KONSEP INTEGRASI PRAKTIKUM KE
MATAKULIAH
(usulan)
Pengantar
Salah satu perubahan
mendasar yang akan dilaksanakan oleh Jurusan Teknik Elektro FT-UNHAS pada
kurikulum 2005 yang akan datang adalah integrasi Praktikum I, II, III
dan IV ke dalam matakuliah. Ada beberapa hal yang mendasari dilaksanakannya
perubahan besar ini, antara lain, yaitu:
1.
Pelaksanaan Praktikum
yang selama ini dirasakan bermasalah (masalah asisten, masalah beban mahasiswa,
penjadwalan, penilaian, pengawasan, keterlibatan dosen, dll.).
2.
Kurangnya relevansi
antara matakuliah praktikum dan matakuliah di kelas.
3.
Antisipasi pemanfaatan
dan pemeliharaan peralatan baru dari proyek TPSDP dan renovasi gedung
laboratorium.
4.
Pemekaran jurusan
menjadi beberapa 4 (empat) Program Studi: Teknik Energi (TE), Teknik
Telekomunikasi (TT), Teknik Komputer, Kendali dan Elektronika (TK) dan Teknik
Informatika (TI).
5.
Konsep pembangunan
kurikulum pendidikan teknik nasional (Ref.: Curriculum Development,
Dr. Malcolm J. Jones (ed.), June 2000).
Tulisan ini dimaksudkan
untuk memberikan masukan kepada Pimpinan Jurusan Teknik Elektro FT-UNHAS untuk segera
memulai kegiatan-kegiatan berkesinambungan sampai awal tahun akademik 2004-2005
(September 2004), yaitu 6 (enam) bulan sejak usulan ini ditulis.
Implementasi dari usulan ini diharapkan sudah akan dimulai pada Semester
Awal 2004-2005 dengan masa transisi selama satu tahun akademik.
Integrasi
Yang dimaksudkan dengan
integrasi pada dasarnya adalah penghapusan matakuliah Praktikum I, II,
III dan IV dari kurikulum, sekaligus penyusunan matakuliah sehingga menjadi
daftar sebagai berikut (contoh):
Kode |
Judul |
SKS |
||
Kelas |
Lab. |
Total |
||
2XXTX2 |
Dasar Anu-Anu |
2 |
0 |
2 |
3XXTX2 |
Sistem Anu-Anu |
2 |
0 |
2 |
4XXTX3 |
Anu-Anu-Anu |
2 |
1 |
3 |
3XXTX2 |
Perancangan Sistem Anu |
0 |
2 |
2 |
2X9TX1 |
Praktikum Dasar Anu-Anu |
0 |
1 |
1 |
Catatan: Dalam buku Curriculum
Development kegiatan perkuliahan dibagi 3 (tiga), yaitu: Lecture, Laboratory
dan Tutorial (hal. 111). Kegiatan Tutorial di kurikulum kita
disebut Responsi, SKS-nya sudah termasuk dalam kegiatan di Kelas
(Responsi Kelas) dan/atau di Lab. (Responsi Lab.).
Dengan demikian, jika
mengacu kepada kurikulum 2000 yang sedang berjalan, pada dasarnya akan ada 2
(dua) macam integrasi, yaitu:
1.
Integrasi Total. Dalam hal
ini matakuliah diberi satu kode dan satu judul dengan kegiatan laboratorium sudah
termasuk di dalam SKS-nya. Matakuliah seperti ini tidak dapat disajikan
dalam semester pendek dan tidak bisa dijadikan matakuliah penutup strata.
Pengambilan ulang harus dilakukan secara menyeluruh, baik kegiatan kuliah di
kelas mau pun kegiatan di laboratorium. Contoh:
Kode |
Judul |
SKS |
||
Kelas |
Lab. |
Total |
||
201TK2 |
Pemrograman Komputer:
Bahasa
.. |
1 |
1 |
2 |
351TC3 |
Sistem Kendali |
2 |
1 |
3 |
473TC2 |
Robotika Industri |
1 |
1 |
2 |
301TN2 |
Perancangan Sistem
Elektronika |
0 |
2 |
2 |
2.
Integrasi Parsial. Dalam hal ini matakuliah praktikum terkait diberi
kode dan judul terpisah dari matakuliah induknya. Hanya matakuliah
induknya yang dapat disajikan di semester pendek atau dijadikan matakuliah
penutup strata. Materi praktikum dan nilai dari nilai praktikum merupakan
tanggungjawab sepenuhnya dosen penanggungjawab matakuliah induknya
masing-masing. Dalam penyusunan kurikulum masing-masing konsentrasi (nantinya
jadi Program Studi) 3 (tiga) semester Elektro Bersama tidak harus
berlaku untuk matakuliah Praktikum (kode XX9TX1).
Kode |
Judul |
SKS |
||
Kelas |
Lab. |
Total |
||
203TL2 |
Rangkaian Listrik I
.. |
2 |
0 |
2 |
252TL2 |
Rangkaian Listrik II |
2 |
0 |
2 |
254TC2 |
Pengukuran Listrik |
2 |
0 |
2 |
209TL1 |
Praktikum Rangkaian
Listrik dan Pengukuran |
0 |
1 |
1 |
101TK2 |
Dasar Sistem Komputer |
2 |
0 |
2 |
151TK2 |
Rangkaian Logika |
2 |
0 |
2 |
259TK |
Praktikum Dasar Sistem
Komputer dan Rangkaian Logika |
0 |
1 |
1 |
151TT2 |
Dasar Telekomunikasi |
2 |
0 |
2 |
209TT1 |
Praktikum Dasar
Telekomunikasi |
0 |
1 |
1 |
Perhitungan SKS
Dari buku Curriculum
Development (hal. Xii) diperoleh pemahaman mengenai arti SKS sebagai
berikut (disadur bebas):
o
Matakuliah terdiri dari
2 (dua) macam: Matakuliah Kelas (lectures) dan Mtakuliah Lab./Tutorial (laboratory/tutorial).
o
Untuk Program S1,
mahasiswa harus menyelesaikan minimum 144 SKS dengan rata-rata 22-24 jam per
minggu kontak langsung.
o
Pengertian 1 SKS untuk
Matakuliah Kelas adalah 1 jam tatap-muka sedangkan untuk Matakuliah
Lab./Tutorial adalah 2 jam di laboratorium.
o
Pengertian 1 SKS untuk
mahasiswa meliputi 1.5 jam belajar/kerja mandiri.
o
Matakuliah Kelas
berkisar antara 50 sampai 64 % dari seluruh matakuliah. (Khusus untuk Teknik
Elektro perinciannya dapat dilihat pada hal. 111).
Dengan pemahaman seperti di
atas, maka Kurikulum 2000 yang sementara berjalan sudah memenuhi total SKS
(minimum TE 147 SKS, TT 146 SKS dan TK 147 SKS). Dengan dihapusnya Praktikum I,
II, III dan IV maka ada surplus 8 SKS, ditambah dengan matakuliah 3 SKS yang
akan dijadikan 2 SKS dan matakuliah yang memang mempunyai atau seluruhnya merupakan
komponen laboratorium. Seluruhnya ini harus di-akomodasi dalam Matakuliah Lab.
pada kurikulum baru yang diusulkan. Terlampir adalah contoh kurikulum baru
untuk konsentrasi (nantinya Program Studi) TK (Teknik Komputer, Kendali dan
Elektronika) yang akan diusulkan.