LP2M UNHAS

  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size
Welcome to the frontpage

FGD PENELITIAN RAPID

E-mail Print PDF

Untuk  mendukung  upaya pemerintah  meningkatkan  produksi  jagung di Provinsi Sulawesi Selatan,  ditetapkan sasaran pada program produksi jagung 1,6 juta ton per tahun; pencapaian sasaran tersebut di tentukan oleh tingkat penerapan teknologi yang di lapangan antara lain penggunaan benih unggul ber- mutu. Sehubungan hal tersebut dilaksanakan penelitian dalam skim : Riset Andalan Perguruan Tinggi dan Industri (RAPID) 2014 dengan judul: Pengembangan dan Penyebaran Benih Jagung Berendofit Beauveria bassiana Untuk Mengendalikan Penggerek Batang (Ostrinia furna- calis), oleh tim peneliti : Prof. Dr. Ir. Itji Diana Daud, MS., Prof. Dr. Ir. Elkawakib Syam’un.,MS, Dr.Ir. Syat- riyanti A.Syaiful, MS, dan Darwis Ali ; di bawah kordinasi Lembaga Penelitian dan  Pengabdian   kepada Masyarakat (LP2M)    Universitas Hasanuddin Makassar. Penelitian ini telah memasuki tahap ke II di- mana  akan  dilakukan  penanaman F1 benih jagung berendofit pada tingkat petani. Untuk maksud tersebut di atas, dilakukan dikusi kelompok (Focus Group Discussion, FGD)  kepada  stakeholder di Kecamatan Bengo Kabupaten Bone pada tgl. 9 oktober 2014 bertempat di Kantor Camat Bengo, jalan poros Bone Makassar, yaitu untuk sosialisasi program dan kegiatan lapangan, sekaligus membagikan benih jagung F1 yang berendofit secara gratis kepada beberapa Kepala  Desa  se  Kecamatan  Bengo yang dilakukan secara terpisah oleh Kepala UPTD Balai Proteksi Tanaman Pangan dan Hortikultura   Wilayah BOSOWA Prop. Sulawesi Selatan, Hasan Basri, agar lebih melembaga, untuk ditanam di desanya..Turut hadir dalam acara FGD tersebut adalah Camat Bengo, Andi Rahmatullah, Kapolsek Bengo, Komandan Ramil (Kodim 1407) Bengo,  dan  Kepala  UPTD  Balai Proteksi  Tanaman Pangan  dan  Hortikultura Prop. Sulawesi Selatan, Wilayah Kab. Bone, Soppeng, dan Wajo.

Read more...
 

UNDANGAN SEMINAR HASIL PENELITIAN

E-mail Print PDF

Yth.  Ketua Tim Peneliti Kompetisi Internal BOPTN - 2014
Universitas Hasanuddin
di-
Makassar

Dengan hormat, berdasarkan Surat Kontrak nomor 16187/UN4.42/ PL.09/2014 tanggal 24 April 2014, perihal Surat Perjanjian Pelaksanaan Pekerjaan, yang akan berakhir pada tanggal 07 November 2014, disampaikan kepada Saudara untuk  menyetorkan Draft Laporan Awal dan Abstrak, pada  Bagian Program LP2M UNHAS, paling lambat Hari Senin Tanggal  20 Oktober 2014, jam 08.00 pagi.

Setelah selesai perbaikan pada Seminar Akhir, Saudara diharuskan menyetor kelengkapan berkas, sbb; Laporan Akhir / Laporan Lengkap yang Sudah Diseminarkan    ;    3  exp.

  • Abstrak (Inggris – Indonesia ; 3  exp.
  • Laporan Keuangan (bukti pajak terlampir ; 2  exp.
  • Log Book; 2  exp.
  • Draft Artikel  ; 2  exp.
  • Softcopy Laporan, Artikel, dan Abstrak

Perlu kami sampaikan pula bahwa kegiatan Monitoring dan Evaluasi Akhir Kompetisi Internal dijadwalkan pada tanggal 20 – 24 Oktober 2014.

Demikian penyampaian kami untuk ditindaklanjuti, atas perhatian dan kerjasama Saudara disampaikan terima kasih.

Ketua,

Last Updated on Sunday, 12 October 2014 05:24
 

RAPAT KOORDINASI LP2M

E-mail Print PDF

Berdasarkan Undangan Nomor : 3856/UN4.20/TU.15/2014 tanggal 6 Oktober 2014 yang ditandatangani oleh Ketua LP2M UNHAS Prof. Dr. Ir. Sudirman, M.Pi Selasa, 07 Oktober 2014 bertempat di Puslitbang Lingkungan Hidup (PLH) yang di Ketuai Oleh Prof. Dr. Ir. Laode Asrul diadakan rapat koordinasi yang membicarakan mengenai :

  1. Evaluasi Kinerja Puslitbang LP2M
  2. Revisi Profil LP2M Tahun 2014
  3. Hal-hal lain yang dianggap perlu

Dirangkaikan dengan syukuran karena Puslitbang Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup juga memperoleh 2 Sertifikat Akreditasi A sekaligus dari Kementerian Lingkungan Hidup yaitu sebagai penyusun proyek Amdal dan Penyelenggara Kursus (Diklat) Amdal acara ini dihadiri pula oleh Rektor UNHAS  Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA., Dekan Pertanian Prof. Dr. Ir. Sumbangan Baja, M.Sc. dan Para Kepala Puslitbang dan Kepala Pusat di LP2M UNHAS.

Last Updated on Thursday, 09 October 2014 07:25
 

MONEV EKSTERNAL PENELITIAN DESENTRALISASI

E-mail Print PDF

Monev eksternal untuk penelitian desentralisasi yang berlangsung di LP2M Unhas dimulai dari tanggal 26 – 27 September 2014 mencakup skim penelitian Unggulan Perguruan Tinggi, Hibah Bersaing, Disertasi Doktor, Politeknik Negeri Ujung Pandang yang direviewer oleh Bapak Johny Wahyudi S sedangkan Penelitian Ipteks, KLN, dan Publikasi Internasional, MP3Ei, Hikom, Stranas, Penelitian Unggulan Stranas, Fundamental Unhas dan Politeknik Negeri Ujung Pandang direviewer oleh Bapak Yatna Yuwana juga dihadiri oleh para Ketua Peneliti kurang lebih 98 Orang peneliti.

Last Updated on Thursday, 09 October 2014 07:16 Read more...
 

DIALOG BUPATI TANA TORAJA DENGAN DOSEN UNHAS

E-mail Print PDF

Hari Kamis tanggal 18 Spetember 2014 bertempat diruangan Rapat ‘B” LP2M UNHAS telah diadakan dialog antara Dosen Universitas Hasanuddin dengan Pemerintah/Peneliti Kabupaten Tana Toraja yang di hadiri pula oleh Bupati Tana Toraja dalam acara tersebut yang diprakarsai oleh Kepala Puslitbang Dinamika Masyarakat, Budaya dan Humaniora Drs. Stanislaus Sandarupa, MA., Ph.D.

Last Updated on Tuesday, 30 September 2014 05:31 Read more...
 

PELATIHAN PENGADAAN BARANG/JASA PEMERINTAH

E-mail Print PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas Hasanuddin kembali melakukan Pengembangan Sumber daya manusia melalui sebuah Pelatihan Barang/Jasa Pemerintah pada tanggal 09 s/d 12 September 2014 dalam menjalankan fungsi pemerintahan, sudah pasti dibutuhkan logistic, peralatan dan jasa yang menunjang optimalnya kerja instansi tersebut. Kebutuhan ini dipenuhi oleh beberapa pihak, baik itu perusahaan milik pemerintah maupun swasta. Berbeda dengan pengadaan barang dan jasa di instansi dan perusahaan swasta, pengadaan barang dan jasa di instansi pemerintahan lebih rumit karena berhubungan dengan perhitungan APBN/APBD yang digunakan untuk membayar barang atau jasa tersebut. Sambutan KTU LP2M Dra. Fatmahara yang mewakili Ketua LP2M mengatakan tujuan diadakannya pelatihan pengadaan barang/jasa pemerintah adalah untuk memperoleh barang atau jasa dengan harga yang dapat dipertanggungjawabkan, jumlah dan mutu yang sesuai serta pengadaannya tepat waktu.

Last Updated on Tuesday, 30 September 2014 05:31 Read more...
 
  • «
  •  Start 
  •  Prev 
  •  1 
  •  2 
  •  3 
  •  4 
  •  5 
  •  6 
  •  7 
  •  8 
  •  9 
  •  10 
  •  Next 
  •  End 
  • »


Page 1 of 23

WHO'S ONLINE

We have 7 guests online

ADVERTISEMENT

Featured Links:
DIKTI
Kementerian Pendidikan & Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.
DP2M-DIKTI
Kementerian Pendidikan Nasional Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat.
LIPI
Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia.
RISET DAN TEKNOLOGI
Kementerian Riset dan Teknologi Republik Indonesia
PUSBINDIKLATREN BAPPENAS
Pusat Pembinaan, Pendidikan dan Pelatihan Perencana Badan Perencanaan Pembangunan Nasional.
LAPAN
Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional
SIM-LITABMAS
Sistem Informasi Manajemen Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

JADWAL MONEV AKHIR PENELITIAN BOPTN

Banner

JADWAL MONEV AKHIR ABDIMAS BOPTN

Banner

KLINIK DRAFTING PATEN

Banner

POLLS

LP2M UNHAS! is used for?
 

ANNOUNCEMENT

Featured Link :
PEMENANG HIBAH BOPTN TAHUN 2014
Daftar Pemenang Hibah Penelitian & Pengabdian Masyarakat Sumber Dana BOPTN tahun 2014
PENELITIAN BOPTN TAHUN 2013
Penelitian BOPTN Tahun 2013
ABDIMAS BOPTN TAHUN 2013
Pengabdian Masyarakat Dana BOPTN TAHUN 2013
PENELITIAN DESENTRALISASI 2014
Daftar Pemenang Hibah Penelitian Desentralisasi (Unggulan Perguruan Tinggi) Tahun 2014
DAFTAR KEGIATAN 2010 - 2011 -2012
Daftar Kegiatan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat LP2M UNHAS
MONEV EKSTERNAL
Hasil Monev Eksternal Penelitian Tahun 2012
MONEV INTERNAL
Hasil Monev Internal Prodi Penelitian Tahun 2012
PATEN HKI
Daftar Produk Dosen UNHAS
MATERI RAPAT KOORDINASI
Materi Rapat Koordinasi LP2M-UNHAS
MATERI SOSIALISASI
Materi Sosialisasi tentang Pedoman Riset Universitas Hasanuddin Tahun 2014
MATERI ATURAN KEUANGAN KEGIATAN PENELITIAN
Out Put Penelitian dan Pertanggung Jawaban Keuangan
DAFTAR STANDAR BIAYA UMUM (SBU)
Daftar Standar Biaya Umum (SBU) Wilayah Provinsi Sulawesi Selatan tahun 2013
MATERI ATURAN KEUANGAN KEGIATAN ABDIMAS
Out Put Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat dan Pertanggung Jawaban Keuangan

RESEARCH AND DEVELOPMENT

Featured Link :
ENERGI DAN KETENAGALISTRIKAN
Ketenagalistrikan, Energi Terbarukan (Renewable energy), Energi Keairan,Energi Fosil,Informasi dan Telekomunikasi, Solar Energy dan Tata bangunan
SUMBER DAYA ALAM
Pengembangan Sumberdaya Lahan, Teknologi Sumberdaya Air dan Mitigasi Bencana, Pengembangan Teknologi dan Inovasi berbasis Kakao, Informasi Sumberdaya Alam, Teknologi Terapan dan Industri Pengembangan SDA, Ekonomi Sumberdaya Alam, Pengembangan Teknologi dan Inovasi Pertanian Terpadu.
BIOTEKNOLOGI
Bioteknologi Tanaman, Biofarmaka, Bioteknologi Hewan, Bioteknologi Kelautan dan Perikanan, Bioteknologi Mikroba, Bioteknologi Pangan.
LINGKUNGAN HIDUP
Kursus,Studi dan Kajian AMDAL, AMDAL Penilai (A, B dan C).
KEBIJAKAN DAN MANAJEMEN
Puslitbang yang fokus pada kegiatan Studi dan Kajian, Pendidikan dan Pelatihan, Advokasi dan Konsultansi yang dibentuk pada awal Tahun 1990-an untuk mengantisipasi Laju Pembangunan Nasional yang cepat dan memerlukan Kebijaksanaan dan Manajemen yang baik pada skala Regional maupun Nasional
KEPENDUDUKAN DAN GENDER
Studi dan Kajian Kependudukan dan Gender.
LAUT, PESISIR DAN PULAU-PULAU KECIL
Ekologi terumbu karang dan ekosistem asosiasinya, Ekologi Padang Lamun (seagrass meadows), Pulau-Pulau Kecil (small islands), Pengelolaan, Konservasi, dan Rehabilitasi Ekosistem Pesisir dan Laut, Kualitas Ekosistem, Perairan, dan Dampak Perubahan Iklim.
PUSAT DESIMINASI, PUBLIKASI DAN INFORMASI HaKI
Teknologi Paten; Merek dan Rahasia Dagang; Hak Cipta dan Desain Industri; Penelitian Potensi HKI Dosen; Konsultasi , Sosialisasi, dan Pelatihan HKI; Pendaftaran / Perlindungan HKI; Perlindungan Varietas Tanaman Indikasi Geografis.
WILAYAH, TATA RUANG DAN INFORMASI SPASIAL
Pengembangan ilmu dan teknologi kewilayahan dan spasial, Penyusunan rencana tata ruang wilayah/kawasan, Survei dan pemetaan wilayah/kawasan (potensi sumberdaya alam dan resiko kebencanaan), Survei dan pemetaan tanah dan analisis kesesuaian lahan, Pembuatan masterplan berbasis ruang dan sektor, Pengolahan data spasial termasuk citra satelit, Pembuatan basis data dan Pengembangan sistem informasi wilayah dan sektor berbasis web, Evaluasi kinerja pembangunan wilayah, Pelatihan GIS pada berbagai tingkatan (teknis, taktis, dan strategis), Pelatihan penyusunan, pengendalian, monitoring, dan evaluasi rencana tata ruang, Advokasi pendayagunaan teknologi spasial.