![]() |
MATERI
TARBIYAH
CATATAN PINGGIR UNTUK ZAKAT |
Indeks KTPDI | Kumpulan Materi Tarbiyah | Konsultasi Islam | Arsip
Konsultasi Islam
From : Noryamin Aini Subject : Catatan Pinggir Untuk Zakat Istilah zakat profesi muncul di era modern. Kami pernah menelusuri istilah tersebut dalam kitab fiqh, tapi memang tidak ditemukan. Ia produk masyarakat maju. Sebetulnya lembaga zakat profesi sebagai akibat dari differensiasi pekerjaan; pergeseran dari pekerjaan tradisional [premodern, bertani-beternak] ke pola sektor kerja masyarakat teknologi-informasi. Dalam perspektif inilah kemudian lembaga zakat profesi harus difahami. Sebetulnya isu zakat profesi muncul di pertengahan tahun 1980an. Tokohnya terutama pak Amien Rais, Jalaluddin Rahmat, dan para pemikiran kontemporer lain yang sangat kritis terhadap kontekstualisasi hukum Islam. Munculnya masalah zakat profesi sebagai response terhadap ketimpangan distribusi penghasilan dalam perspektif fiqh "klassik". Coba bayangkan, seorang petani padi yang sawahnya menghasilkan ± 100 blik [ukuran orang Banjarmasin, satu blik mungkin sekarang seharga kurang dari Rp. 10.000] setiap kali panen, wajib mengeluarkan zakatnya sebanyak 5 % dari 100 blik atau jika dikonversi seharga 100 x Rp. 10.000 = Rp. 1.000.000. Sekarang bandingkan dengan gaji karyawan BUMN atau perusahan swasta bona fide lainnya yang dapat mencapai Rp. 5.000.000, bahkan lebih. Jika masalah gaji ini ditanyakan kepada ustadz yang kuat dengan tradisi kitab kuning, mereka cenderung untuk tidak mewajibkan zakat gaji, alasannya sederhana, yaitu masalah tersebut tidak ada dalam kitab kuning. To be honest, pembaca ISNET dan kami juga melihat adanya ketimpangan jika petani wajib bayar zakat sementara, konsultan atau profesional yang bergerak di sektor jasa tidak diwajibkan. Akibatnya, ada yang mengklaim bahwa fiqh kita lebih mencerminkan logika ekonomi kapitalis yang dibenci aliran "marxist", juga Islam. Bagaimana menentukan nisab dan kadar zakat profesi? Memang masih terjadi khilafiyah tentang masalah ini. Namun demikian, ulama kontemporer sepakat bahwa penghasilan dari pekerjaan profesional wajib dizakati. Pekerjaan apa saja, bahkan Ustadz jalaluddin Rahmat mewajibkan zakat dari harta yang diperoleh dengan cara apapun, termasuk cara yang tidak halal. Ada beberapa panduan untuk menjawab masalah di atas. Pertama, coba kita perhatikan persentase zakat yang umumnya ditetapkan dalam kitab fiqh, yaitu 21 % untuk perdagangan dan emas, 5 % untuk pertanian sawah/kebun irigasi, 10% untuk sawah/ kebun, dan 20 % untuk barang temuan [rikaz]. Adalah menarik jika angka di atas kita cermati. Semuanya merupakan kelipatan dua dari angka sebelumnya; 21 x 2 = 5 x 2 = 10 x 2 = 20. Kami kira pola urutan tersebut bukan atas kebetulan, tetapi ada pesan khusus. Atau keistimewaan ini tentunya secara simbolik mempunyai nilai tersendiri. Kami melihat perubahan angka-angka tersebut berkaitan dengan pergeseran tingkat kesulitan yang dilalui untuk menghasilkan harta yang dizakati tersebut. Secara historis, di zaman awal Islam, berdagang bukan pekerjaan yang menjadi tumpuan untuk mendapat kekayaan dengan mudah, karena saat itu berdagang penuh dengan resiko, dirampok dalam perjalanan. Lain hal dengan bertani. Pada zaman nabi, [ingat tradisinya masih cukup feodalistik], orang hebat adalah mereka yang mempunyai tanah yang subur; sangat menghasilkan tanpa banyak resikio. Pak Masdar F.Mas'ud mengatakan saking bernilainya tanah subur pada zaman Nabi, wanita pun dikatakan seperti kebun [hartsun] sebagai analog untuk memahami ketinggian nilai wanita dalam Islam [lain maknanya di era sekarang; petani identik dengan kemiskinan]. Dengan kemudahan cara menghasilkan panen tersebut kemudian, zakat pertanian menjadi digandakan menjadi 5 atau 10 %. Lalu bagaimana dengan 20 % untuk rikaz [barang temuan]. Semua orang tahu bahwa yang namanya rikaz ditemukan secara kebetulan. Karena kebetulan, tentunya tidak ada prosedur atau kiat khusus [yang terencana] untuk mendapatkannya. Oleh sebab itu, rikaz dapat dikatakan rizki "nomplok". Karena saking mudahnya mendapatkan rikaz, lalu zakatnya menjadi 20 %. Walhasil, kami ingin mengatakan bahwa persentasi zakat profesi sangat berkaitan erat dengan proses mendapatkan gaji tersebut. Kami berpendapat, kalau boleh, tetapi mengacu pada logika istinbath hukum di atas, minimal 5 % persentase untuk zakat profesi dan leih banyak tentunya lebih baik, kalau tidak dikatakan wajib. Berapa nisabnya? Masalah ini harus dilacak dari proses pentasyri'an [kelahiran hukum] zakat. Mungkin pernah kami singgung secara umum di kesempatan lain, bahwa zakat pada awalnya diwajibkan kepada seluruh umat Islam pada periode Mekkah tanpa memilah sikaya dan simiskin. Kok begitu? Kalau kita memahaminya secara kontekstual, pesoalan tersebut mungkin sedikit akan lebih mudah [terlepas dari pemahaman orang lain]. Seperti yang dikenal luas, di Mekkah, jumlah orang Islam relatif sedikt, dan Nabi berserta orang Islam lainnya menghadapi tantangan yang sangat berat; dari terror dan agresi orang arab quraisy yang tidak dapat menerima kehadiran Islam. Dalam keadaan seperti ini, umat Islam membutuhkan dukungan dari seluruh umatnya baik secara moral dan terutama finansial untuk meletakkan flat-form dasar masyarakat yang kemudian terbentuk dan berkembangan di Medina. Dalam keadaan seperti ini kemudian menjadi logis bila semua orang Islam diwajibkan membayar zakat [dalam artian] sebatas kemampuannya [seperti yang akan kita temukan pada ayat-ayat makkiah yang mewajibkan infak] untuk membantu perjuangan Islam. Ketika Nabi hijrah ke Medina, banyak perubahan yang terjadi, termasuk perubahan struktur sosial dan perubahan status keumuman kewajiban zakat. Mengacu pada ayat kewajiban zakat yang diturunkan di Medina, zakat hanya diwajibkan kepada mereka yang mampu. Logika sosial-ekonominya begini. Ketika hijrah, Nabi menemukan Medina sebagai kota yang sudah "mapan", dalam artian sistem sosialnya sudah terpola; ada orang kaya dan ada yang miskin. Sementara muhajirin yang berasal dari kalangan kaya atau mereka yang dengan semangat kapitalis dengan mudah berkembang terutama ditopang dengan sistem sosial dan ekonomi yang sudah stabil. Akibatnya dengan sekejab, kemudian terjadi differensiasi sosial; ada rentang atau stratifikasi sosial; lahir varian kaya-miskin. Maka dalam konteks seperti ini, tidak logis jika simiskin juga masih harus berzakat [maal], justru kehidupan mereka sangat memprihatinkan. Akibatnya mereka lebih pantas untuk dibantu. Oleh sebab itu, keumuman kewajiban berzakat ditakhsish, dikhususkan, untuk mereka yang kaya saja. Lalu apa makna nisab untuk memahami standard jumlah harta yang wajib dizakati, termasuk dalam kasus zakat profesi? Kami mencoba melihatnya dari sisi lain [mungkin ini tidak lazim]. Kalau kita telusuri lebih jauh, akan nampak bahwa batasan [nisab] hasil pertanian senilai dengan jumlah kebutuhan dasar [basic needs] pada saat itu, dan 96 gram emas [dalam hadith lain malah kalau tidak salah hanya 36 gram] jika dikonversi ke nilai tukarnya cukup untuk memenuhi kebutuhan dasar dalam setahun. Dari sisi ini, sebetulnya, nisab harta yang wajib dizakati berbanding sejajar dengan batas kemiskinan. Artinya, zakat identik dengan harta orang yang tidak miskin. Walhasil, dengan kelebihan kekayaan tersebut adalah logis dan bermoral jika diwajibkan zakat kepada mereka. Apakah boleh mengeuarkan zakat emas dengan nilai harganya? Dalam fiqh permasalahan ini dihahas dalam pertanyaan "apakah zakat harus dikeluarkan dari benda yang sejenis, atau boleh diganti dengan jumlah uang yang seharga dengannya. Terlepas dari khilafiah, kebanyakan ulama menerika jika zakat benda termasuk emas, boleh dikeluarkan berdasarkan nilai harganya. Artinya untuk zakat emas, kita tidak perlu mempreteli [memotong] emas yang kita miliki untuk dizakati. Jika kita punya uang seharga dengan nilai [rupiah] zakat emas yang akan dikeluarkan, kita boleh membayarkan zakatnya dengan uang. Jika di antara emas yang dimilik [atau harta lainnya] kadarnya cukup bervariasi dari 18 karat sampai emas murni, maka sebaiknya dikeluarkan zakat dengan nilai emas yang terbaik, karena Allah "mengancam" orang yang hanya mau mengeluarkan zakat dari bagian harta mereka yang terjelek [saking jeleknya menurut bahasa al-Qur'an, orang yang bersangkutan tidak akan mau menerimanya kecuali jika dia merem, atau memicingkan matanya]. Sekian terima kasih. Wassalamu'alaikum Wr.Wb. Noryamin Aini
Indeks KTPDI | Kumpulan Materi Tarbiyah | Konsultasi Islam | Arsip Konsultasi Islam
Rancangan KTPDI Hak cipta © dicadangkan.