LP2M UNHAS

  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size
Welcome to the frontpage

MONEV PENELITIAN BOPTN TAHUN 2014

E-mail Print PDF

Monitoring dan Evaluasi (MONEV) Akhir hasil Penelitian yang menggunakan dana Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri Tahun Anggaran 2014 tengah Berlangsung sejak hari Senin Tanggal 20 s/d 24 Oktober 2014 yang pelaksanaannya dibagi kedalam 4 (empat) rumpun ilmu Ekososbudkum 96 peneliti, Agrokompleks 64 peneliti, Teknosains 70 peneliti, dan Kesehatan sebanyak 45 Peneliti.

Last Updated on Friday, 24 October 2014 06:32 Read more...
 

PENELITI ASING

E-mail Print PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas Hasanuddin kedatangan tamu peneliti asing yang berasal dari berbagai negara, dan diterima oleh Kepala LP2M UNHAS Prof. Dr. Ir. Sudirman, M.Pi sesuai dengan surat Kementerian Riset dan Teknologi (RISTEK) Sekretariat Perizinan Peneliti Asing No. 5225, 3231 dan 3278/FRP/SM/X/2014 Tanggal 6 & 13 Oktober 2014 yang ditujukan kepada Kepala Puslitbang Laut, Pesisir dan Pulau-pulau Kecil LP2M UNHAS tentang persetujuan penelitian (Letter of research Permit).

Para Peneliti Asing tersebut akan mengadakan penelitian dengan judul “Evaluation of the carbon sequestration potencial of tropical segarass meadows, and in situ carbon dioxide enrichment experiment”  yang bertujuan untuk mengevaluasi potensi karbon yang terperangkap dalam padang lamu/ rumput laut. Adapun nama para peneliti asing tersebut adalah Mr. Leonardo Calderon Obaldia Warga Negara Kosta Rika, Ms. Ruth Lewo Mwarabu dari Kenya, Ms. Simona Laukaityte dari Lithuania.

Last Updated on Tuesday, 21 October 2014 05:13 Read more...
 

STUDI BANDING ASMI AIRLANGGA BALIKPAPAN

E-mail Print PDF

Senin, 20 Oktober 2014 Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas Hasanuddin di kunjungi oleh Tim dari ASMI Airlangga Balikpapan dalam rangka Studi Banding Tim ini diterima oleh Bapak Ketua LP2M UNHAS, Prof. Dr. Ir. Sudirman, M.Pi, Sekretaris Prof. Dr. Armin , M.Si, Kepala Tata Usaha dan para Kasubag pada Jam 13.00 Wita.

Last Updated on Tuesday, 21 October 2014 04:40 Read more...
 

FGD PENELITIAN RAPID

E-mail Print PDF

Untuk  mendukung  upaya pemerintah  meningkatkan  produksi  jagung di Provinsi Sulawesi Selatan,  ditetapkan sasaran pada program produksi jagung 1,6 juta ton per tahun; pencapaian sasaran tersebut di tentukan oleh tingkat penerapan teknologi yang di lapangan antara lain penggunaan benih unggul ber- mutu. Sehubungan hal tersebut dilaksanakan penelitian dalam skim : Riset Andalan Perguruan Tinggi dan Industri (RAPID) 2014 dengan judul: Pengembangan dan Penyebaran Benih Jagung Berendofit Beauveria bassiana Untuk Mengendalikan Penggerek Batang (Ostrinia furna- calis), oleh tim peneliti : Prof. Dr. Ir. Itji Diana Daud, MS., Prof. Dr. Ir. Elkawakib Syam’un.,MS, Dr.Ir. Syat- riyanti A.Syaiful, MS, dan Darwis Ali ; di bawah kordinasi Lembaga Penelitian dan  Pengabdian   kepada Masyarakat (LP2M)    Universitas Hasanuddin Makassar. Penelitian ini telah memasuki tahap ke II di- mana  akan  dilakukan  penanaman F1 benih jagung berendofit pada tingkat petani. Untuk maksud tersebut di atas, dilakukan dikusi kelompok (Focus Group Discussion, FGD)  kepada  stakeholder di Kecamatan Bengo Kabupaten Bone pada tgl. 9 oktober 2014 bertempat di Kantor Camat Bengo, jalan poros Bone Makassar, yaitu untuk sosialisasi program dan kegiatan lapangan, sekaligus membagikan benih jagung F1 yang berendofit secara gratis kepada beberapa Kepala  Desa  se  Kecamatan  Bengo yang dilakukan secara terpisah oleh Kepala UPTD Balai Proteksi Tanaman Pangan dan Hortikultura   Wilayah BOSOWA Prop. Sulawesi Selatan, Hasan Basri, agar lebih melembaga, untuk ditanam di desanya..Turut hadir dalam acara FGD tersebut adalah Camat Bengo, Andi Rahmatullah, Kapolsek Bengo, Komandan Ramil (Kodim 1407) Bengo,  dan  Kepala  UPTD  Balai Proteksi  Tanaman Pangan  dan  Hortikultura Prop. Sulawesi Selatan, Wilayah Kab. Bone, Soppeng, dan Wajo.

Read more...
 
  • «
  •  Start 
  •  Prev 
  •  1 
  •  2 
  •  3 
  •  4 
  •  5 
  •  6 
  •  7 
  •  8 
  •  9 
  •  10 
  •  Next 
  •  End 
  • »


Page 1 of 35

WHO'S ONLINE

We have 4 guests online

STATISTICS

Members : 274
Content : 229
Web Links : 6
Content View Hits : 272146

KALENDER

November 2014
SMTWTFS
1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30
December 2014
SMTWTFS
123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031

ADVERTISEMENT

Featured Links:
DIKTI
Kementerian Pendidikan & Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.
DP2M-DIKTI
Kementerian Pendidikan Nasional Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat.
LIPI
Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia.
RISET DAN TEKNOLOGI
Kementerian Riset dan Teknologi Republik Indonesia
PUSBINDIKLATREN BAPPENAS
Pusat Pembinaan, Pendidikan dan Pelatihan Perencana Badan Perencanaan Pembangunan Nasional.
LAPAN
Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional
SIM-LITABMAS
Sistem Informasi Manajemen Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

JADWAL MONEV AKHIR ABDIMAS BOPTN

Banner

KLINIK DRAFTING PATEN

Banner

ANNOUNCEMENT

Featured Link :
PEMENANG HIBAH BOPTN TAHUN 2014
Daftar Pemenang Hibah Penelitian & Pengabdian Masyarakat Sumber Dana BOPTN tahun 2014
PENELITIAN BOPTN TAHUN 2013
Penelitian BOPTN Tahun 2013
ABDIMAS BOPTN TAHUN 2013
Pengabdian Masyarakat Dana BOPTN TAHUN 2013
PENELITIAN DESENTRALISASI 2014
Daftar Pemenang Hibah Penelitian Desentralisasi (Unggulan Perguruan Tinggi) Tahun 2014
DAFTAR KEGIATAN 2010 - 2011 -2012
Daftar Kegiatan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat LP2M UNHAS
MONEV EKSTERNAL
Hasil Monev Eksternal Penelitian Tahun 2012
MONEV INTERNAL
Hasil Monev Internal Prodi Penelitian Tahun 2012
PATEN HKI
Daftar Produk Dosen UNHAS
MATERI RAPAT KOORDINASI
Materi Rapat Koordinasi LP2M-UNHAS
MATERI SOSIALISASI
Materi Sosialisasi tentang Pedoman Riset Universitas Hasanuddin Tahun 2014
MATERI ATURAN KEUANGAN KEGIATAN PENELITIAN
Out Put Penelitian dan Pertanggung Jawaban Keuangan
DAFTAR STANDAR BIAYA UMUM (SBU)
Daftar Standar Biaya Umum (SBU) Wilayah Provinsi Sulawesi Selatan tahun 2013
MATERI ATURAN KEUANGAN KEGIATAN ABDIMAS
Out Put Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat dan Pertanggung Jawaban Keuangan

RESEARCH AND DEVELOPMENT

Featured Link :
ENERGI DAN KETENAGALISTRIKAN
Ketenagalistrikan, Energi Terbarukan (Renewable energy), Energi Keairan,Energi Fosil,Informasi dan Telekomunikasi, Solar Energy dan Tata bangunan
SUMBER DAYA ALAM
Pengembangan Sumberdaya Lahan, Teknologi Sumberdaya Air dan Mitigasi Bencana, Pengembangan Teknologi dan Inovasi berbasis Kakao, Informasi Sumberdaya Alam, Teknologi Terapan dan Industri Pengembangan SDA, Ekonomi Sumberdaya Alam, Pengembangan Teknologi dan Inovasi Pertanian Terpadu.
BIOTEKNOLOGI
Bioteknologi Tanaman, Biofarmaka, Bioteknologi Hewan, Bioteknologi Kelautan dan Perikanan, Bioteknologi Mikroba, Bioteknologi Pangan.
LINGKUNGAN HIDUP
Kursus,Studi dan Kajian AMDAL, AMDAL Penilai (A, B dan C).
KEBIJAKAN DAN MANAJEMEN
Puslitbang yang fokus pada kegiatan Studi dan Kajian, Pendidikan dan Pelatihan, Advokasi dan Konsultansi yang dibentuk pada awal Tahun 1990-an untuk mengantisipasi Laju Pembangunan Nasional yang cepat dan memerlukan Kebijaksanaan dan Manajemen yang baik pada skala Regional maupun Nasional
KEPENDUDUKAN DAN GENDER
Studi dan Kajian Kependudukan dan Gender.
LAUT, PESISIR DAN PULAU-PULAU KECIL
Ekologi terumbu karang dan ekosistem asosiasinya, Ekologi Padang Lamun (seagrass meadows), Pulau-Pulau Kecil (small islands), Pengelolaan, Konservasi, dan Rehabilitasi Ekosistem Pesisir dan Laut, Kualitas Ekosistem, Perairan, dan Dampak Perubahan Iklim.
PUSAT DESIMINASI, PUBLIKASI DAN INFORMASI HaKI
Teknologi Paten; Merek dan Rahasia Dagang; Hak Cipta dan Desain Industri; Penelitian Potensi HKI Dosen; Konsultasi , Sosialisasi, dan Pelatihan HKI; Pendaftaran / Perlindungan HKI; Perlindungan Varietas Tanaman Indikasi Geografis.
WILAYAH, TATA RUANG DAN INFORMASI SPASIAL
Pengembangan ilmu dan teknologi kewilayahan dan spasial, Penyusunan rencana tata ruang wilayah/kawasan, Survei dan pemetaan wilayah/kawasan (potensi sumberdaya alam dan resiko kebencanaan), Survei dan pemetaan tanah dan analisis kesesuaian lahan, Pembuatan masterplan berbasis ruang dan sektor, Pengolahan data spasial termasuk citra satelit, Pembuatan basis data dan Pengembangan sistem informasi wilayah dan sektor berbasis web, Evaluasi kinerja pembangunan wilayah, Pelatihan GIS pada berbagai tingkatan (teknis, taktis, dan strategis), Pelatihan penyusunan, pengendalian, monitoring, dan evaluasi rencana tata ruang, Advokasi pendayagunaan teknologi spasial.