Dalam rangka meningkatkan komunikasi publik, Universitas Hasanuddin melakukan pembenahan dalam tata kelola akun sosial media, yang terfokus pada tiga platform, yaitu Twitter, Facebook, dan Instagram.
Hari ini, Rabu (11/3), admin sosial media Unhas mengkonfirmasikan bahwa ketiga akun sosial media Unhas memperoleh status verified atau bertanda centang biru. Hal itu sebagaimana terlihat pada tiga akun sosial media Unhas pada platform yang berbeda, yaitu:
Twitter: @hasanuddin_univ
Instagram: @hasanuddin_univ
Facebook: Universitas Hasanuddin (fb.me/hasanuddin.university)
Direktur Komunikasi Unhas, Suharman Hamzah, Ph.D, menyambut gembira status verified tersebut. Dengan peroleh tanda centang biru, diharapkan akan meningkatkan kepercayaan publik terhadap informasi yang disampaikan.
“Tentu ini menjadi suatu tantangan tersendiri, dimana kami akan semakin hati-hati dan teliti dalam memposting sesuatu informasi melalui sosial media. Kami perlu memastikan validitas dan reliabilitas informasi yang disampaikan melalui sosial media ini,” kata Suharman.
Upaya untuk mencapai status ini juga tidak singkat. Admin sosial media dan tim Humas Unhas intens berkomunikasi dengan pihak Facebook dan Twitter, dengan dukungan dari rekan-rekan di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Setiap platform sosial media mengajukan persyaratan khusus untuk memperoleh status verified.
Beberapa persyaratan misalnya, harus menggunakan logo institusi, menggunakan alamat email dengan domain institusi, dan mencantumkan alamat institusi yang jelas. Selain itu, faktor postingan juga menjadi bagian yang dipertimbangkan.
“Alhamdulillah, kami berhasil memenuhi semua kriteria tersebut. Saya mengucapkan selamat kepada tim admin sosial media Unhas. Mudah-mudahan dengan status verified ini bisa menambah motivasi untuk memberi informasi yang bermanfaat bagi publik, khususnya bagi sivitas akademika Unhas,” kata Suharman.(*)
Editor : Ishaq Rahman, AMIPR