Fakultas Hukum

Magister Kenotariatan

Program Studi Magister Kenotariatan adalah salah satu program studi di Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin yang berfokus pada studi tentang aspek hukum yang terkait dengan penguasaan ilmu kenotariatan dan profesi notaris serta Pejabat Pembuat Akta Tanah. Program ini bertujuan untuk mempersiapkan, mengembangkan, dan meningkatkan penguasaan ilmu tentang teori dan substansi hukum, guna memperkuat keterampilan dan kompetensi profesionalisme dalam bidang hukum, notaris, dan advokasi, yang merupakan kebutuhan masyarakat saat ini.

Karir

Lulusan Program Studi Magister Kenotariatan diarahkan untuk meniti karier dalam berbagai profesi yang relevan, seperti Notaris, PPAT (Pejabat Pembuat Akta Tanah), Pejabat Lelang, Akademisi, Lawyer, Legal Officer, Advokat, Konsultan Hukum, Peneliti, dan aktivis di bidang hukum.

Keunggulan

Program Studi Magister Kenotariatan di Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin telah berhasil meraih akreditasi "Baik" dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Program ini menghasilkan lulusan yang kompeten dan profesional dalam berbagai profesi, seperti Akademisi, Peneliti hukum, Notaris/Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT), Pejabat Lelang, Lawyer, Advokat, Konsultan hukum, dan Pejabat/Staf/aparatur hukum. Gelar pendidikan yang diberikan oleh program ini adalah Magister Kenotariatan (M.Kn.).

Keunggulan Program Studi Magister Kenotariatan terletak pada sistem pembelajaran yang menggabungkan penguasaan teori dan ilmu hukum dengan kemampuan praktis, didukung oleh pengajar yang merupakan pakar dan praktisi handal di bidang hukum.

Peminatan

1. Penunjang Keahlian Kenotariatan (Notary Expertise Supporting Courses) diperoleh melalui beberapa mata kuliah wajib yang mendukung mata kuliah inti dalam pendidikan hukum kenotariatan di Indonesia. Mata kuliah tersebut meliputi Hukum Kekeluargaan dan Harta Perkawinan, Hukum Perikatan dan Jaminan, Hukum Perusahaan dan Kepailitan, Pendaftaran dan Peralihan Hak Atas Tanah, serta PJN, Kode Etik, & Praktik Kenotariatan.

2. Keahlian Kenotariatan (Notary Expertise Courses) diperoleh melalui beberapa mata kuliah wajib yang merupakan inti dari pendidikan hukum kenotariatan di Indonesia. Mata kuliah tersebut mencakup Teknik Pembuatan Akta 1 (Pemisahan dan Pembagian Harta Peninggalan), Teknik Pembuatan Akta 2 (Perjanjian Pada Umumnya), Teknik Pembuatan Akta 3 (Badan Hukum dan Badan Usaha), dan Akta Tanah.

Pembelajaran

Kurikulum Program Studi Magister Kenotariatan di Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin memiliki total beban 49 SKS, yang terdiri dari 45 SKS mata kuliah wajib dan 4 SKS mata kuliah pilihan. Mata kuliah ini direncanakan selama 3 semester tatap muka, dengan perkuliahan yang dapat diselesaikan dalam waktu kurang dari 4 semester.

Metode perkuliahan melibatkan kuliah/ceramah, diskusi, presentasi tugas makalah kelompok, serta tugas-tugas makalah individu (mandiri), dan pemagangan yang dilakukan secara hybrid. Mata kuliah yang menuntut kemampuan keterampilan, seperti Mata Kuliah AKTA, Praktik Kenotariatan, dan Mata Kuliah Hukum Waris, lebih banyak ditekankan dalam bentuk dialog dan tugas-tugas latihan di dalam kelas maupun di rumah, dengan dukungan sarana dan fasilitas IT yang memadai.

Simulasi pembelajaran pada semester I bertujuan untuk memperoleh penguasaan pengetahuan dasar Ilmu dan teori Hukum serta Ilmu Kenotariatan. Semester II fokus pada pengetahuan dasar Ilmu Kenotariatan lanjutan dan keterampilan kenotariatan, sedangkan Semester III lebih menekankan pada pengembangan keahlian dan keterampilan dalam ilmu kenotariatan.

Strategi pengajaran mengutamakan pembelajaran berpusat pada siswa (student-centered learning) dengan tujuan meningkatkan keterlibatan siswa dalam berpikir kritis dan pemecahan masalah. Penilaian hasil belajar didasarkan pada pemenuhan Hasil Belajar yang Diharapkan dengan berbagai metode penilaian, termasuk penugasan, ujian, diskusi kelas, presentasi individu atau kelompok, dan kuis.

Persyaratan Sekolah:

  • SMA/SEDERAJAT yang mempunyai NISN dan NPSN
  • Mengisi prestasi siswa pada PDSS dengan lengkap & benar
  • SMA/SEDERAJAT yang terakreditasi 

Persyaratan Siswa Pendaftar

  • Membayar Biaya Pendaftaran Rp. 200.000,-
  • Siswa yang memiliki Nomor Induk Siswa Nasional dan rekam jejak prestasi akademik di PDSS
  • Siswa SMA/SEDERAJAT yang pernah terlibat dalam kegiatan keorganisasian sebagai Ketua OSIS
  • Memiliki nilai rapor semester 1 s.d 5 dengan masa belajar tiga tahun atau semester 1 s.d 7 dengan masa belajar empat tahun.

PROSEDUR PENDAFTARAN  

  1. Buka Laman pendaftaran https://regpmb.unhas.ac.id  
  2. Pilih Jalur Pendaftaran –> Mandiri Ketua OSIS
  3. Masukkan Nomor Handphone (HP)
  4. Masukkan Nama sesuai Ijazah
  5. Clik Daftar/mencetak tagihan pendaftaran
  6. Membayar Biaya pendaftaran Rp.200.000 (dua ratus ribu rupiah) melalui Bank BTN atau Bank Mandiri yang dibuka mulai tanggal 14 Februari 2023 s.d. 15 Maret 2023.
  7. Nomor ID (HP) berfungsi username dan Kode Akses/PIN berfungsi sebagai password yang tercetak pada bukti pembayaran dari bank
  8. Mendaftar online pada laman https://regpmb.unhas.ac.id tanggal 14 Februari 2023 s.d. 15 Maret 2023 pukul 23.59 Wita
  9. Pada laman Form Login: USERNAME masukkan Nomor ID (No. HP yang digunakan pada saat membayar di Bank) dan PASSWORD masukkan Kode Akses yang tertera pada bukti Pembayaran.
  10. Bagi peserta yang telah membayar dan tidak dapat login dengan kode akses dari bank dapat mengirimkan bukti pembayaran ke WA No. : 085343742764, 085343991587. dengan menulis subyek verifikasi KODE AKSES no. HP 08xxxxxxxxx (ketik nomor HP yang digunakan pada saat membayar di Bank).
  11. Pilih Jenjang Pendidikan
  12. Pilih Program Studi
  13. Program studi yang dipilih: dapat memilih semua program studi kecuali Program Studi: Pendidikan Dokter, Psikologi, Kedokteran Hewan dan Pendidikan Dokter Gigi 
  14. Mengisi secara cermat Biodata  
  15. Mengupload berkas:
    • Pas foto terbaru ukuran 4×6 dengan latar belakang warna merah, pakaian tanpa atribut/logo;
    • Kartu Tanda Penduduk (KTP)
    • Kartu Keluarga (KK)
    • Fotokopi rapor SMA/SEDERAJAT (nilai rata-rata minimal 80 dan telah dilegalisir Kepala Sekolah)
    • Fotokopi Surat Keputusan Pengangkatan sebagai Ketua OSIS yang disahkan oleh Kepala Sekolah
    • Biodata dan kegiatan selama menjadi ketua OSIS yang diketahui oleh kepala sekolah (melampirkan sertifikat/piagam penghargaan) disatukan dalam satu file pdf
    • Essay  maksimal 800 kata tentang Generasi Muda Membangun Negeri (Font Times New Roman 12 spasi 1,5)
  16. Mencetak Formulir
  17. Pencetakan Kartu Ujian dilakukan setelah verifikasi berkas dan dinyatakan valid oleh Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru tanggal 17 Maret 2023;
  18. Membaca dengan cermat informasi dalam Kartu Ujian tentang hari, tanggal, waktu, dan materi ujian seleksi;
  19. Bagi peserta yang telah membayar biaya pendaftaran namun tidak melakukan pendaftaran secara Online sesuai jadwal, maka dinyatakan gugur dan biaya pendaftaran tidak dapat dikembalikan.

Jalur JNS UTBK adalah salah satu jalur seleksi mandiri yang diselenggarakan oleh Universitas Hasanuddin untuk menjaring calon mahasiswa yang mempunyai prestasi akademik disamping kemampuan finansial. Penilaian terhadap peserta jalur JNS UTBK dilakukan berdasarkan skor nilai UTBK-SNBT dan satu nilai materi ujian yang diselenggarakan oleh Universitas Hasanuddin.

Persyaratan

  • Terdaftar sebagai peserta ujian UTBK-SNBT dan memilih salah satu program studi di Universitas Hasanuddin (lihat kartu peserta UTBK-SNBT )
  • Bagi peserta yang telah dinyatakan lulus pada Jalur SNBP atau Jalur SNBT di Universitas Hasanuddin tidak diperkenankan lagi mendaftar JNS UTBK.

Pilihan Program Studi

  • Terbuka untuk semua program studi, peserta dapat memilih 2 (dua) program studi.

PROSEDUR PENDAFTARAN

  • Laman pendaftaran https://regpmb.unhas.ac.id
  • Pada menu Pendaftaran Camaba/Verifikasi Data
  • Klik Jalur Penerimaan, pilih Mandiri JNS UTBK
  • Masukkan Nomor Peserta UTBK-SNBT
  • Masukkan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN)
  • Masukkan Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN)
  • Klik tombol Daftar
  • Melakukan Pembayaran biaya pendaftaran melalui bank yang ditunjuk
  • Nomor peserta UTBK-SNBT 2023 berfungsi username dan Kode Akses/PIN berfungsi sebagai password yang tercetak pada bukti pembayaran dari bank atau masukkan tanggal lahir (dua digit) bulan lahir (dua digit) tahun lahir (empat digit), Contoh jika tanggal lahir 1 April 2005, maka password: 01042005
  • Mengisi formulir online pada laman https://regpmb.unhas.ac.id
  • pada laman Form Login Pendaftaran Camaba: username masukkan Nomor peserta UTBK-SNBT dan password masukkan Kode Akses yang tertera pada bukti Pembayaran
  • Bagi peserta yang telah membayar dan tidak dapat login dengan kode akses dari bank dapat menghubungi no Helpdesk (082194165656 dan 085343991587).
  • Pilih Jenjang Pendidikan
  • Pilih Program Studi
  • Mengisi Biodata secara cermat
  • Pastikan nomor WA yang diisi pada Biodata adalah benar dan aktif (nomor ini akan digunakan Panitia menghubungi peserta untuk bergabung dalam Room Ujian)
  • Mengupload kelengkapan berkas berupa:
    • Scan Pas Foto terbaru latar belakang warna biru dengan pakaian rapih, warna putih, dan tanpa atribut (logo/lambang)
    • Scan Kartu Tanda Penduduk (KTP)
    • Scan Kartu Keluarga (KK)
    • Scan Ijazah
    • Scan Bukti Pembayaran Biaya Pendaftaran
  • Mencetak Formulir
  • Verifikasi Berkas oleh Panitia
  • Materi Ujian: Tes Kepribadian, wawancara
  • Mencetak berwarna kartu ujian pada kertas A4 dengan mengklik menu Hasil Validasi
  • Sosialisasi koneksi jaringan
  • Pelaksanaan Ujian
  • Jadwal ujian secara detail tertera di kartu Ujian
  • Pengumuman
  • Registrasi Ulang/Pembayaran UKT Semester 1 mulai

Pelaksanaan Ujian

Ujian akan dilaksanakan secara Online dengan ketentuan sbb:

  • Peserta mencetak kartu ujian sesuai jadwal pencetakan kartu ujian
  • Peserta menyiapkan Komputer/Laptop yang system operasinya (OS) Microsoft Windows untuk mengerjakan soal
  • HP Peserta terhubung dengan aplikasi Zoom.
  • Posisi Kamera HP Peserta diarahkan ke Monitor Komputer dan Peserta
  • Pastikan Akses Internet Bagus di tempat masing-masing
  • Login dengan akun masing-masing pada laman https://regpmb.unhas.ac.id
  • Peserta sudah siap 1 jam sebelum Ujian dimulai
  • Waktu yang digunakan adalah Waktu Indonesia Tengah (WITA)
  • Monitoring/Absensi Peserta Ujian melalui Zoom (wajib mengaktifkan Audio dan Kamera HP selama ujian berlangsung)
  • ID dan Password Zoom akan diberikan sebelum ujian dimulai
  • Sosialisasi koneksi jaringan akan dilakukan satu hari sebelum pelaksanaan ujian dan wajib diikuti oleh seluruh peserta.
  • Pengawas Ujian akan menghubungi peserta untuk bergabung dalam WA Grup “Room Ujian” sebelum pelaksanaan sosialisasi koneksi jaringan,
  • Hubungi helpdesk jika peserta belum dimasukkan dalam WA Grup “Room Ujian”.

Jalur JNS Non UTBK adalah salah satu jalur seleksi mandiri yang diselenggarakan oleh Universitas Hasanuddin untuk menjaring calon mahasiswa yang mempunyai prestasi akademik disamping kemampuan finansial.  Penilaian terhadap peserta jalur JNS Non UTBK dilakukan berdasarkan Nilai Ujian yang diselenggarakan oleh Universitas Hasanuddin (tanpa memperhitungkan Nilai UTBK). 

Persyaratan

  • Calon peserta adalah lulusan SMA atau yang sederajat dalam tiga tahun terakhir 
  • Bagi peserta yang telah dinyatakan lulus pada Jalur SNBP atau Jalur SNBT di Universitas Hasanuddin tidak diperkenankan lagi mendaftar JNS Non UTBK.

Pilihan Program Studi  

  • Terbuka untuk semua program studi, peserta dapat memilih 2 (dua) program studi. 

PROSEDUR PENDAFTARAN

  • Laman pendaftaran https://regpmb.unhas.ac.id 
  • Pada menu Pendaftaran Camaba/Verifikasi Data
  • Klik Jalur Penerimaan, pilih Mandiri JNS Non UTBK
  • Masukkan Nomor HP/WA peserta
  • Masukkan Nama Peserta sesuai di ijazah
  • Klik tombol Daftar
  • Melakukan Pembayaran biaya pendaftaran  melalui bank yang ditunjuk
  • Nomor HP/WA berfungsi username dan Kode Akses/PIN berfungsi sebagai password yang tercetak pada bukti pembayaran
  • Mengisi formulir online pada laman https://regpmb.unhas.ac.id 
  • pada laman Form Login Pendaftaran Camaba: username masukkan Nomor peserta HP/WA dan password masukkan Kode Akses yang tertera pada bukti Pembayaran
  • Bagi peserta yang telah membayar dan tidak dapat login dengan kode akses dari bank dapat menghubungi no Helpdesk (082194165656 dan 085343991587).
  • Pilih Jenjang Pendidikan
  • Pilih Program Studi
  • Mengisi Biodata secara cermat
  • Pastikan nomor WA yang diisi pada Biodata adalah benar dan aktif (nomor ini akan digunakan Panitia menghubungi peserta untuk bergabung dalam Room Ujian)
  • Mengupload kelengkapan berkas berupa:
    • Scan Pas Foto terbaru latar belakang warna biru dengan pakaian rapih, warna putih, dan tanpa atribut (logo/lambang)
    • Scan Kartu Tanda Penduduk (KTP)
    • Scan Kartu Keluarga (KK)  
    • Scan Ijazah 
    • Scan Bukti Pembayaran Biaya Pendaftaran
  • Mencetak Formulir
  • Verifikasi Berkas oleh Panitia
  • Materi Ujian: Tes Potensi Akademik, Tes Kepribadian, dan wawancara 
  • Mencetak berwarna kartu ujian pada kertas A4 dengan mengklik menu Hasil Validasi 
  • Sosialisasi koneksi jaringan
  • Pelaksanaan Ujian 
  • Jadwal ujian secara detail tertera di kartu Ujian
  • Pengumuman 
  • Registrasi Ulang/Pembayaran UKT Semester 1 mulai tanggal 

Pelaksanaan Ujian

Ujian akan dilaksanakan secara Online dengan ketentuan sbb:

  1. Peserta mencetak kartu ujian sesuai jadwal pencetakan kartu ujian
  2. Peserta menyiapkan Komputer/Laptop yang system operasinya (OS) Microsoft Windows untuk mengerjakan soal
  3. HP Peserta terhubung dengan aplikasi Zoom.
  4. Posisi Kamera HP Peserta diarahkan ke Monitor Komputer dan Peserta  
  5. Pastikan Akses Internet Bagus di tempat masing-masing
  6. Login dengan akun masing-masing pada laman https://regpmb.unhas.ac.id
  7. Peserta sudah siap 1 jam sebelum Ujian dimulai
  8. Waktu yang digunakan adalah Waktu Indonesia Tengah (WITA)
  9. Monitoring/Absensi Peserta Ujian melalui Zoom (wajib mengaktifkan Audio dan Kamera HP selama ujian berlangsung) 
  10. ID dan Password Zoom akan diberikan sebelum ujian dimulai
  11. Sosialisasi koneksi jaringan akan dilakukan satu hari sebelum pelaksanaan ujian dan wajib diikuti oleh seluruh peserta.
  12. Pengawas Ujian akan menghubungi peserta untuk bergabung dalam WA Grup “Room Ujian” sebelum pelaksanaan sosialisasi koneksi jaringan,
  13. Hubungi helpdesk jika peserta belum dimasukkan dalam WA Grup “Room Ujian”.
Skip to content