Universitas Hasanuddin menggelar Rapat Paripurna Senat Akademik dalam rangka penerimaan jabatan professor kepada Dian Anggraece Sigit Parawansa dalam bidang Ilmu Manajemen, pada Selasa (11/2) mulai pukul 09.00 Wita. Acara ini berlangsung di Ruang Senat Akademik Unhas, Kampus Tamalanrea, Makassar.
Proses pengukuhan dihadiri oleh Rektor Unhas, Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA., Ketua, Sekretaris, dan Anggota Senat Akademik, Dewan Professor, dan tamu undangan. Diantara undangan yang hadir tampak Khofifah Indar Parawansa (Gubernur Jawa Timur), Rektor Universitas Negeri Makassar (Prof. Dr. Husain Syam, MT), dan Ketua Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LL DIKTI) Wilayah IX (Prof. Dr. Jasruddin, M.Si).
Dian Anggraece Sigit Parawansa yang lahir dan besar di Gowa merupakan dosen tetap Fakultas Ilmu Ekonomi dan Bisnis Unhas dengan nomor keanggotaan professor 399.
Dalam pidato pengukuhannya, Dian Anggraece Sigit Parawansa membahas tentang “Pengelolaan Hubungan Dengan Pelanggan dan Pemeliharaan Nilai Pelanggan Sebagai Strategi Bisnis Pada Industri Jasa Era Digital”.
Manajemen Hubungan Pelanggan atau Customer Relations Management (CRM) merupakan usaha dalam menyediakan suatu jembatan strategi pemasaran dan teknologi informasi dengan tujuan utamanya adalah menjalin hubungan dengan pelanggan dalam jangka panjang yang kemudian dapat meningkatkan profitabilitas dari suatu usaha.
Konsep CRM memiliki keterkaitan yang erat dengan kesetiaan. Pemasaran relasional mengarah kepada pembentukan sikap setia atau loyal dalam diri konsumen. Untuk itu, dalam menghadapi kondisi bisnis yang terus menerus berubah, maka setiap organisasi/perusahaan dipandang perlu untuk memperhatikan konsep pemasaran relasional dalam menghadapi persaingan bisnis.
“CRM akan selalu berupaya untuk memanjangkan hubungan kepada pelanggan sebagai individu yang berurusan dan mendapatkan keuntungan atas hubungan tersebut. CRM melihat pemasaran sebagai hubungan, jaringan, dan interaksi yang berkelanjutan,” jelas Prof. Dian.
Lebih lanjut, Prof Dian menuturkan bahwa Manajemen Hubungan Pelanggan (CRM) merupakan usaha perusahaan untuk menjaga pelanggan (pelanggan yang utama) agar tidak lari ke pesaing dengan mengumpulkan segala bentuk interaksi pelanggan baik itu melalui telepon, email, masukan disitus, atau hasil pembicaraan dengan staf penjualan dan pemasaran atau sebuah strategi bisnis menyeluruh dari suatu perusahaan yang memungkinkan perusahaan tersebut secara efektif bisa mengelola hubungan dengan para pelanggan.
Diakhir pidatonya, beliau menekankan bahwa CRM lebih dari sekedar teknologi, ketika berhasil diterapkan maka CRM dapat membantu membangun hubungan pelanggan yang lebih baik, meningkatkan pendapatan perusahaan dan dapat menciptakan pengalaman pelanggan yang unggul. Dengan penerapan CRM, maka strategi bisnis pada perusahaan yang dirancang dapat meningkatkan pendapatan dan profitabilitas, mengurangi biaya, serta meningkatkan loyalitas pelanggan.
“Filosofi CRM itu sendiri adalah utamakan pelanggan. Solusi CRM menjadi amat berharga ketika kompetisi meningkat dan jumlah pelanggan semakin banyak. CRM juga dapat memberikan informasi tentang kontribusi per pelanggan terhadap bisnis perusahaan. Melalui CRM, maka perusahaan bisa cepat mengetahui siapa saja valuable customer. Dengan demikian, maka perusahaan tinggal menyusun strategi bagaimana mempertahankan mereka," tutup Prof. Dian
Pada kesempatan yang sama, Rektor Unhas, Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA., menyampaikan apresiasi atas bertambahnya Guru Besar Fakultas Ekonomi. Prof Dwia menuturkan bahwa Unhas secara konsisten mendorong dosen-dosen Unhas yang memiliki potensi untuk menjadi guru besar. Hal ini dimaksudkan agar sumber daya potensial di Unhas dapat terkelola dengan baik.
“Jadi memang Unhas mengelola Guru Besar yang sangat banyak. Saat ini tercatat ada 399 yg telah Unhas hasilkan dan terhitung aktif ada 298 guru besar. Ini memang menjadi perhatian kami, dalam setiap rapat pimpinan kami mengingatkan kepada para dekan maupun sekretaris Universitas untuk mendorong dosen dosen yang memang sudah memenuhi kriteria,” jelas Prof Dwia.
Rapat Paripurna Senat Akademik dalam rangka upacara penerimaan Jabatan Professor berlangsung dengan lancar dan hikmat hingga berakhirnya acara pukul 11.30 Wita.(*)
Editor : Ishaq Rahman, AMIPR