Header Perpustakaan Pusat
IndonesianEnglish (United Kingdom)

KUNJUNGAN STAF PERPUSTAKAAN STIEM BALIKPAPAN
Ditulis oleh Webadmin   
Share

Makassar, 20 Oktober 2014

 

Salah seorang staf perpustakaan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi dan Manajemen (STIEM) Balikpapan Propinsi Kalimantan Timur berkunjung ke Perpustakaan Unhas. Beliau datang untuk melakukan studi komparatif terhadap manajemen pengelolaan dan pengembangan perpustakaan pusat Unhas ini.

Pak Rahim, begitu kerap ia disapa, ketika pertama kali datang diterima oleh Kepala UPT Perpustakaan Unhas, di ruang kerjanya. Setelah berbincang cukup lama, ia langsung diantar oleh staf perpustakaan berkunjung ke beberapa bagian layanan, diantaranya adalah layanan sirkulasi, beberapa corner dan bagian digitalisasi dan reproduksi bahan perpustakaan. Di bagian yang terakhir ini ia melihat cara kerja pengalihmediaan dokumen dari tercetak ke bentuk digital, dari yang bentuknya MS. Word diubah dalam Format Dokumen Portable (PDF). Ia berharap kelak Perpustakaan STIEM Balikpapan bisa bekerjasama dalam hal berbagi sumber-sumber elektronik (cross e-resources) dengan Perpustakaan Pusat Unhas.

 
PERTANDINGAN BOLA VOLI DIES UNHAS KE-58
Ditulis oleh Webadmin   
Share

Makassar, 6 September 2014

Tim Bola Voly Perpustakaan Pusat turut ambil bagian dalam turnamen yang diadakan Universitas Hasanuddin setiap tahunnya. Dwi pekan olah raga dan seni yang diadakan dalam memeriahkan hari ulang tahun Universitas Hasanuddin yang ke-58 ini melombakan beberapa cabang olah raga diantaranya tenis meja, catur, tarik tambang, sepak bola, bulu tangkis, hingga lomba kebersihan lingkungan kampus.

Dalam cabang bola voly putri Perpustakaan Pusat mendapat medali perunggu atau peringkat ketiga setelah bermain mengalahkan tim voly dari fakultas teknik pada Jumat, 5 September 2014.

 

 

 

 
DIKLAT JABATAN FUNGSIONAL TERTENTU
Ditulis oleh Webadmin   
Share

Makassar, 13 Agustus 2014.

Senin, 11 Agustus 2014 Universitas Hasanuddin mengadakan Pendidikan dan Pelatihan Jabatan Fungsional Tertentu (Fungsional Pustakawan, laboran,  di ruang IT Perpustakaan Pusat. Diklat yang berlangsung selama dua hari ini mengundang tiga orang pembicara dari Perpustakaan Nasional RI.

Tampil sebagai pemateri pertama, Garti Sri Utami, Kepala Bagian Mutasi Jabatan dan Tenaga Fungsional Non-Dosen Biiro Kepegawaian, membahas tentang Kebijakan Kepegawaian Jabatan Fungsional Khusus PLP (Pranata Laboran Pendidikan), Pustakawan, Analis Kepegawaian, Arsiparis dan Tata Cara Pengumpulan Angka Kredit. Pembicara kedua ibu Sri Mulyani, membahas tentang metode dan cara pengumpulan angka kredit untuk jabatan fungsional pustakawan.

Pada hari pertama diklat ini berlangsung di gedung IPTEKS tepi danau Unhas dan dibuka oleh wakil rektor II, Bpk Prof.Dr. Muhammad Ali, SE., M.S.

 
REPOSITORI PERPUSTAKAAN UNHAS
Ditulis oleh Webadmin   
Share

Makassar, 16 Juni 2014

Informasi Repositori Karya Ilmiah Unhas.

Saat ini Perpustakaan Universitas Hasanuddin menyediakan sarana informasi karya ilmiah civitas academica berupa karya tugas akhir mahasiswa yakni, Skripsi (S1), Tesis (S2) dan Disertasi (S3) serta Laporan Penelitian dalam bentuk digital. Semua informasi tersebut dapat diakses langsung di web perpustakaan Unhas www.unhas.ac.id/perpustakaan atau repository.unhas.ac.id:4001 kemudian klik menu Library Repository . Karya ilmiah atau karya tugas akhir yang ditampilkan berupa abstrak maupun teks penuh (fulltext). Hanya saja file hasil pencarian hanya bisa dibaca di screen komputer anda tanpa bisa diunduh (download).

Untuk sarana pencarian buku (electronic calalogue) atau yang umum disebut OPAC juga masuk dalam situs yang sama kemudian mengklik Katalog. Selanjutnya untuk proses pencarian dapat mengikuti langkah-langkah yang ada pada manual pencarian. Demikian semoga dapat dimanfaatkan dengan baik dan semaksimal mungkin.

www.unhas.ac.id/perpustakaan

 
SOUTH SULAWESI BOOKs FAIR 2014
Ditulis oleh Webadmin   
Share

Makassar, 26 Mei 2014

Bertempat di pelataran Perpustakaan Muliti Media Kantor Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Sulsel diselenggarakan SOUTH SULAWESI BOOK FAIR 2014. Pekan Perpustakaan tingkat Sulawesi Selatan berlangsung dari 20 Mei - 24 Mei 2014 dan diikuti oleh puluhan Stan dari beberapa perpustakaan Instansi Kabupaten/Kota, Perpustakaan Perguruan Tinggi serta Perpustakaan Sekolah. Sulsel Book Fair ini diselenggarakan dalam rangka memeriahkan Bulan Buku Nasional dan hari Kebangkitan Nasional.

Sabtu, 24 Mei 2014 pukul 11.00 Acara ini ditutup oleh Kepala Badan dan Arsip Daerah Sulsel dan Penyerahan Piala Lomba setelah mengikuti gerak jalan santai yang diikuti oleh seluruh anggota pameran serta seluruh Anggota dan Pengurus Daerah Ikatan Pustakawan Indonesia Sulsel.

UPT Perpustakaan Universitas Hasanuddin yang ikut berpartisipasi pada even ini meraih Juara I dengan kategori Stan dengan Pelayanan Terbaik.


Kabupaten Bone yang diwakili oleh Badan Perpustakaan, Arsip dan PDE berhasil meraih 2 (dua)  piala, yakni Juara I Loma Pidato dan Juara II Kategori Jumlah Pengunjung Terbanyak yang disusul kabupaten Bulukumba juara III dan kabupaten Wajo juara I. Kepala Badan Perpustakaan, Arsip dan PDE Kabupaten Bone  Drs.H.A.Pahrum Pawi, M.T.P. sangat bangga atas prestasi yang diraih Bone di event ini. Beliau mengatakan, Insya Allah kegiatan seperti ini akan ditindaklanjuti di kabupaten Bone dengan melibatkan unsur kependidikan dan unsur akademik serta melibatkan percetakan lokal dan nasional.

Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Sulawesi Selatan menghaturkan banyak terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh peserta. Beliau mengatakan, bahwa buku akan membuka pikiran, memperluas pikiran, memperluas perspektif dan memperkuat diri saat yang lain tidak dapat melakukan itu. Beliau sengaja mengatakan kata-kata mutiara tersebut karena adanya keterikatan dengan even pameran buku tersebut. Sebab dengan melalui buku, kita dapat memperoleh ilmu pengetahuan bahkan merubah memperkaya sikap dan perilaku dalam memandang kehidupan. Bahkan dengan buku kita mersakan pengalaman intelektual tanpa melakukan pekerjaan fisik. Oleh karena itu  beliau menyambut baik dengan terselenggaranya acara pameran buku tersebut dengan harapan kegiatan semacam ini dapat dilaksanakan secara priodik.

 

 

 

 

 

 

 

 
PELANTIKAN REKTOR UNIVERSITAS HASANUDDIN
Ditulis oleh Webadmin   
Share

Jakarta - Senin 28 April 2014 Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhammad Nuh melantik Dwia Aries Tina Palabuhu menjadi Rektor Universitas Hasanuddin. Pelantikan Rektor perempuan pertama di kampus merah ini sempat terganjal. Penyebabnya adalah gugatan hukum saingannya dalam pemilihan rektor Unhas.

Usai pelantikan ibu Dwia, begitu ia akrab di sapa mengatakan akan langsung tancap gas membangun Unhas yang menjadi barometer kampus unggulan di Indonesia Timur.


Selain melantik Prof. Dwia, Prof. Muhammad Nuh, Ph.D. juga mengukuhkan Djaali sebagai rektor Unviersitas Negeri Jakarta (UNJ), Achmad Iqbal sebagai rektor Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto, dan Direktur Akademi Komunitas Negeri Pacitan Gigih Prabowo. Pejabat lain yang dilantik adalah Kepala Pusat Penilaian Pendidikan (Kapuspendik) Badan Penelitian Penelitian dan Pendidikan (Balitbang) Kemendikbud Nizam.
Dalam arahannya Mendikbud menuturkan jabatan rektor adalah jabatan khusus. "Rektor memiliki kewajiban untuk menjaga martabat dan kehormatan perguruan tinggi yang telah memberikan amanah," ujar Menteri asal Surabaya itu.
Pada kesempatan itu Nuh menegaskan pesan supaya para rektor untuk menjaga atmosfer akademik. "Tugas utama kita (para rektor, red) ada di situ. Kalau atmosfer akademik bagus, maka insyaallah yang namanya tri dharma perguruan tinggi bisa tumbuh dan berkembang baik," urai dia.
Khusus di Unhas, selama ini kerap dicap sebagai kampus negeri yang sering ribut. Keributan di kampus yang khas dengan jas merah itu tidak hanya internal mahasiswanya saja. Tetapi juga kerap terjadi keributan mahasiswa Unhas dengan warga masyarakat setempat. Supaya bisa menumbuhkan atmosfer akademik itu, Nuh memberikan beberapa arahan. Yaitu mengajak rangkul sebanyak-banyaknya partisipasi dari seluruh civitas akademik. Kemudian kepemimpinan perguruan tinggi posisinya sangat berbeda dengan di pemerintahan. Maka tidak boleh ada fraksi atau faksi yang terus tumbuh di perguruan tinggi masing-masing. "Oleh karena itu, begitu selesai pemilihan maka semuanya harus menyatu mengembangkan perguruan tinggi," kata Nuh.
Upaya berikutnya adalah biasakan memberikan penghargaan kepada siapapun yang menunjukkan prestasi dan dedikasi dalam menjalankan tri dharma perguruan tinggi. Nuh juga berpesan kepada para rektor, untuk ikut terjun bersama civitas akademika mengembangkan tri dharma perguruan tinggi. Para rektor juga diminta untuk menjalin komunikasi yang pemerintah daerah serta pihak-pihak terkait, untuk peningkatan SDM.
Mantan rektor ITS Surabaya itu mengatakan, tantangan perguruan tinggi saat ini bukan akses. "Tetapi tantangan sekarang adalah kualtias," jelas dia. Perumusan kualitas itu ada pada tiga kompetensi. Yakni kompetensi pengetahuan, keterampilan, dan sikap. (Sumber: Wan, JPNN).
Berikut ini sekilas kami sajikan profil singkat Ibu Rektor
Prof. Dr. Dwia Aries Tina Palubuhu, Lahir di Tanjung Karang, Lampung, 19 April 1964
Menikah dengan H. M. Natsir Kalla, S.E., M.M.
Sejak 21 Februari 2006 sampai Maret 2014 menjabat sebagai wakil Rektor Bidang Perencanaan, Pengembangan, dan Kerjasama, Universitas Hasanuddin. Ibu Dwia, begitu Ia akrab disapa, saat ini menjabat selaku Ketua Nasional Ikatan Sosiologi Indonesia (ISI). Menyelesaikan S1-nya di Jurusan Sosiologi Universitas Airlangga pada tahun 1985. Kemudian pada tahun 1991 hingga 1993, wanita berjilbab ini merampingkan pendidikan S2 Department Sociology and Antrophology Ateneo de Manila University Manila, Philipina.
Riwayat pekerjaan dalam lingkup Universitas Hasanuddin:
- 2006 – sekarang, Wakil Rector Bidang Pengembangan dan Kerjasama Unhas
- 2000 – 2002, Coordinator Divisi Revolusi Konflik Pusat Studi HAM Unhas
- 2000 – 2002, Sekretaris Proram Studi Pasca Sarjana Unhas
- 1988 – Sekarang, Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Unhas
Riwayat Pekerjaan Luar Lingkup Universitas Hasanuddin:
2013 - 2016, Ketua Nasional Ikatan Sosiologi Indonesia
2013 - 2016, Wakil Ketua Nasional Himpunan Indonesia untuk Pengembangan Ilmu-Illmu Sosial
2012 - 2014 Ketua Forum Wakil Rektor Bidang Pengembangan dan Kerjasama Perguruan Tinggi Negeri se-Indonesia
2009 - sampai sekarang, Kordinator Advisoty Program "Bangun Mandar" Gerakan Pembangunan Desa Berbasis Mandiri, Provinsi Sulawesi Barat.


Sumber : warta.timur.com

 
SERVICE QUALITY WITH CARE WORKSHOP
Ditulis oleh Webadmin   
Share

Makassar, 21 Nopember 2013

Pelayanan Berkualitas Peduli Pelanggan adalah tema yang diangkat dalam workshop yang diadakan oleh Bagian Kepegawaian Universitas Hasanuddin kerja sama dengan UPT Perpustakaan Pusat. Workshop yang berlangsung di ruang rapat A Gedung Rektorat melibatkan sebagian besar pustakawan dalam lingkup Universitas Hasanuddin pada 16 - 17 Nopember lalu.

Materi yang dibawakan oleh Ibu Irwani Pane dan Tim ini, berusaha mengubah mindset peserta dalam melayani customer (pemustaka). Beberapa materi disajikan dihari pertama antara lain: (1) Service Care Mindset 'SQM', (2) Service Quality Instrument 'SQI', (3) Service 3C Care, Communicative & Consistent, (4) Ethic & Professional Apperance. Di hari kedua materinya dilanjutkan dengan Role Play Service 3C hingga jam istirahat kemudian dilanjutkan dengan Handling Complaint Practice, serta Personal Evaluation.

Peserta sangat antusias mengikuti materi yang disajikan oleh Widyaiswara saat itu hanya saja sayang sekali pengambil kebijakan pada tingkat Universitas tidak menghadirinya. Hal ini penting mereka ikuti karena setiap bidang layanan sangat berkaitan erat dengan Regulasi yang diterapkan.

 
« MulaiPrev123456789NextEnd »

JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL

Pencarian Data

Statistik Situs

Content View Hits : 176469

Galeri Perpustakaan

Rak Buku-3.JPG




Powered by Joomla!. Designed by: Joomla Theme, php xml hosting. Valid XHTML and CSS.