Fakultas Peternakan

Doktor Ilmu Peternakan

Program Studi Doktor (S3) Ilmu Peternakan Unhas disusun dapat menjalankan peran-peran yang strategis pada masa kini dan masa yang akan datang pada dunia global dengan melakukan kerja sama baik dalam negeri maupun luar negeri. Kerja sama yang dimaksud adalah kerja sama dalam bidang pendidikan/ akademik, penelitian, dan pengembangan inovasi IPTEKS untuk kebutuhan masyarakat. Kerja sama akademik difokuskan pada negara-yang mengembangkan peternakan sebagai subyek penelitian, inovasi dan ipteks . Kerja sama internasional semakin ditingkatkan di masa yang akan datang.

Keberadaan prodi Doktor Ilmu Peternakan menjadi kunci dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang peternakan oleh karena prodi ini mempunyai Visi Misi yang sangat strategi dalam mewujudkan tujuan pembangunan sumber daya manusia yang cerdas, sehat, dan berkarakter. Tataran operasional prodi Doktor ini membangun kemampuan analisis dan skill dalam pemecahan masalah peternakan baik yang bersifat hard skill maupun soft skill.

  1. Kemampuan hard skill meliputi teknis peternakan dalam hal breeding, feeding dan manajemen utamanya yang bersesuaian dengan industri peternakan dan peternakan rakyat.
  2. Kemampuan soft skill berupa karakter kepemimpinan, menyelesaikan masalah, tangguh, adaptable dan creative.
  3. Kemampuan berkomunikasi.
  4. Kemampuan mengintegrasikan teknologi informasi dan artificial intelligence di bidang peternakan

Kebutuhan masyarakat/industri terkait dengan lulusan Prodi Doktor Ilmu Peternakan adalah profesi sebagai pendidik, peneliti, dan konsultan/tenaga ahli pada bidang peternakan. Lulusan program studi ini mempunyai kemampuan mengembangkan IPTEKS bidang peternakan melalui riset/kajian yang dibutuhkan oleh stakeholder seperti lembaga pemerintahan, lembaga penelitian, perusahaan swasta/industri, UKM/koperasi, Non-Government Organization (NGO), dan lembaga internasional.

Visi Program Studi

Visi program studi mengacu pada Visi Universitas Hasanuddin dan Fakultas peternakan, serta masukan pemangku kepentingan, maka visi Program Studi Doktor (S3) Ilmu Peternakan Fakultas Peternakan dirumuskan “Menjadi pusat unggulan (Center of Excellence) pendidikan dan inovasi pengembangan IPTEKS peternakan berbasis benua maritim”.

Misi Program Studi

Berdasar pada misi Universitas Hasanuddin dan Fakultas Peternakan maka misi Program Studi Doktor (S3) Ilmu Peternakan Universitas Hasanuddin adalah:

  1. Menghasilkan Doktor/lulusan yang mampu memutakhirkan keahlian yang dimiliki dan berkontribusi dalam riset, dan inovasi IPTEKS Peternakan serta dipublikasi.
  2. Menjalin dan memperkuat kolaborasi baik nasional maupun internasional dalam bidang akademik dan riset.
  3. Menyelenggarakan pendidikan dan inovasi riset peternakan secara terstruktur yang dapat memecahkan permasalahan di bidang peternakan baik nasional maupun internasional

 

Karir

Program Studi Doktor ilmu Peternakan merupakan salah satu penyedia tenaga kerja mempunyai andil yang besar dalam menciptakan luaran yang sesuai dengan standar KKNI, oleh sebab itu diperlukan kesamaan visi dalam menyusun kurikulum yang berbasis KKNI sehingga dapat menghasilkan outcome yang memiliki kualifikasi sesuai dengan kebutuhan pasar dan tenaga kerja dan kualifikasi yang sama pada masing-masing program studi pada level nasional dan internasional. Lulusan prodi Doktor mempunyai kemampuan mengembangkan IPTEKS di bidang peternakan dan kemampuan profesional melakukan riset yang sangat bermanfaat bagi kemaslahatan umat manusia, dan juga mempunyai kemampuan mengembangkan memimpin dan mempublikasikan hasil penelitian yang inovatif dan berdaya saing dan mengembangkan jajaran riset nasional dan internasional untuk mengatasi permasalahan bidang peternakan melalui pendekatan inter, multi, dan transdisipliner. Lulusan Doktor bidang peternakan juga mempunyai kemampuan melakukan advokasi yang menjembatani dan memandu implementasi pemecahan masalah pada bidang peternakan. Sehubungan dengan kemampuan yang dimiliki lulusan Prodi Doktor Ilmu Peternakan maka kebutuhan stakeholder yang sesuai dengan standar pekerjaan/kemampuan sebagaimana yang tercantum dalam Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) pada level 9 dan standar Kualifikasi Internasional.

Keunggulan

Program Studi Doktor Ilmu Peternakan telah bergabung dalam asosiasi profesi pada prodi S3 Ilmu Peternakan dan Forum Pimpinan Perguruan Tinggi Peternakan Indonesia (FPPTPI) dan prodi ini telah di akreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan kualifikasi Akreditasi  BAIK SEKALI .

Peminatan

Program studi Doktor Ilmu Peternakan mempunyai 4 peminatan yaitu

  1. Penelitian pada minat produksi ternak mencakup penelitian bidang fisiologi hewan, reproduksi hewan, mikrobiologi hewan, pemuliaan, produksi ternak potong, produksi ternak perah, produksi ternak kambing dan domba, produksi ternak unggas, produksi aneka ternak, Teknologi pencegahan dan pengendalian penyakit.
  2. Penelitian pada Nutrisi dan Pakan Ternak mencakup minat penelitian pada hijauan pakan, nutrisi pakan ruminansia, nutrisi pakan non ruminansia, padang penggembalaan.
  3. Penelitian pada minat sosial ekonomi peternakan mencakup bidang kebijakan Pembangunan peternakan Ekonomi peternakan, sosial ekonomi peternakan, sumber daya peternakan.
  4. Penelitian pada minat Ilmu dan teknologi pengolahan daging, susu, telur dan by produk hasil ternak, mikrobiologi pangan, keamanan pangan, produksi halal.

Melalui program studi S3 Ilmu dan Teknologi Peternakan, mahasiswa dapat menguasai filosofi dan teori untuk membangun konsep peternakan Benua Maritim Indonesia sebagai kompetensi utama, menghasilkan riset dosen dan mahasiswa yang memiliki reputasi internasional yang melibatkan inter-multi-transdisipliner serta bertanggungjawab atas hasil risetnya serta melakukan kegiatan pengabdian yang berbasis riset untuk memecahkan masalah peternakan secara komprehensip.

Pembelajaran

Pembelajaran pada S3 Ilmu Peternakan dilakukan dengan 2 metode yaitu:

  1. Pembelajaran melalui system kuliah yaitu Pembelajaran dengan mengajikan Mata Kuliah Tatap Muka wajib sebanyak 14 SKS dan Mata Kuliah Pilihan sebanyak 6 SKS, Seminar Proposal Penelitian 2 SKS, Penelitian dan seminar hasil penelitian 8 SKS, Seminar Internasional Bereputasi 6 SKS, Publikasi Internasional Bereputasi 12 SKS dan Disertasi dan Ujian akhir 8 SKS.
  2. Pembelajaran melalui system Riset yaitu pembelajaran dengan tidak ada Mata Kuliah Tatap Muka yang disajikan, pembelajaran berfokus pada riset dan publikasi, yaitu dimulai dengan Seminar Proposal 2 SKS, Seminar berkala kemajuan penelitian sebanyak 4 kali masing-masing 1 SKS, Seminar Internasional bereputasi sebanyak 2 kali masing-masing 5 SKS, Publikasi pada Proceeding Internasional bereputasi 6 SKS, Publikasi Jurnal Internasional Bereputasi sebanyak 3 kali masing-masing 12 SKS, penelitian dan seminar hasil penelitian 8 SKS, Tugas akhir dan Ujian akhir Disertasi (8 SKS).

Pembelajaran dilakukan secara Hibrid, berdasar Student Center Learning dengan metode Project Base Leraning (PjBL), dan Problem Base Learning (PBL) dan mengacu pada standar pembelajaran dalam SN-Dikti.

Persyaratan Sekolah:

  • SMA/SEDERAJAT yang mempunyai NISN dan NPSN
  • Mengisi prestasi siswa pada PDSS dengan lengkap & benar
  • SMA/SEDERAJAT yang terakreditasi 

 

Persyaratan Siswa Pendaftar

  • Membayar Biaya Pendaftaran Rp. 200.000,-
  • Siswa yang memiliki Nomor Induk Siswa Nasional dan rekam jejak prestasi akademik di PDSS
  • Siswa SMA/SEDERAJAT yang pernah terlibat dalam kegiatan keorganisasian sebagai Ketua OSIS
  • Memiliki nilai rapor semester 1 s.d 5 dengan masa belajar tiga tahun atau semester 1 s.d 7 dengan masa belajar empat tahun.

 

PROSEDUR PENDAFTARAN  

  1. Buka Laman pendaftaran https://regpmb.unhas.ac.id  
  2. Pilih Jalur Pendaftaran –> Mandiri Ketua OSIS
  3. Masukkan Nomor Handphone (HP)
  4. Masukkan Nama sesuai Ijazah
  5. Clik Daftar/mencetak tagihan pendaftaran
  6. Membayar Biaya pendaftaran Rp.200.000 (dua ratus ribu rupiah) melalui Bank BTN atau Bank Mandiri yang dibuka mulai tanggal 14 Februari 2023 s.d. 15 Maret 2023.
  7. Nomor ID (HP) berfungsi username dan Kode Akses/PIN berfungsi sebagai password yang tercetak pada bukti pembayaran dari bank
  8. Mendaftar online pada laman https://regpmb.unhas.ac.id tanggal 14 Februari 2023 s.d. 15 Maret 2023 pukul 23.59 Wita
  9. Pada laman Form Login: USERNAME masukkan Nomor ID (No. HP yang digunakan pada saat membayar di Bank) dan PASSWORD masukkan Kode Akses yang tertera pada bukti Pembayaran.
  10. Bagi peserta yang telah membayar dan tidak dapat login dengan kode akses dari bank dapat mengirimkan bukti pembayaran ke WA No. : 085343742764, 085343991587. dengan menulis subyek verifikasi KODE AKSES no. HP 08xxxxxxxxx (ketik nomor HP yang digunakan pada saat membayar di Bank).
  11. Pilih Jenjang Pendidikan
  12. Pilih Program Studi
  13. Program studi yang dipilih: dapat memilih semua program studi kecuali Program Studi: Pendidikan Dokter, Psikologi, Kedokteran Hewan dan Pendidikan Dokter Gigi 
  14. Mengisi secara cermat Biodata  
  15. Mengupload berkas:
    • Pas foto terbaru ukuran 4×6 dengan latar belakang warna merah, pakaian tanpa atribut/logo;
    • Kartu Tanda Penduduk (KTP)
    • Kartu Keluarga (KK)
    • Fotokopi rapor SMA/SEDERAJAT (nilai rata-rata minimal 80 dan telah dilegalisir Kepala Sekolah)
    • Fotokopi Surat Keputusan Pengangkatan sebagai Ketua OSIS yang disahkan oleh Kepala Sekolah
    • Biodata dan kegiatan selama menjadi ketua OSIS yang diketahui oleh kepala sekolah (melampirkan sertifikat/piagam penghargaan) disatukan dalam satu file pdf
    • Essay  maksimal 800 kata tentang Generasi Muda Membangun Negeri (Font Times New Roman 12 spasi 1,5)
  16. Mencetak Formulir
  17. Pencetakan Kartu Ujian dilakukan setelah verifikasi berkas dan dinyatakan valid oleh Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru tanggal 17 Maret 2023;
  18. Membaca dengan cermat informasi dalam Kartu Ujian tentang hari, tanggal, waktu, dan materi ujian seleksi;
  19. Bagi peserta yang telah membayar biaya pendaftaran namun tidak melakukan pendaftaran secara Online sesuai jadwal, maka dinyatakan gugur dan biaya pendaftaran tidak dapat dikembalikan.

Jalur JNS UTBK adalah salah satu jalur seleksi mandiri yang diselenggarakan oleh Universitas Hasanuddin untuk menjaring calon mahasiswa yang mempunyai prestasi akademik disamping kemampuan finansial. Penilaian terhadap peserta jalur JNS UTBK dilakukan berdasarkan skor nilai UTBK-SNBT dan satu nilai materi ujian yang diselenggarakan oleh Universitas Hasanuddin.

Persyaratan

  • Terdaftar sebagai peserta ujian UTBK-SNBT dan memilih salah satu program studi di Universitas Hasanuddin (lihat kartu peserta UTBK-SNBT )
  • Bagi peserta yang telah dinyatakan lulus pada Jalur SNBP atau Jalur SNBT di Universitas Hasanuddin tidak diperkenankan lagi mendaftar JNS UTBK.

 

Pilihan Program Studi

  • Terbuka untuk semua program studi, peserta dapat memilih 2 (dua) program studi.

 

PROSEDUR PENDAFTARAN

  • Laman pendaftaran https://regpmb.unhas.ac.id
  • Pada menu Pendaftaran Camaba/Verifikasi Data
  • Klik Jalur Penerimaan, pilih Mandiri JNS UTBK
  • Masukkan Nomor Peserta UTBK-SNBT
  • Masukkan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN)
  • Masukkan Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN)
  • Klik tombol Daftar
  • Melakukan Pembayaran biaya pendaftaran melalui bank yang ditunjuk
  • Nomor peserta UTBK-SNBT 2023 berfungsi username dan Kode Akses/PIN berfungsi sebagai password yang tercetak pada bukti pembayaran dari bank atau masukkan tanggal lahir (dua digit) bulan lahir (dua digit) tahun lahir (empat digit), Contoh jika tanggal lahir 1 April 2005, maka password: 01042005
  • Mengisi formulir online pada laman https://regpmb.unhas.ac.id
  • pada laman Form Login Pendaftaran Camaba: username masukkan Nomor peserta UTBK-SNBT dan password masukkan Kode Akses yang tertera pada bukti Pembayaran
  • Bagi peserta yang telah membayar dan tidak dapat login dengan kode akses dari bank dapat menghubungi no Helpdesk (082194165656 dan 085343991587).
  • Pilih Jenjang Pendidikan
  • Pilih Program Studi
  • Mengisi Biodata secara cermat
  • Pastikan nomor WA yang diisi pada Biodata adalah benar dan aktif (nomor ini akan digunakan Panitia menghubungi peserta untuk bergabung dalam Room Ujian)
  • Mengupload kelengkapan berkas berupa:
    • Scan Pas Foto terbaru latar belakang warna biru dengan pakaian rapih, warna putih, dan tanpa atribut (logo/lambang)
    • Scan Kartu Tanda Penduduk (KTP)
    • Scan Kartu Keluarga (KK)
    • Scan Ijazah
    • Scan Bukti Pembayaran Biaya Pendaftaran
  • Mencetak Formulir
  • Verifikasi Berkas oleh Panitia
  • Materi Ujian: Tes Kepribadian, wawancara
  • Mencetak berwarna kartu ujian pada kertas A4 dengan mengklik menu Hasil Validasi
  • Sosialisasi koneksi jaringan
  • Pelaksanaan Ujian
  • Jadwal ujian secara detail tertera di kartu Ujian
  • Pengumuman
  • Registrasi Ulang/Pembayaran UKT Semester 1 mulai

Pelaksanaan Ujian

Ujian akan dilaksanakan secara Online dengan ketentuan sbb:

  • Peserta mencetak kartu ujian sesuai jadwal pencetakan kartu ujian
  • Peserta menyiapkan Komputer/Laptop yang system operasinya (OS) Microsoft Windows untuk mengerjakan soal
  • HP Peserta terhubung dengan aplikasi Zoom.
  • Posisi Kamera HP Peserta diarahkan ke Monitor Komputer dan Peserta
  • Pastikan Akses Internet Bagus di tempat masing-masing
  • Login dengan akun masing-masing pada laman https://regpmb.unhas.ac.id
  • Peserta sudah siap 1 jam sebelum Ujian dimulai
  • Waktu yang digunakan adalah Waktu Indonesia Tengah (WITA)
  • Monitoring/Absensi Peserta Ujian melalui Zoom (wajib mengaktifkan Audio dan Kamera HP selama ujian berlangsung)
  • ID dan Password Zoom akan diberikan sebelum ujian dimulai
  • Sosialisasi koneksi jaringan akan dilakukan satu hari sebelum pelaksanaan ujian dan wajib diikuti oleh seluruh peserta.
  • Pengawas Ujian akan menghubungi peserta untuk bergabung dalam WA Grup “Room Ujian” sebelum pelaksanaan sosialisasi koneksi jaringan,
  • Hubungi helpdesk jika peserta belum dimasukkan dalam WA Grup “Room Ujian”.

Jalur JNS Non UTBK adalah salah satu jalur seleksi mandiri yang diselenggarakan oleh Universitas Hasanuddin untuk menjaring calon mahasiswa yang mempunyai prestasi akademik disamping kemampuan finansial.  Penilaian terhadap peserta jalur JNS Non UTBK dilakukan berdasarkan Nilai Ujian yang diselenggarakan oleh Universitas Hasanuddin (tanpa memperhitungkan Nilai UTBK). 

Persyaratan

  • Calon peserta adalah lulusan SMA atau yang sederajat dalam tiga tahun terakhir 
  • Bagi peserta yang telah dinyatakan lulus pada Jalur SNBP atau Jalur SNBT di Universitas Hasanuddin tidak diperkenankan lagi mendaftar JNS Non UTBK.

Pilihan Program Studi  

  • Terbuka untuk semua program studi, peserta dapat memilih 2 (dua) program studi. 

PROSEDUR PENDAFTARAN

  • Laman pendaftaran https://regpmb.unhas.ac.id 
  • Pada menu Pendaftaran Camaba/Verifikasi Data
  • Klik Jalur Penerimaan, pilih Mandiri JNS Non UTBK
  • Masukkan Nomor HP/WA peserta
  • Masukkan Nama Peserta sesuai di ijazah
  • Klik tombol Daftar
  • Melakukan Pembayaran biaya pendaftaran  melalui bank yang ditunjuk
  • Nomor HP/WA berfungsi username dan Kode Akses/PIN berfungsi sebagai password yang tercetak pada bukti pembayaran
  • Mengisi formulir online pada laman https://regpmb.unhas.ac.id 
  • pada laman Form Login Pendaftaran Camaba: username masukkan Nomor peserta HP/WA dan password masukkan Kode Akses yang tertera pada bukti Pembayaran
  • Bagi peserta yang telah membayar dan tidak dapat login dengan kode akses dari bank dapat menghubungi no Helpdesk (082194165656 dan 085343991587).
  • Pilih Jenjang Pendidikan
  • Pilih Program Studi
  • Mengisi Biodata secara cermat
  • Pastikan nomor WA yang diisi pada Biodata adalah benar dan aktif (nomor ini akan digunakan Panitia menghubungi peserta untuk bergabung dalam Room Ujian)
  • Mengupload kelengkapan berkas berupa:
    • Scan Pas Foto terbaru latar belakang warna biru dengan pakaian rapih, warna putih, dan tanpa atribut (logo/lambang)
    • Scan Kartu Tanda Penduduk (KTP)
    • Scan Kartu Keluarga (KK)  
    • Scan Ijazah 
    • Scan Bukti Pembayaran Biaya Pendaftaran
  • Mencetak Formulir
  • Verifikasi Berkas oleh Panitia
  • Materi Ujian: Tes Potensi Akademik, Tes Kepribadian, dan wawancara 
  • Mencetak berwarna kartu ujian pada kertas A4 dengan mengklik menu Hasil Validasi 
  • Sosialisasi koneksi jaringan
  • Pelaksanaan Ujian 
  • Jadwal ujian secara detail tertera di kartu Ujian
  • Pengumuman 
  • Registrasi Ulang/Pembayaran UKT Semester 1 mulai tanggal 

Pelaksanaan Ujian

Ujian akan dilaksanakan secara Online dengan ketentuan sbb:

  1. Peserta mencetak kartu ujian sesuai jadwal pencetakan kartu ujian
  2. Peserta menyiapkan Komputer/Laptop yang system operasinya (OS) Microsoft Windows untuk mengerjakan soal
  3. HP Peserta terhubung dengan aplikasi Zoom.
  4. Posisi Kamera HP Peserta diarahkan ke Monitor Komputer dan Peserta  
  5. Pastikan Akses Internet Bagus di tempat masing-masing
  6. Login dengan akun masing-masing pada laman https://regpmb.unhas.ac.id
  7. Peserta sudah siap 1 jam sebelum Ujian dimulai
  8. Waktu yang digunakan adalah Waktu Indonesia Tengah (WITA)
  9. Monitoring/Absensi Peserta Ujian melalui Zoom (wajib mengaktifkan Audio dan Kamera HP selama ujian berlangsung) 
  10. ID dan Password Zoom akan diberikan sebelum ujian dimulai
  11. Sosialisasi koneksi jaringan akan dilakukan satu hari sebelum pelaksanaan ujian dan wajib diikuti oleh seluruh peserta.
  12. Pengawas Ujian akan menghubungi peserta untuk bergabung dalam WA Grup “Room Ujian” sebelum pelaksanaan sosialisasi koneksi jaringan,
  13. Hubungi helpdesk jika peserta belum dimasukkan dalam WA Grup “Room Ujian”.
Skip to content