Header Perpustakaan Pusat
IndonesianEnglish (United Kingdom)

SEMINAR TRIWULAN JURUSAN PRANCIS DI UPT PERPUSTAKAAN UNHAS
Ditulis oleh Webadmin   
Share

Makassar, 29 April 2016


Jurusan Sastra Perancis UNHAS mengadakan seminar triwulan yang bertempat di Warung Prancis Unhas, gedung perpustakaan pusat lantai 2. Dalam kegiatan seminar ini, bertindak sebagai pembicara pertama yaitu Dr. Mardi Adi Armin, M.Hum yang membawakan materi mengenai Pembauran dalam karya sastra Melayu-Tionghoa dan pembicara kedua Dr. Prasuri Kuswarini, M.A yang membawakan amteri mengenai Pencitraan Liyan: Analisis dengan Pendekatan Postkolonial terhadap Novel Laskar Pelangi yang diterjemahkan kedalam bahasa Inggris, yang mana kedua pembicara tersebut dimoderatori yakni Drs. Muh. Hasbullah, M.Hum. Kegiatan seminar ini berlangsung meriah karena dihadiri dan dibuka secara resmi oleh wakil dekan III Fakultas Ilmu Budaya Unhas, Dr. Andi Muhammad Akhmar, M.Hum., staf edukatif Jurusan Sastra Perancis dan Kepala UPT Pusat Bahasa serta Mahasiswa Universitas hasanuddin, dan juga seminar ini berlangsung dalam nuansa yang sangat akademik karena dinamika diskusi yang terbuka dengan banyaknya pertanyaan dan tanggapan dari para peserta seminar.


Pembicara pertama, Dr. Mardi Adi Armin, M.Hum pada kesempatannya menjelaskan bahwa kalangan etnis Tionghoa tidak dapat dipungkiri juga turut andil dalam perjuangan mempertahankan kesatuan Negara indonesia karena mereka juga memiliki semangat nasionalisme yang tinggi, hal ini tercermin dalam karya-karya sastra yang mereka tulis sejak masa pra-kemerdekaan hingga era reformasi. Tidak ketinggalan pula pembicara kedua, Dr. Prasuri Kuswarini, menyampaikan bahwa rasa nasionalisme juga dapat kita tunjukkan sesuai dengan bidang keahlian yang kita tekuni, sebagai contoh seorang penerjemah, dengan pendekatan yang lebih kritis dan mengacu pada paham postkolonialisme kita dapat meng-counter pandangan dari beberapa pihak yang masih saja menganggap bahwa bangsa Indonesia adalah Negara yang terbelakang dan tertinggal dibandingkan bangsa Barat karena ada banyak karya-karya sastra yang secara sadar memposisikan bangsa Indonesia dalam pencitraan liyan dengan segala kekurangannya, hal ini terlihat dalam novel terjemahan laskar pelangi dalam bahasa inggris “The rainbow troops” yang cenderung mendramatisir isu-isu kemiskinan dan keterbelakangan rakyat Indonesia. Sebagai penutup sesi, turut berbicara ketua pelaksana seminar triwulan Wahyuddin, M.Hum, yang menyampaikan bahwa diskusi akademik ini sangat layak untuk dipertahankan dan dijaga keberlangsungannya guna menjaga iklim akademik dikalangan civitas akademika unhas.  (AF)

 
KUNJUNGAN ATASE TIM RISET KEDUTAAN PRANCIS
Ditulis oleh Webadmin   
Share

Makassar, 23 April 20116


Pada kamis 21 April 2016, atase bagian Riset dari kedutaan besar Perancis Jakarta mengadakan lawatan ke Universitas Hasanuddin dalam rangka mempererat hubungan kerjasama antara Universitas Hasanuddin dengan Pemerintah Perancis. Rombongan ini tiba di kampus Unhas Tamalanrea pada kamis pagi dan disambut langsung oleh wakil rektor IV bidang pengembangan kerjasama di ruangan rapat wakil rektor IV.

Pada kesempatan ini pula atase dari kedutaaan Perancis menyempatkan diri untuk mengunjungi Warung Prancis di gedung Perpustakaan Pusat UNHAS lantai 2. Turut hadir dalam kunjungan ini ketua jurusan Sastra Perancis Dr. Mardi Adi Armin, M.Hum dan Kepala Kantor Urusan Internasional Unhas, Dr. Andi Amri, M.Sc. Dalam kunjungannya di Warung Perancis pihak atase mengadakan diskusi non-formal dengan pihak pengurus Perpustakaan Unhas dan Ahmad Fadhil sebagai penanggung jawab Warung Perancis Unhas mengenai Program kegiatan yang telah dan akan dilaksanakan dan juga proses pembelajaran Bahasa Perancis yang diadakan oleh Warung Perancis. Diakhir kunjungannya tamu dari kedutaaan ini  menekankan pentingnya hubungan yang baik dan berkelanjutan antara pihak Kedutaan Perancis dan Unhas khususnya Jurusan Sastra Perancis. Beliau  juga memastikan kemudahan akses yang lebih baik dalam hal kerja sama antar lembaga dan informasi dan beasiswa bagi mahasiswa yang ingin melanjutkan studinya di Perancis. (AF)

 
KUNJUNGAN MAHASISWA S3 KERJASAMA UNIVERSITAS GUNADARMA
Ditulis oleh Webadmin   
Share

Makassar, 18 April 2016

Perpustakaan Pusat Unhas kembali mendapatkan kunjungan dari Program S3 Linguistik kerja sama Universistas Hasanuddin dengan Universitas Gunadrma (jumat, 15 April 2016). Mahasiswa yang jumlahnya lebih dari 15 orang ini datang melihat sistem pelayanan pada UPT Perpustakaan yang dipandu oleh salah sorang Dosen pengampuh, Prof. Dr. Sumarwati Poli. Kedatangannya untuk memperoleh informasi tentang cara akses artikel elektronik yang terekam dalam repositori perpustakaan Unhas. Latommeng, M.Si., yang saat itu menerima tetamu ini menjelaskan perihal aksesibilats penggunaan gudang penyimpan informasi karya tugas akhir mahasiswa tersebut. Ia mengatakan bahwa untuk menggunakan fasiltas ini bpk/ibu harus memperoleh sandi (password) untuk log in, namun password yang diberikan berbatas waktu (sehari dua hari atau seminggu). (bersambung....)

 

 

 
SOSIALISASI PERMENPAN DAN REFORMASI BIROKRASI RI
Ditulis oleh Webadmin   
Share

Makassar, 11 April 2016

Sub Bagian Kepegawaian Universitas Hasanuddin bekerja sama dengan UPT Perpustakaan serta Lembaga Kajian Pengembangan Pendidikan (LKPP) mengadakan acara 'Sosialisasi PERMENPAN dan Reformasi Birokrasi No.9 tahun 2014 tentang Jabatan Fungsional Pustakawan dan Angka Kreditnya' pada 08 - 09 April 2016. Acara ini diselenggarakan di Aula LKPP-UNHAS dan dibuka secara resmi oleh Sekretaris Universitas, bpk Dr. Ir. H. Nasaruddin Salam, MT. Setelah membuka acara, Beliau pun membawakan materinya yang diagendakan oleh Panitia.

Sosialisasi yang berlangsung selama dua hari ini pun menghadirkan dua Pemateri dari Perpusnas Jakarta (Ibu Dra Lily Suarny, M.Si. dan Ibu Dra. Alfiah, MM.) yang dimoderatori oleh Kepala Pusat Pengembangan SDM LKPP-Unhas, Dr. Ir. Zulkifli Djafar, MT. Beliau berdua menyampaikan materi dengan menarik sehingga para peserta yang notabene hampir seluruhnya pustakawan termotivasi untuk mengikuti UJI Kompetensi keahlian profesinya serta disiplin dalam mengurus kepangkatannya hingga ke jenjang Pustakawan Utama (IV/e).

 

 

 
PELEPASAN SISWA PRAKERIN SMK WAHYU MAKASSAR
Ditulis oleh Webadmin   
Share

 

Makassar, 7 April 2016

PELEPASAN SISWA PRAKTEK KERJA INDUSTRI DI UPT PERPUSTAKAAN

 
KURSUS PENGEMBANGAN BAHASA PRANCIS
Ditulis oleh Webadmin   
Share

Makassar, 24 Maret 2016

Warung Prancis (WP) Universitas Hasanuddin membuka lagi Privat Pengembangan Bahasa Prancis. Kursus ini disamping bertujuan untuk peningkatan skill dalam bahasa asing  juga dimaksudkan untuk academic skill. Kegiatan ini berlangsung di gedung UPT Perpustakaan UNHAS Lt.2 tepatnya di ruang Warung Prancis dan diikuti oleh mahasiswa dari beragam fakultas dan program studi. Pembelajaran dibagi dalam 3 kelas (kategori) yakni tingkat dasar (elementry), lanjutan (intermediate), dan tingkat Mahir (advance) untuk academic purpose. Sutrisno Asrori, staf humas partikulir WP Unhas sangat menghimbau mahasiswa untuk mengikuti kegiatan ini untuk digunakan sebagai sarana dalam melanjutkan program studi magister di salah satu Universitas di negara Prancis. Sebagai salah satu Corner sudut  layanan French Corner, malah telah melalkukan beberapa kegiatan sosial seperti pameran, diskusi film kerja sama Institute Frace Indonesia dengan komunitas external Unhas kata Kordinator WP, Dra. Masdiana, M.Hum.

bersambung...)

 

 
RAPAT TIM REDAKSI JUPITER
Ditulis oleh Webadmin   
Share

Makassar, 08 Maret 2016

Tim Redaksi JUPITER, Jurnal Kepustakawanan dan Dokumentasi Informasi, mengadakan pertemuan di Ruang Kepala UPT Perpustakaan guna membahas kelanjutan penerbitan journal ini. Rapat Tim Redaksi ini dipimpin langsung oleh Ketua Editor (Chief Editor) Drs. Mukhtar Dolle, MM yang juga dihadiri oleh bpk Dr. Muh. Nadjib, M.Ed.,M.Lib sebagai dewan editor dalam penerbitan ini. Anggota Tim Jurnal Perpustakaan, Informasi dan Komputer ini membicarakan tentang judul dan kesesuaian tema tulisan yang masuk kriteria artikel yang akan dimuat dalam seri terbitan, juga termasuk mitra bestari eksternal dan kontribusi penulis dan unit pengelola dalam merevitalisasi JUPITER untuk masuk dalam daftar Jurnal terkareditas nasional DIKTI.

Musyawarah anggota Tim Redaksi yang dilaksanakan, senin 07 Maret 2016 berharap Jurnal Perpustakaan, Informasi dan Komupter ini dalam setiap nomor terbitan tetap konsisten menyeleksi kualitas tulisan yang diterima, termasuk kesesuaian judul tulisan dengan tema Jurnal. Di samping itu Tim Redaksi juga membahas pemberi donasi dan alokasi anggaran yang digunakan termasuk pengelola jurnal ini agar bisa survive dan berkelanjutan.

 
« MulaiPrev12345678910NextEnd »

JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL

Pencarian Data

Statistik Situs

Content View Hits : 427201

Galeri Perpustakaan

Rak Buk-4.JPG




Powered by Joomla!. Designed by: Joomla Theme, php xml hosting. Valid XHTML and CSS.