MATERI TARBIYAH
SHIFAT SHOLAT RASULULLOOH MUHAMMAD S.A.W. (04)



Bismillah Walhamdulillah Was Salaatu Was Salaam 'ala Rasulillah
Number: isnet/708; Att: is-mod, is-lam, mus-lim

Nomor: tarbiyah/05jul95/834
Bismillaahirrahmaanirrahiim

Assalamu 'alaikum wr.wb..

SHOLAT DALAM KEADAAN DUDUK/BERBARING

Imran bin Husain r.a. berkata :
Aku mempunyai penyakit bawazir, kemudian aku bertanya kepada 
Rosulullooh s.a.w.. Beliau s.a.w. menjawab, Sholatlah engkau sambil 
berdiri, apabila tidak bisa, maka sambil duduklah,
dan apabila tidak bisa, maka sambil berbaringlah. 
(Bukhori, Abu Dawud dan Ahmad).

Dalam kesempatan berikutnya Imran bin Husain berkata :

Aku bertanya kepada Rasulullooh s.a.w. tentang sholat seorang 
laki-laki sambil duduk. 
Beliau bersabda, "Barangsiapa yang sholat sambil berdiri, 
maka hal itu adalah lebih utama. 
Barangsiapa yang sholat sambil duduk, 
maka ia mendapatkan setengah dari pahala orang yang 
sholat sambil berdiri. 
Dan barangsiapa yang sholat sambil tidur [berbaring; dlm riwayat lain], 
maka ia mendapatkan setengah dari pahala orang yang sholat sambil duduk. 
(Bukhori, Abu Dawud dan Ahmad).

Al-Khithobi mengatakan bahwa hadiest Imran di atas mengenai pahala 
orang yang sakit adalah setengah dari pahala orang yang berdiri, adalah 
sebagai dorongan baginya untuk melakukan sholat dengan berdiri, walaupun ia 
diperbolehkan untuk duduk.

Caranya sholat sambil berbaring atau duduk ialah sholat dengan 
isyarat, dan jadikanlah sujudmu lebih rendah dari ruku'mu.

KEADAAN YANG LAIN DARI DI ATAS YAITU 
BERDIRI SHOLAT SAMBIL BERSANDAR DI TIANG.

Rosulullooh s.a.w. di tanya tentang sholat di atas kapal. Beliau bersabda :

Sholatlah didalamnya (kapal) sambil berdiri, kecuali apabila kamu 
takut tenggelam. 
(Al-Bazzar, Daraqutni, Abdul Ghoni Al-Maqdisi; disahihkan oleh Al-Hakim 
dan disepakati oleh Adz-Dzahabi). 

Tatkala Rosulullooh s.a.w. telah lanjut usia, maka beliau membuat 
sebuah tiang di dalam mushollanya yang dijadikan sandaran olehnya (ketika 
sholat). (Abu Dawud dan Hakim, disahihkan oleh Adz-Dzahabi).

BERDIRI DAN DUDUK DI DALAM SHOLAT LAIL

Pernah Rosulullooh s.a.w. pada suatu malam yang panjang 
sholat sambil berdiri dan pada suatu malam yang panjang juga sholat sambil 
duduk. Dan apabila beliau s.a.w. membaca (qur'an) sambil berdiri, maka 
maka beliau ruku' sambil berdiri. 
Apabila beliau s.a.w. membaca (qur'an) 
sambil duduk maka beliaupun ruku' sambil duduk. (Muslim dan Abu Dawud).

Dalam keadaan yang lain, kadang beliau s.a.w. 
sholat sambil duduk dan membaca sambil duduk. Kemudian, 
apabila bacaannya itu masih tersisa sekitar tiga puluh atau empat puluh ayat, 
maka beliau berdiri dan meneruskan bacaannya sambil berdiri, 
lalu ruku'dan sujud (seperti biasa). Kemudian di dalam rak'at yang kedua, 
beliau berbuat yang sama. (Bukhori dan Muslim).

Rosulullooh s.a.w. hanya melakukan sholat sunnat sambil duduk pada
akhir hayatnya ketika usianya telah lanjut, yaitu satu tahun sebelum 
wafatnya. (Muslim dan Ahmad).

Pernah Rosulullooh s.a.w. sholat sambil duduk bersila. 
(An-Nasa'i & Ibnu Khuzaimah; disahihkan Al-Hakim dan disepakati 
oleh Adz-Dzahabi).

Kadangkala, Rosulullooh s.a.w. berdiri melakukan sholat tanpa 
memakai terompah* dan kadangkala melakukannya dengan memakai terompah. (Abu 
Dawud dan Ibnu Majah; 
Kata Ath-Thohawi ini hadist mutawatir (banyak yang meriwayatkannya)).
* tidak boleh ada khubuts (kotoran) padanya.

LARANGAN SHOLAT MENGHADAP KUBURAN

Janganlah kamu sholat dengan menghadap kubur dan janganlah 
kamu duduk di atasnya. (Muslim, Abu Dawud dan Ibnu Khuzaimah).

TAKBIR

Rosulullooh s.a.w. membuka sholat dengan kata-katanya :

ALLOOHU AKBAR (Allah Maha Besar). (Muslim dan Ibnu Majah).

Kepada orang yang sholatnya belum benar, beliau s.a.w. bersabda :
Sesungguhnya tidaklah sempurna sholat salah seorang di antara 
manusia, sehingga ia berwudhu' dengan menyempurnakan wudhu'nya, lalu berkata 
(memulai sholatnya), ALLOOHU AKBAR. (Thobrani).

Mif-taahu'sh-sholaati'th-thuhuuru watah-riimuuha't-takbiiru 
******** ************ 
watah-liiluha't-tas-liimu.
*********** ********* 

Kunci sholat adalah thoharoh (wudhu' atau tayamum bila terpaksa), 
pembukanya adalah takbir dan penutupnya adalah salam. (Abu Dawud, Turmudzi 
disahihkan Adz-Dzahabi).

***(lihat tanda bintang-bintang di atas: yang dimaksud dengan tahrim dan 
tahlil adalah Al-Muharram dan Al-Muhallal.
Yakni larangan terhadap apa yang dilarang oleh Allah untuk mengerjakan 
sesuatu pekerjaan; dan demikian pula dengan penghalalan, yakni menghalalkan 
apa yang dihalalkan oleh Allah untuk melakukan pekerjaan (tentunya dalam
hal ini sehubungan dengan sholat). 
Menurut Jumhur Ulama, hadiest ini menunjukkan bahwa pintu sholat itu 
tertutup sehingga tidak bisa dibuka oleh seorang hamba selain dengan SUCI 
(wudhu'/tayamum), maka iapun menunjukkan bahwa 
masuk ke dalam kesuciannya itu tidak lain adalah dengan TAKBIR dan 
keluar daripadanya (sholat) dengan SALAM. 

TAKBIR DENGAN SUARA KERAS

Beliau s.a.w. mengeraskan suaranya dengan takbir sehingga 
terdengar oleh orang-orang yang berada di belakangnya. 
(Ahmad dan Hakim dan disahihkan oleh Adz-Dzahabi).

Apabila Rasulullooh s.a.w. sakit, maka Abu Bakar mengeraskan 
suaranya untuk menyampaikan takbir Nabi s.a.w. kepada manusia. (Muslim dan 
Nasa'i).

Kemudian beliau s.a.w. bersabda: apabila Imam mngucapkan 
Alloohu Akbar, maka (makmum/di belakang Imam) ucapkanlah Alloohu Akbar. 
(Ahmad dan Baihaqi).

KEDUDUKAN TANGAN KETIKA TAKBIR

Insya Allah bersambung.

Billaahi taufiq wal hidayah
Wassalamu 'alaikum wr.wb..

chalid thalib

------------
tarbiyah@isnet.org



Rancangan KTPDI. Hak cipta © dicadangkan.