MATERI TARBIYAH
KEMATIAN

Indeks KTPDI | Kumpulan Materi Tarbiyah | Konsultasi Islam | Arsip Konsultasi Islam


K E M A T I A N


Salah satu fakta terbesar dalam kehidupan manusia
adalah bahwa setiap makhluk akan mengalami
"perpindahan" hidupan dari alam "ke(kini)an" ke alam
"ke (nanti)an" (Akhirat). Semua manusia, bahkan semua
makhluk meyakini hakikat ini. 

Keyakinan yang tidak mungkin dicampuri syak ini
menjadikan semua pihak sadar akan pertemuannya dengan
kenyataan tersebut. Sehingga sangat wajar, jika Al
Qur'an secara lugas pun menamakannya sebagai "Al
Yaqiin". Allah berfirman: "Wa'bud Rabbaka hatta
ya'tiyakal yaqiin" (Dan sembahlah Tuhanmu sehingga
datang kepadamu keyakinan). 

Oleh jumhurul (mayoritas) mufassirin (ahli tafsir),
kata "Al Yaqiin" di atas diartikan dengan "al Maut"
(kematian). 

Berbagai ayat dalam Al Qur'an menguatkan hal ini.
Misalnya saja: "Kullu nafsin dzaaiqatul maut" (Setiap
jiwa pasti merasakan kematian). Oleh para ulama kita
disebutkan bahwa penyebutan "dzaaiqah" (merasakan)
pada ayat di atas merupakan indikasi kuat betapa
kematian itu pasti terasa begitu pedih. Yang mampu
memperingan kemudian adalah Iman dan Amal si mayyit.

Pada ayat yang lain, Allah menjelaskan bahwa: "idzaa
jaa ajaluhum laa yasta'khiruuna saa'atan wa laa
yataqdimuun" (Jika ajal datang menemui mereka, maka
sesaat pun mereka tidak mungkin percepatkan dan tidak
pula mereka mampu percepat). Artinya, bahwa semua
makhluk itu telah dikonfirmasikan masa dan tempat di
mana dia akan menemui ajal. Yang jadi masalah memang,
karena kematian adalah bagian dari keghaiban, sehingga
masa dan tempat serta sebab kematian masing-masing
makhluk masih menjadi rahasia Ilahi. Sebagaimana
firmanNya: "Walaa tadrii nafsun fii ayyi ardhin
tamuut" (Dan tak seorang jiwapun yang tahu, di belahan
bumi mana dia akan menemi maut).

Tersebutlah semua kisah Israiiliyaat, bahwa suatu
ketika nabi Sulaeman (yang juga seorang raja besar)
sedang bersama dengan perdana menterinya. Pada
saat-saat intens berdiskusi dengannya, tiba-tiba
datanglah seseorang dengan wajah menakutkan (seram)
dan berpakaian serba putih. Ketika orang tersebut
masuk, segera ia menatap dengan mata tajam ke arah
perdana menteri Sulaeman tersebut, lalu segera berlalu
dan menghilang.

Segera setelah menghilang, sang perdana menteri lalu
bertanya kepada Sulaeman: "Siapa gerangan orang
tersebut?" Sulaeman menjawaba: "Beliau adalah Malakul
maut". 

Mendengar jawaban itu, sang perdana menteri bergegas
meminta izin ke nabi Sulaeman untuk berangkat ke
tempat yang sangat jauh. Yaitu suatu gua yang belum
diketahui oleh siapapun di negeri India. Maksudnya
adalah untuk bersembunyi dari malakul maut, yang
menurutnya telah memandangnya dengan pandangan tajam,
karena ingin mencabut nyawanya. 

Singkat cerita, iapun diizinkan oleh Sualeman. Maka
berangkatlah ia ke Gua yang jauh tersebut, guna
bersembunyi dari malakul maut. Sesampai di depan gua
yang dimaksud, rupanya orang tersebut telah berdiri di
depan pintu gua itu, dan segera menarik sang perdana
menteri dan mencabut jiwanya.

Setelah tugasnya selesai, barulah sang malakul maut
kembali menemui nabi Sulaeman. Nabi Sulaeman lalu
bertanya: "Kepana engkau memandang perdana menteriku
dengan pandangan yang tajam dan menakutkan?" Sang
malakul maut menjawab: "Karena pada saat saya datang
tadi, saya menerima telah perintah dari Allah untuk
mencabut nyawanya di sebuah gua di India, padahal dia
masih berada di sisimu. Itulah sebabnya, saya marah
dan memandangnya dengan pandangan murka. Dan segera
setelah itu, saya menuju ke gua itu dan pada detik di
mana Allah menentukan untuk saya melakukan tugas, dia
tiba di gua yang dimaksud".

Mendengar itu, nabi Sulaemanpun sadar dan segera mengucapkan: 
"Innalillahi wainna ilaehi raaji'uun" 

Cerita di atas agak susah untuk ditentukan tingkat
kesahehannya, jika ditinjau dari segi "ruwaah"
(periwayat). Namun dari segi "matan" (isi)
sesungguhnya menguatkan berbagai ayat yang telah
disebutkan terdahulu. Betapa ajal, jika telah tiba tak
satupun yang bisa mempercepat ataupun sebaliknya
mengundurkan. 

Dalam berbagai syair jahili pun ditemukan betapa
orang-orang arab terdahulu meyakini hal yang sama.
Potongan syair berikut memang tidak sempurna, namun
cukup menggambarkan betapa keyakinan itu ada:

KAM MIN SHIGHAARIN YURTAJAA TUULA 'UMRIHIM
WA QAD UDKHILAT AJSAAMUHUM DZULMATAL QABARI

WA KAM MIN 'ARUUSIN ZUYYINAT LZAWJIHA
WA QAD QUBIDHAT ARWAHUHAA LAELATAL QADARI

Artinya: "Betapa banyak anak-anak kecil diharapkan
berumur panjang, tiba-tiba saja jasadnya telah ditanam
dalam kegelapan kubur. Betapa banyak penganting yang
dihiasi untuk pasangannya, tiba-tiba saja ruhnya telah
diambil pada malam yang dinanti-nanti".

Itulah kematian, tiada yang tahu, tiada pula yang dapat
memastikan. Namun datangnya adalah diyakini serta 
dipastikan. Sehingga wajar, jika Iblis pun menyatakan
"Rabbi anzhirni illa yawmi yub'atsuun" (Ya ALlah panjangkan 
umur saya, hingga hari di mana mereka dibangkitakan). Iblis 
yakin akan mati. Sehingga ia dengan segala kesadaran meminta 
panjang umur. Kalaulah sebangsa Iblis sadar akan kematian, 
apa lagi yang namanya manusia. 

Di beberapa tempat, kita dengar, seseorang yang masih 
dalam keadaansegar bugar, berkuasa, kaya raya, serta 
dikawal olehprajurit-prajurit tangguh, namun dengan penuh 
kesadaran mempersiapkan kuburannya yang mewah. Ini
semua, tak lain adalah indikasi betapa kematian sudah
menjadi "mujma' 'alaih" (semua pihak sepakat) akan
datangnya. 

Hanya saja, yang menjadi permasalahan besar, keyakinan
ini ternyata disikapi secara bodoh oleh kebanyakan
manusia. Sehingga semua orang yakin akan mati, tapi
betapa sedikit yang mempersiapkan akan kematian itu.
Inilah sebabnya, suatu ketika Rasulullah SAW ditanya
tentang siapa yang paling berakal? Beliau menjawab:
"Al Qayyis man daana nafsahu wa 'amila limma ba'dan
maut" (Orang yang berakal itu adalah yang selalu
mengadakan muhsabah pada dirinya, serta berbuat untuk
kehidupan sesudah kematiannya). 

Apakah kita sufah berakal? Atau masihkah kita termasuk
orang-orang yang berpura-pura pintar, namun
sesungguhnya tergolong orang-orang yang goblok?
Silahkan disimak lewat sikap kita dalam menghadapi
kenyataan terbesar dala kehidupan manusia ini. Wallahu
A'lam!

M. Syamsi Ali
New York



Indeks KTPDI | Kumpulan Materi Tarbiyah | Konsultasi Islam | Arsip Konsultasi Islam

Rancangan KTPDI Hak cipta © dicadangkan.