Pustaka Unhas logo

.: Layanan EJurnal :.


Login Admin



SERVICE QUALITY WITH CARE WORKSHOP
Written by Webadmin   
Share

Makassar, 21 Nopember 2013

Pelayanan Berkualitas Peduli Pelanggan adalah tema yang diangkat dalam workshop yang diadakan oleh Bagian Kepegawaian Universitas Hasanuddin kerja sama dengan UPT Perpustakaan Pusat. Workshop yang berlangsung di ruang rapat A Gedung Rektorat melibatkan sebagian besar pustakawan dalam lingkup Universitas Hasanuddin pada 16 - 17 Nopember lalu.

Materi yang dibawakan oleh Ibu Irwani Pane dan Tim ini, berusaha mengubah mindset peserta dalam melayani customer (pemustaka). Beberapa materi disajikan dihari pertama antara lain: (1) Service Care Mindset 'SQM', (2) Service Quality Instrument 'SQI', (3) Service 3C Care, Communicative & Consistent, (4) Ethic & Professional Apperance. Di hari kedua materinya dilanjutkan dengan Role Play Service 3C hingga jam istirahat kemudian dilanjutkan dengan Handling Complaint Practice, serta Personal Evaluation.

Peserta sangat antusias mengikuti materi yang disajikan oleh Widyaiswara saat itu hanya saja sayang sekali pengambil kebijakan pada tingkat Universitas tidak menghadirinya. Hal ini penting mereka ikuti karena setiap bidang layanan sangat berkaitan erat dengan Regulasi yang diterapkan.

 
SEMINAR SISTEM PEMBELAJARAN SCL
Written by Webadmin   
Share

Makassar, 08 November 2013

Kamis 07 November 2013, UPT Perpustakaan bekerjasama dengan bagian Kepegawaian universitas Hasanuddin menyelenggarakan seminar sehari yang bertema “Optimalisasi Peran Perpustakaan dalam Menunjang Sistem Pembelajaran SCL menuju Universitas Hasanuddin bertaraf Internasional. Seminar ini diikuti oleh seluruh pustakawan dan beberapa dosen dalam lingkup Universitas Hasanuddin.

Seminar yang berlangsung di Ruang Pelatihan P3AI ini diisi oleh tiga pemakalah antara lain: Prof. Dr. Dadang Achmad Suriamihardja, M.Sc., yang membawakan materi Sistem Pembelajaran Berbasis Student Center Learning (SCL); Kepala Perpustakaan Universitas Indonesia, Dra. Luki Wijayanti, S.IP.,M.Si. yang mengulas makalah tentang Pengelolaan Sumber Daya Perguruan Tinggi dalam Menunjang Tridarma Perguruan Tinggi. Pada sesi terakhir Kepala UPT Perpustakaan Universitas Hasanuddin, Dr. Muhammad Nadjib, M.Ed., M.Lib. tampil mengurai materi tentang Relevansi Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Menunjang Sistem Pembelajaran SCL.

Saat membuka acara ini Wakil Rektor I bidang Akademik menjelaskan bahwa perpustakaan, pustakawan serta sumber-sumber informasinya (information resources) sangat dibutuhkan dan harus dapat menunjang pembelajaran yang berbasis mahasiswa. Dalam sistem pembelajaran Student Centre Learning (SCL) mahasiswa diarahkan untuk belajar mandiri tanpa sepenuhnya bergantung pada materi yang diberikan oleh dosen. Dosen, perpustakaan dan pustakawan hanya bersifat fasilitator dalam menunjang kegiatan pendidikan tersebut. (lanjut......)

 
Library Orientation
Written by Webadmin   
Share

Makassar, 30 Agustus 2013

Senin, 02 September 2013, UPT Perpustakaan Pusat Unhas kebali melaksanakan kegiatan Orientasi Perpustakaan (library Orientation) bagi mahasiswa baru angkatan 2013. Kegiatan ini dimaksudkan untuk membimbing pemustaka baru (maba) dalam menggunakan perpustakaan. Pada mulanya pihak perpustakaan pusat menyurat ke Dekan masing-masing Fakultas dalam lingkup Universitas Hasanuddin, untuk mengikuti kegiatan tersebut. Setelah mereka datang secara berkelompok menurut jurusannya, mereka langsung diarahkan untuk mendaftar menjadi anggota perpustakaan.

Pada dasarnya Orientasi Perpustakaan (Library Orientation) kata Dr. Muh. Nadjib, M.Lib, Kepala UPT Perpustakaan Unhas memperkenalkan : 1. Library Resources  2. Library Services  3. Proses Layanan.

Orientasi dimulai dengan menjelaskan pemakaian OPAC (Online Public Access Catalogue) dalam menulusur literatur yang dicari. Setelah itu mahasiswa baru tersebut diantar ke bagian layanan sirkulasi. Di sana mereka mendapat penjelasan tentang aturan peminjaman dan pengembalian buku, jangka waktu peminjaman dan denda atas keterlambatan pengembalian atau menghilangkan bahan pustaka yang dipinjam. Di bagian layanan koleksi khusus (karya tugas akhir mahasiswa) mereka dijelaskan tentang aturan pemakaian koleksi skripsi, tesis dan disertasi, bahwa koleksi-koleksi khusus tersebut hanya bisa dibaca ditempat (dalam ruang baca khusus), tidak dipinjamkan untuk dibawa pulang. Mereka juga memperoleh penjelasan tentang larangan menggandakan koleksi tersebut tanpa seizin dari penulisnya atau pimpinan UPT Perpustakaan. (red)

 
Sosialisasi Sasaran Kerja Pegawai (SKP)
Written by Webadmin   
Share

Makassar, 21 Agustus 2013

Selasa, 20 Agustus 2013, bertempat di Warung Prancis Universitas Hasanuddin sebagian besar staf UPT Perpustakaan Unhas memperhatikan penjelasan Drs. Ahmad, M.Si., kepala bagian Hukum tatalaksana Universitas Hasanuddin tentang Sasaran Kerja Pegawai (SKP) versi baru, yang nantinya menggantikan sistem penilaian DP3 (Daftar Penilaian Pelaksanaan Pekerjaan). Ahmad menjelaskan bahwa SKP sedikit lebih ketat dibanding DP3 karena pejabat penilai harus betul-betul memperhatikan output kerja dari staf yang dipimpinnya. Pegawai yang bekerja pun harus melakukan atau membuat pencatatan harian semacam jurnal pada bidang pekerjaannya. Tapi penilaian ini semua tidaklah sekaku apa yang ada dalam aturan, segala sesuatunya masih bisa dijalankan secara fleksibel, demikian menurut Achmad. (red).

 

 

 
KUNJUNGAN LAPANGAN MAHASISWA STISIPOL PETTA BARINGENG POKJAR BELOPA & TORAJA UTARA
Written by Webadmin   
Share

Makassar, 11 Juni 2013

Hari ini Perpustakaan Pusat Unhas kedatangan tamu dari Belopa dan Toraja Utara. Mereka adalah mahasiswa program diploma 2 Ilmu Perpustakaan yang ingin melaksanakan Praktek Kerja Industri. Mahasiswa ini diterima oleh Kepala UPT Perpustakaan Unhas, Bpk Prof. Dr. Muh. Nadjib, M.Ed., M.Lib. dan dipandu oleh Bpk. Latommeng sebagai staf pengajar.

 

 

 
PKL DAN KUNJUNGAN PERPUSTAKAAN
Written by Webadmin   
Share

Makassar, 29 Mei 2013

Rabu, 29 Mei 2013 Perpustakaan Pusat universitas Hasanuddin kembali kedatangan tamu yang ingin menimba ilmu. Mereka adalah mahasiswa dari Universitas Petta Baringeng Kabupaten Sidrap. Meski hanya sekitar 15 orang mahasiswa, nyali mereka tidak ciut untuk belajar mulai dari nol. Saat datang mereka diterima dan disambut oleh Bpk Drs. Jamalauddin, MM., sebagai ketua kelompok pustakawan yang mewakili Kepala UPT Perpustakaan Pusat Unhas yang berhalangan hadir.

Seperti biasanya mereka dibagi dalam 3 kelompok. Masing-masing kelompok beranggotakan lima orang yang di sebar di tiga bagian layanan. Untuk hari pertama kelompok satu ditempatkan di bagian layanan sirkulasi, kelompok dua di bagian pengolahan koleksi dan kelompok tiga di bagian layanan elektronik journal dan libraryNet.

Secara keseluruhan mereka dituntut untuk dapat mengetahui bagaimana sebenarnya seluruh bagian layanan perpustakaan itu bekerja.

 

 
« StartPrev12345678NextEnd »

Page 1 of 8

Polling

Dari mana anda mendapat informasi tentang website Perpustakaan Unhas?
 

Pencarian Data

Statistik Situs

Content View Hits : 149112

Galeri Perpustakaan

Rak Buku-5.JPG




Powered by Joomla!. Designed by: Joomla Theme, php xml hosting. Valid XHTML and CSS. Slideshow is powered by phatfusion