Folded Corner: KUESIONER PENELITIAN

RAHMAWATI HARUNA
MAHASISWA PASCASARJANA
PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI
UNIVERSITAS HASANUDDIN
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Bapak dan Ibu adalah responden pada penelitian yang berjudul:

 

PROXIMITY DAN KANDUNGAN SOSIOEMOSI ISI PESAN EMAIL

DI MAILING LIST UNHAS

   Studi Analisis Isi dan Survei Pendapat Anggota Mailing List Unhas

 

(Responden dipilih berdasarkan isi email yang dikirim ke ml-uh, sesuai dengan topik terpilih pada penelitian dan terkait erat dengan proximity dan kandungan sosioemosi).

 

 

 

 

 

RAHMAWATI HARUNA

MAHASISWA PASCASARJANA

PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI

UNIVERSITAS HASANUDDIN

 

PROXIMITY DAN KANDUNGAN SOSIOEMOSI ISI PESAN EMAIL

DI MAILING LIST UNHAS

   Studi Analisis Isi dan Survei Pendapat Anggota Mailing List Unhas

 

Yth Bapak/Ibu anggota ml-uh

 

Penelitian dengan judul diatas menjadikan ml-uh sebagai objek penelitian. Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil pengamatan awal yang dilakukan, dimana forum ini telah menjadi arena perang simbolik untuk beberapa topik tertentu. Para anggota grup pada umumnya telah terjebak beropini secara emosional dalam menonjolkan kerangka pemikiran, perspektif, konsep dan interpretasi masing-masing dalam memaknai suatu objek pesan. Akibatnya, lahirlah deskripsi atau eksplanasi yang bersifat tendensius. Perdebatan yang terjadi pun menyiratkan tendensi untuk melegitimasi diri sendiri dan mendelegitimasi pihak lawan. Terjadi pro dan kontra dan masing-masing pihak memberi argumentasi pembenaran, bahkan sangat jelas siapa dan bagaimana anggota-anggota grup yang mendukung atau menolak pemikiran anggota-anggota lain.

Fenomena di mailing list inilah yang menurut penulis menarik untuk diteliti. Mewakilkan opini melalui perangkat elektronik menjadi suatu bidang penelitian yang patut diperhitungkan dan mendorong penulis untuk mencoba mengangkatnya menjadi kajian peneltian.

Melalui analisis isi dan survei yang digunakan, diharapkan dapat menjawab pertanyaan terpilih dari penelitian ini yaitu:

 

  1. Peristiwa dan isu-isu apa sajakah yang banyak menjadi topik perdebatan dan mengandung sosioemosi ketegangan di mailing list Unhas?
  2. “Seberapa besarkah faktor proximity dan faktor apakah yang dominan mempengaruhi minat para anggota grup dalam menanggapi suatu pesan?”
  3. “Seberapa besarkah faktor-faktor proximity mempengaruhi keberpihakan/kesamaan pendapat seorang anggota grup dalam menanggapi isi email anggota yang lain?

Untuk memperoleh jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut diatas, maka saya : 

·        Mohon kesediaan Bapak/ibu untuk mengisi lembaran pertanyaan yang telah disediakan

·        Daftar pertanyaan ini semata-mata untuk kepentingan ilmiah.

·        Informasi yang Bapak/Ibu berikan merupakan kontribusi yang sangat berharga dalam penelitian ini.

·        Jawaban yang Bapak/Ibu berikan sangat kami jaga kerahasiaannya 

·        Jawaban Bapak/ibu diharapkan secepatnya dapat diterima melalui email rahmi_haruna@yahoo.com

·        Terimakasih atas kesediaan dan bantuan yang Bapak/ibu berikan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Guna memperjelas arah penelitian dan mempermudah menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan, maka peneliti mencantumkan beberapa hal penting yang menjadi variabel dalam penelitian ini sebagai berikut:

  1. Proximity (kedekatan) adalah salah satu unsur nilai pesan yang menunjukkan kekuatan pembaca terhadap peristiwa yang dijadikan berita.
  2. Kedekatan budaya ditunjukkan berdasarkan pertimbangan unsur budaya seperti bahasa, kesenian, dan upacara keagamaan.
  3. Kedekatan psikologis ditunjukkan oleh jarak dengan ukuran psikologis. Kedekatan psikologis mengacu pada kesamaan sikap, pola, perilaku, dan emosi yang tecermin pada isi pesan yang dikomunikasikan.
  4. Kedekatan sosial ditunjukkan oleh jarak yang diukur secara sosial. Kedekatan sosial menunjukkan ikatan kelembagaan atau organisatoris. Kedekatan sosial juga mengandung arti perasaan simpati seseorang terhadap objek berita yang dibacanya karena hubungan kelompok atau institusional.
  5. Analisis isi adalah cara atau teknik untuk membuat kesimpulan yang  objektif dan pengenalan secara sistematis tentang karakteristik dari isi   pesan.
  6. Survei diartikan sebagai cara untuk memperoleh jawaban atas petanyaan tentang apa yang dirasakan dan diperbuat suatu kelompok yang menjadi subjek penelitian.
  7. Kandungan sosioemosi merupakan pesan-pesan komunikasi yang isinya bersifat musibah, ketegangan, pengurangan ketegangan, persetujuan, permusuhan, serta pemberian dan permintaan informasi pribadi.
  8. Kandungan sosioemosi ketegangan adalah pesan-pesan yang di dalamnya tecermin emosi negatif dan menyiratkan ketidakharmonisan  melalui kalimat yang digunakan dalam menjelaskan perbedaan kerangka pemikiran, perspektif, konsep dan interpretasi masing-masing dalam memaknai objek pesan.
  9. Emosi negatif adalah luapan perasaan yang tecermin dalam isi pesan melalui eksplanasi yang bersifat tendensius.

 

 

Petunjuk : Isilah kotak yang ada di sebelah kanan dan titik-titik dibawah ini :

 

IDENTITAS RESPONDEN

1.      Alamat email           :

2.      Jenis Kelamin         : 

3.      Usia                       :

4.   Pekerjaan/jabatan   :

5.   Asal / Etnis :

6.   Agama                   :

 

UMUM

ml-uh, proximity dan sosioemosi

1.      Sudah berapa lama Anda menjadi anggota ml-uh?

…………………………………………………..

2.  Bagaimana partisipasi Anda dalam menyumbangkan tulisan/artikel baik yang ditulis sendiri maupun yang dikutip dari sumber lain?

sering

 

jarang              

 

tidak pernah                

                       

3        Bagaimana partisipasi Anda dalam memberi komentar?

sering

 

jarang                                      

 

tidak pernah

 

 

4.      Kategori sifat pesan apa yang  Anda komentari di ml-uh?

                                                                               Sering              jarang      tidak pernah

 

1.    Perang pertahanan dan diplomasi

 

2.   Politik dan pemerintahan

 

                

3.   Kegiatan Ekonomi      

                

4. Kejahatan

 


5. Masalah moral masyarakat

 

6. Kesehatan dan kesejahteraan

    masyarakat                   

7. Kecelakaan dan Bencana Alam

 


8. Ilmu dan penemuan                               

 


9. Pendidikan dan seni                  

 


10. Hiburan rakyat                        

 

 

 

 

 

 

5. Faktor proximity  (unsur kedekatan) manakah yang  mempengaruhi/melatarbelakangi Anda menanggapi isi pesan ?

 Sangat dekat     Kurang dekat    Tidak dekat  

Kedekatan       budaya            

 


Kedekatan psikoligis

 


Kedekatan politis

 


Kedekatan sosial

 

6.      Bila diurut, faktor proximity manakah yang  dominan mempengaruhi/melatar belakangi Anda dalam menanggapi isi pesan ?    (Tulis dengan    angka)

Kedekatan       budaya            

 


Kedekatan psikoligis

 

Kedekatan politis

 


Kedekatan sosial                                                         

 

 

 

 

 

 

 

 

KHUSUS

ANDA PERNAH TERLIBAT/BERPATISIPASI PADA SALAH SATU ATAU KESELURUHAN TOPIK-TOPIK DI BAWAH INI:

 

1.WEB SITE UNHAS / SITUS UNHAS

Persoalan Web site atau Situs Unhas adalah persoalan yang paling banyak mengandung sosioemosi ketegangan dan mengandung nilai proximity dari partisipan. Pro kontra masing-masing pihak didasarkan pada makna manifest dan latent content pada isi email masing-masing. Berikut nama-nama dua kelompok yang memiliki kecenderungan seargumen/sependapat dan saling bersimpati satu sama lain pada persoalan ini.

                                   

Ψ      A. Mappadjantcie Amien

Ψ      A.Amri Mur Arsyad

Ψ      M. Qadri

Ψ      M. Sapri Pammulu

Ψ      Gunzekpoltek

Ψ      Ganding Sitepu

Ψ      Syahrussalam

Ψ      Maqbul Halim

Ψ      St. Rohani

Ψ      Ridwan

Ψ      Gus Im

 
                                                  A                                           B

Ψ      Rhiza S. Sadjad

Ψ      Tahir Ali

Ψ      Mahmud Ghaznawie

Ψ      Didi Rukmana

Ψ      Karaengta

Ψ      Loeky Haryanto

Ψ      Kecoa Baru

Ψ      Naki Syaiful

Ψ       Hasbar

Ψ       Gunarto Latama

 
           

                       

 

 

                                                                                                                                                                                                           

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2. PENGANIAYAAN MABA FAK. TEKNIK (FENOMENA OPSPEK)

Pelaksanaan OPSPEK di Fakultas Teknik menimbulkan pro kontra setelah tindakan kekerasan yang berlebihan menyebabkan salah seorang mahasiswa baru mendapat perawatan di RS. Wahidin Sudirohusodo. Akibatnya berbagai reaksi melahirkan argumentasi yang dilontarkan berbagai pihak.

Berikut dua kelompok yang masing-masing memiliki opini dan penilaian yang berbeda.

(A)      Adalah kelompok yang mengecam dan menyesali terjadinya peristiwa yang disebutkan di atas.

(B)       Adalah kelompok yang memberi opini perlawanan kepada pihak yang memberi penilaian atau komentar negatif terhadap pelaksanaan OPSPEK.

           

                                                  A                                           B

Ψ      Muh. Yamin

Ψ      Tasrief Surungan

Ψ      Rhiza S. Sadjad

Ψ      Gunarto Latama

Ψ      Sabdurrazaq

Ψ      A. Amri Nur

Ψ      Tahir Ali

Ψ      Hamzari Palaguna

Ψ      Loeky Haryanto

Ψ      M. Jibril Tajibu

Ψ      Triyatni

Ψ      Ganding Sitepu

Ψ      Yaty Yasir

Ψ      Sudiding Sidding

Ψ      Syamsul

Ψ      Kahar Mustari

Ψ      S. BAJA

Ψ      Syahrussalam

Ψ      Aam

Ψ      Maqbul Halim

 

Ψ      Arham Bahar

Ψ      Rafiuddin Syam

Ψ      Tjaronge

 
           

                                                                       

 

 

                                                                                                                                                                                                           

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3. HALMAR HALIDE (UNSUBSCRIBE)

            Permintaan unsubscribe Halmar Halide oleh milis lain ditanggapi beragam versi. Tanggapan tersebut ditujukan kepada milis Tajuddin Parenta yang menyarankan milis H. Halide agar tulisan atau artikel-artikel yang sifatnya hanya diminati kalangan tertentu saja, sebaiknya dikirim melalui jalur pribadi (japri). Ada beberapa nama dalam dua kelompok yang  seargumen pada masalah ini yaitu:       

                                                  A                                           B

Ψ      Rinaldi Syahrir

Ψ      Rafiuddin Syam

Ψ      Kahar Mustari

 

Ψ      Tajuddin Parenta

Ψ      Rhiza S. Sadjad

Ψ      Tahir Ali

Ψ      Loeky Haryanto

Ψ      Armin Lawi

 
           

                       

 

 

                                                                                                                                                                                                           

 

 

1. Faktor proximity manakah yang  mempengaruhi/melatarbelakangi Anda menanggapi isi pesan ?

 

K. Budaya      K. Psikologis  K. Politis  K. Sosial

Topik I     SD

                  KD

 


                  TD

 

K. Budaya      K. Psikologis  K. Politis  K. Sosial

Topik II   SD

                  KD

 


                  TD

K. Budaya      K. Psikologis  K. Politis  K. Sosial

Topik III  SD

                  KD

                  TD                  

                 

 

Ket:

SD = Sangat dekat

KD = Kurang dekat

TD = Tidak dekat

 

2.      Faktor proximity manakah yang  mempengaruhi keberpihakan/kesamaan pendapat Anda pada argumentasi milis lain?

 

K. Budaya      K. Psikologis  K. Politis  K. Sosial

Topik I     SD

                  KD

 


                  TD

 

K. Budaya      K. Psikologis  K. Politis  K. Sosial

Topik II   SD

                  KD

 


                  TD

K. Budaya      K. Psikologis  K. Politis  K. Sosial

Topik III  SD

                  KD

                  TD

 

 

3. Mengapa      Anda    merasa perlu     berkomentar     pada     masalah/topik   ini? (Sesuai dengan  topik yang telah Anda komentari, apakah topik I, II, III, atau seluruh topik) 

Topik I

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

Topik II

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

Topik III

 

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

4. Apakah Anda mengenal secara langung atau hanya tahu anggota ml-uh yang turut beropini pada topik yang sama dengan Anda?

·        Umumnya mengenal langsung         

 


·        Umumnya hanya tahu tapi tidak mengenal   

·        Umumnya tidak mengenal              

 

5. Secara umum, menurut Anda, apakah faktor proximity mempengaruhi seorang

      anggota ml-uh dalam menanggapi isi pesan email?

                        Sangat mempengaruhi

 


                        Kurang mempengaruhi 

 


                        Tidak mempengaruhi                

 

                        Alasan: ……………………………………………………………………

                                    …………………………………………………………………….

                                    …………………………………………………………………….

                                    …………………………………………………………………….

                                    …………………………………………………………………….

                                    …………………………………………………………………….

                                    …………………………………………………………………….

                                    …………………………………………………………………….

                                    …………………………………………………………………….

                                    …………………………………………………………………….

 

                                   

6. Dalam hal apa ml –uh dapat membantu Anda?

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………

 

7.      Menurut Anda, apakah perlu ditetapkan etika ml-uh? Mengapa

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

………………………………………………………………………………………………

………………………………………………………………………………………………

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

12. Saran lain  menyangkut ml-uh masa mendatang

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..