK & Pasca PHK
  5. Sharing Good Practices untuk implementasi PHK A2-A3 dan Simulasi
  6. Monevin PHK A2-A2-TPSDP-SP4-IMHERE Tengah Tahun 2007
  7. Pemeriksaan Keuangan oleh Irjen & BPK
  8. Monevin PHK & Pasca PHK Akhir Tahun
  9. Pengembangan QAS ke Jurusan & Fakultas
  10. Visitasi Monev TPSDP, IMHERE Dikti
  11. Laporan Monevin PHK UB
Our Services
BITS DIGILIB BPPUB SOI SIAKAD Lowongan Beasiswa
Home
Tentang UB
Fakultas
Program Akademik
Pendaftaran
Fasilitas
Riset, Pengembangan & Pengabdian
Kemahasiswaan
Peta Kampus
Direktori Online
Dokumentasi
Link-Link Penting
Tentang Brawijaya
Pusat Jaminan Mutu (PJM)

Sejarah PJM
Untuk meningkatkan mutu, relevansi dan efisiensi layanan UB di era global, maka pengelolaan UB membutuhkan sistem penjaminan mutu. Pada tahun 2002, Rektor UB membentuk Tim Monitoring dan Evaluation (Monev) dengan tugas melaksanakan sistem pembinaan dan pemantauan PHK tersebut. Karena kegiatan Tim Monev internal masih terbatas, maka pada tahun 2003 dibentuk Tim Benefit dan Monitoring Evaluation (BME) dengan SK Rektor No. 022/SK/2003Pada awalnya tahun 2003 Program penyehatan institusi telah mendorong perluasan ruang lingkup sistem penjaminan mutu, dari Monevin PHK yang lebih bersifat quality control menjadi lengkap dengan quality assurance dan quality improvement bidang akademik termasuk akreditasi program studi (PS) sesuai SK Rektor No. 017A/SK/2005 tentang PJM. Kelembagaan dan tugas tim diperbarui tiap tahun melalui SK Rektor sesuai dinamika UB. Berdasarkan SK 023A/SK/2006 PJM UB tanggal 13 Pebruari 2006, maka tugas PJM diperpanjang dengan tugas melanjutkan kegiatan sebelumnya.

Hibah SP4 batch 3 untuk fungsionalisasi PJM telah mempercepat kinerja UB melalui penetapan analisis jabatan, struktur organisasi, sasaran dan perangkat sistem penjaminan mutu UB. Hingga tahun 2007, UB masih memprioritaskan pada kegiatan akademik. Dokumen akademik dan dokumen mutu yang disusun telah mengacu pada Rencana Strategis 2006-2011 dan Program Kerja Rektor 2007-2011. berdasarkan SK 010A/SK/2007 tanggal 15 Januari 2007 ditetapkan tim PJM yang baru beranggotakan 14 orang dengan kualifikasi doktor, menunjukkan komitmen untuk pengembangan mutu UB, independen dan tidak menjabat secara struktural. Sedangkan tugas PJM hingga 15 Januari 2008, yaitu:

  1. Mengembangkan Sistem Penjaminan Mutu Akademik dan pelaksanaan auditnya
  2. Meningkatkan mutu usulan akreditasi Program Studi / Institusi melalui pendampingan
  3. Melaksanakan Monitoring dan Evaluasi Internal (Monevin) Program Hibah Kompetisi (PHK)

Aktivitas pengembangan Sistem Penjaminan Mutu (SPM) UB yang telah dilakukan :

Alamat Kontak

Pusat Jaminan Mutu (PJM)
Kantor: Gedung Rektorat Lantai VI
Jalan Veteran Malang 65145
Telepon: 0341 575797
Fax: 0341 575817
email: pjm-ub@brawijaya.ac.id

Struktur Tim PJM

Struktur Tim PJM

Dokumen Akademik/Mutu di Tingkat Universitas

  1. Kebijakan Akademik UB –PJM UB 2007
  2. Standar Akademik UB –PJM UB 2007
  3. Peraturan Akademik UB –PJM UB 2007
  4. Manual Mutu Akademik UB – PJM UB 2006, 2007
  5. Manual Mutu Penelitian dan Publikasi UB –PJM UB 2007
  6. Manual Mutu Pengabdian Kepada Masyarakat UB –PJM UB 2007
  7. Manual Prosedur Implementasi Sistem Penjaminan Mutu akademik (SPMA) UB – PJM UB 2007
  8. Manual Prosedur Implementasi Rencana Strategis UB – UB 2006
  9. Manual Prosedur Monitoring dan Evaluasi Kinerja Rencana Strategis UB –UB 2007
  10. Manual Prosedur Implementasi Tracer Study  Lulusan S-1 UB – BAAK UB 2007
  11. Manual Prosedur Standarisasi Akreditasi Program Studi S-1 UB – PJM-UB 2007

Dokumen Audit di Tingkat Universitas

  1. Pedoman Audit Internal Mutu Akademik (AIMA) UB – PJM UB 2007
  2. Standar Audit Internal Mutu Akademik (AIMA) UB – PJM UB 2007
  3. Manual Prosedur Audit Mutu Akademik Internal UB – PJM UB 2007
  4. Evaluasi Kinerja Program Studi (PS) UB – PJM UB 2007
  5. Evaluasi Kinerja Fakultas/Program UB – PJM UB 2007
  6. Kode Etik Auditor Audit Internal Mutu Akademik UB – PJM UB 2007

Dokumen Monevin PHK di Tingkat Universitas

  1. TOR Monevin PHK - PJM-UB 2005
  2. Manual Prosedur Monevin PHK - PJM-UB 2006
  3. Manual Prosedur Monevin PHK Revisi 1- PJM-UB 2007
  4. Kode Etik Reviewer - PJM-UB 2006
  5. Laporan Monevin Tengah Tahun - PJM-UB 2005
  6. Laporan Monevin Akhir Tahun - PJM-UB 2005
  7. Laporan Monevin Tengah Tahun - PJM-UB 2006
  8. Laporan Monevin Akhir Tahun - PJM-UB 2006
  9. Laporan Monevin Tengah Tahun - PJM-UB 2007
  10. Laporan Monevin Akhir Tahun - PJM-UB 2007
  11. Dampak PHK oleh Rektor 2007
  12. Penerimaan Dana PHK 1999-2007
  13. Tindakan Koreksi Tahun 2006
  14. Unit Kerja Penerima Hibah hingga 2007

Kegiatan Monevin UB didanai DRK 2,5% Tahun 2006 yang dikelola Tim Koordinasi PHK dan PJM

  1. Standarisasi Manajemen Keuangan
  2. Standarisasi Tim dan Proses Pengadaan Barang
  3. Standarisasi Reviewer Internal Proposal PHK
  4. Standarisasi Reviewer Monevin PHK
  5. Sharing Good Practices untuk persiapan visitasi PHK A2-A3 dan Simulasi
  6. Monevin PHK A2-A2-TPSDP-SP4 Tengah Tahun 2006
  7. Pemeriksaan Keuangan oleh Irjen & BPK
  8. Desk Evaluation & Visitasi Monevin Akhir Tahun
  9. Pengembangan QAS ke Jurusan & Fakultas
  10. Visitasi Moneter Dikti
  11. Review internal RIP PHK 2007

Kegiatan Monevin UB didanai DRK 2,5% Tahun 2007 yang dikelola Tim Koordinasi PHK dan PJM

  1. Standarisasi Manajemen Keuangan
  2. Standarisasi Tim dan Proses Pengadaan Barang
  3. Refreshing Reviewer Internal PHK
  4. Penyusunan, sosialisasi, revisi, implementasi Manual Prosedur Monevin PHK & Pasca PHK
  5. Sharing Good Practices untuk implementasi PHK A2-A3 dan Simulasi
  6. Monevin PHK A2-A2-TPSDP-SP4-IMHERE Tengah Tahun 2007
  7. Pemeriksaan Keuangan oleh Irjen & BPK
  8. Monevin PHK & Pasca PHK Akhir Tahun
  9. Pengembangan QAS ke Jurusan & Fakultas
  10. Visitasi Monev TPSDP, IMHERE Dikti
  11. Laporan Monevin PHK UB