Laboratorium Biofarmasi & Farmakologi – Toksikologi Mengadakan PKM di SMK Kesehatan YAPI Watampone

Prof. Dr. rer. nat. Marianti A. Manggau bertukar cendera mata dengan Kepala SMK Kesehatan YAPI Watampone, Yadi Ruhiyat, SE., M.Si. (28/5)

Prof. Dr. rer. nat. Marianti A. Manggau bertukar cendera mata dengan Kepala SMK Kesehatan YAPI Watampone, Yadi Ruhiyat, SE., M.Si. (28/5)

Dalam rangka implementasi pilar Tri Dharma Perguruan Tinggi, staf dosen dan asisten Laboratorium Biofarmasi dan Farmakologi – Toksikologi, Fakultas Farmasi Universitas Hasanuddin (FF UH) menyelenggarakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). Kali ini, kegiatan diadakan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kesehatan YAPI Watampone pada tanggal 28 Mei 2016.

Rombongan dipimpin oleh Kepala Laboratorium Biofarmasi, Prof. Dr. rer. nat. Marianti A. Manggau, Apt. Staf dosen yang terlibat dalam kegiatan ini adalah Usmar, Sukamto Mamada, Muh. Nur Amir, Nur Indah Yanti dan Firzan Nainu. Beberapa orang asisten laboratorium juga ikut berpartisipasi aktif.

Setelah rombongan tiba di lokasi kegiatan, Kepala SMK Kesehatan YAPI Watampone, Yadi Ruhiyat, SE., M.Si., langsung melakukan acara penyambutan. Dalam sambutannya, beliau menyatakan kebanggaannya karena sekolahnya dikunjungi oleh fakultas ternama di Indonesia Timur. Selain itu, beliau berpesan kepada para siswa untuk mengambil hal positif dan motivasi agar terus belajar dan meraih cita-cita untuk bergabung di Universitas Hasanuddin. “Semoga kunjungan ini dapat memotivasi kita menimba ilmu di universitas ternama di Indonesia Timur,” tukas pria berdarah Sunda ini.

Adapun sambutan dari rombongan Laboratorium Biofarmasi dan Farmakologi – Toksikologi langsung disampaikan oleh Prof. Dr. rer. nat. Marianti A. Manggau, Apt. Di awal sambutannya, mantan wakil dekan II FF UH ini menyampaikan ucapan terima kasih atas sambutan hangat dari pihak SMK Kesehatan YAPI Watampone. Beliau melanjutkan sambutannya mengenai tujuan kedatangan ini. “Dalam kegiatan ini, kami akan mengenalkan tentang laboratorium-laboratorium yang ada di Fakultas Farmasi. Selain itu, kami juga akan mengadakan penyuluhan tentang DAGUSIBU Obat dan Bahan Alam untuk Anti Jerawat.” jelasnya. Secara singkat, wanita yang menyelesaikan pendidikan doktornya di Jerman ini mulai menjelaskan beberapa laboratorium yang ada di Fakultas Farmasi Unhas.

Setelah acara penyambutan, kegiatan PKM dilanjutkan dengan pemberian materi DAGUSIBU Obat (Cara Mendapatkan, Menggunakan, Menyimpan dan Membuang Obat secara Benar). Materi ini dibawakan oleh Usmar, S.Si., M.Si., Apt. Dalam penyampaiannya, Usmar menyebutkan bahwa banyak sekali kasus penyalahgunaan obat yang terjadi di masyarakat karena ketidaktahuan masyarakat terhadap aspek DAGUSIBU Obat. Secara sistematis, pria Bone ini menjelaskan setiap aspek dari DAGUSIBU Obat yang disertai dengan contoh-contoh aplikatif di masyarakat.

Materi selanjutnya adalah Penyuluhan tentang Penggunaan Bahan Alam sebagai Anti Jerawat. Materi ini dibawakan langsung oleh Prof. Dr. rer. nat. Marianti A. Manggau, Apt. Antusiasme peserta yang sebagian besarnya adalah para remaja yang sangat rentan terkena jerawat begitu tinggi terhadap materi. Banyak pertanyaan yang dilontarkan oleh peserta kegiatan yang secara lugas dijawab oleh beliau. Untuk meningkatkan atensi, Prof. Marianti juga menyiapkan 3 buah doorprize berupa formula anti jerawatnya yang akan dibagikan kepada peserta yang mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukannya.

Kegiatan PKM selesai pada pukul 12.30 Wita yang ditandai pemberian cenderamata dari ke-2 belah pihak. Sebelum penutupan, sesi foto bersama dilakukan sebagai kenang-kenangan (chm).

Fakultas Farmasi Unhas Usulkan 10 Judul Penelitian Hibah BMIS

Universitas Hasanuddin (Unhas) melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) mengeluarkan hibah penelitian yang diberi nama Riset Unggulan berbasis Benua Maritim Indonesia Spesifik (BMIS). Dalam panduan BMIS tertulis bahwa salah satu tujuan adanya hibah BMIS ini adalah untuk meningkatkan minat, partisipasi dan kemampuan dosen Unhas dalam bidang riset. Selain itu, hibah ini juga ditujukan untuk membangun atmosfer dan budaya riset yang berorientasi kualitas menuju universitas berbasis riset, khususnya BMI spesifik.

Adapun besaran dana yang dipersiapkan oleh LP2M sebagai lembaga pengelola riset Unhas dalam skema hibah ini berada pada kisaran 50 – 75 juta rupiah per judul penelitian yang disetujui. Proposal dapat diajukan oleh peneliti dari semua fakultas maupun lembaga yang berada dalam lingkup Unhas yang telah memenuhi persyaratan. (more…)

Fakultas Farmasi Rampungkan Proposal BOPTN 2016

Tim PKPS BOPTN Fakultas Farmasi Unhas berdiskusi untuk merampungkan program kegiatan yang akan diusulkan ke dalam skema pembiayaan BOPTN (2/5).

Tim PKPS BOPTN Fakultas Farmasi Unhas berdiskusi untuk merampungkan program kegiatan yang akan diusulkan ke dalam skema pembiayaan BOPTN (2/5).

Sebanyak 7 kegiatan menjadi core program yang direncanakan akan diusulkan dalam Pengembangan Kapasitas Program Studi (PKPS) Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN) telah dirampungkan. Setelah melalui beberapa tahapan diskusi dan dengar pendapat, Fakultas Farmasi akhirnya menyetujui 7 program kegiatan yang terbagi atas 3 kegiatan pengembangan fakultas dan 4 kegiatan pengembangan program studi. (more…)

BEM Kemafar Unhas Selenggarakan PRESCRITION

Dibuka oleh staf Biro Kemahasiswaan Unhas, Awaluddin, pada Jum’at, 29 April 2016, kegiatan PRESCRIPTION secara resmi dilangsungkan. Kegiatan yang berlangsung selama 3 hari ini merupakan agenda rutin tahunan BEM Kemafar Unhas.

Kegiatan yang bersifat nasional ini akan menyelenggarakan beberapa event kompetisi baik di tingkat Sekolah Menengah Atas/sederajat maupun tingkat universitas. Event-event tersebut adalah Lomba Karya Tulis Mahasiswa (LKTM), Lomba Karya Tulis Siswa (LKTS), Cerdas-Cermat tingkat SMA dan Patient Counselling Event (PCE) tingkat universitas.

Menurut informasi yang diterima, jumlah peserta dan pembimbing yang mengikuti PRESCRIPTION tahun ini tidak kurang 150 orang. Ini adalah sebuah pencapaian yang cukup baik. Beberapa universitas yang ikut berpartisipasi antara lain Universitas Hasanuddin (UNHAS), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Indonesia (UI), Universitas Brawijaya (UNIBRAW), Universitas Andalas (UNAND), UIN Alauddin dan lain-lain.

Untuk tingkat SMA, maka peserta kali ini mencakup SMA yang tersebar di Provinsi Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat. SMAN 17 Makassar, SMAN2 Tinggi Moncong, SMA Katholik Rajawali Makassar, SMAN 1 Polewali Mandar, SMAN 1 Palopo, SMAN 1 Watansoppeng, SMAN 2 Sengkang, SMAN 3 Sengkang, SMK Yamasi dan SMAN 2 Pangkep (chm).

SBMPTN, Unhas Liburkan Aktivitas Kampus

Ujian Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yang akan dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 31 Mei 2016 membuat Universitas Hasanuddin harus mempersiapkan diri sebaik mungkin. Menyikapi hal ini, Rektor Universitas Hasanuddin telah mengeluarkan Surat Edaran pada tanggal 21 April 2016 dengan nomor surat 20775/UN4/PP.24/2015 perihal Pelaksanaan Ujian SBMPTN Unhas Tahun 2016. Isi edaran tersebut terkait dengan peniadaan kegiatan akademik dan kemahasiswaan, kecuali kegiatan administrasi, pada tanggal 30 – 31 Mei 2016. Langkah yang diambil oleh Rektor Unhas ini menunjukkan keseriusan Unhas untuk menjamin terselenggaranya SBMPTN dengan lancar dan memuaskan.

Kebijakan lain yang diambil oleh Unhas untuk mendukung kelancaran SBMPTN tahun ini ditunjukkan dengan pengerahan pengawas ujian dari seluruh tenaga pendidik dan kependidikan aktif di lingkup Unhas. Hal ini disampaikan oleh Prof. Dr. Junaedi Muhidong selaku Wakil Rektor I Unhas pada Rapat Koordinasi Pimpinan Se-Unhas yang diadakan di Ruang Senat Fakultas Farmasi Unhas pada tanggal 27 April 2016. (more…)

Elly Wahyudin, Nakhoda Baru LKPP Unhas

Prof. Dr. Elly Wahyudin, DEA., Apt (ke-2 dari kiri) berfoto bersama dengan para kolega dari Fakultas Farmasi Unhas. Beliau diamanahkan posisi Ketua LKPP Unhas (2016-2020) menggantikan Dr. Nasaruddin Salam, MT. (28/4)

Prof. Dr. Elly Wahyudin, DEA., Apt (ke-2 dari kiri) berfoto bersama dengan para kolega dari Fakultas Farmasi Unhas. Beliau diamanahkan posisi Ketua LKPP Unhas (2016-2020) menggantikan Dr. Nasaruddin Salam, MT. (28/4)

Mengakhiri masa pengabdiannya sebagai dekan Fakultas Farmasi selama 2 periode (2007 – 2015) bukan berarti menjadi akhir dari karir struktural Prof. Dr. Elly Wahyudin, DEA., Apt. Hal ini dibuktikannya dengan amanah baru yang diembannya sebagai Ketua Lembaga Kajian Pengembangan Pendidikan (LKPP) Unhas. Amanah ini secara resmi dipikulnya setelah melalui prosesi pelantikan oleh Rektor Unhas, Prof. Dr. Dwia A. Tina Pulubuhu pada hari ini, Kamis, 28 April 2016. (more…)

Dwia: Kerja, Kerja, Kerja

Dari kiri ke kanan. Dr. Nasaruddin Salam, MT. (Sekretaris Unhas), Prof. Dr. Wia A. Tina Pulubuhu (Rektor Unhas), Prof. Dr. Junaedi Muhidong (Wakil Rektor I Unhas), Prof. Dr. Muhammad Ali (Wakil Rektor II Unhas), Dr. Abd. Rasyid Jalil (Wakil Rektor III Unhas) dan Prof. Dr. dr. Budu (Wakil Rektor IV Unhas). Rapat koordinasi pimpinan se-Unhas diadakan di Fakultas Farmasi Unhas (27/4).

Dari kiri ke kanan. Dr. Nasaruddin Salam, MT. (Sekretaris Unhas), Prof. Dr. Wia A. Tina Pulubuhu (Rektor Unhas), Prof. Dr. Junaedi Muhidong (Wakil Rektor I Unhas), Prof. Dr. Muhammad Ali (Wakil Rektor II Unhas), Dr. Abd. Rasyid Jalil (Wakil Rektor III Unhas) dan Prof. Dr. dr. Budu (Wakil Rektor IV Unhas). Rapat koordinasi pimpinan se-Unhas diadakan di Fakultas Farmasi Unhas (27/4).

Rapat Koordinasi rutin antar pimpinan se-Unhas memberikan giliran Fakultas Farmasi sebagai tuan rumah. Dalam rapat koordinasi ini hadir sebagian besar pimpinan fakultas, lembaga dan unit dalam lingkup Unhas. Hadir pula para wakil dekan I dari setiap fakultas. Rapat koordinasi ini merupakan agenda bulanan untuk membahas berbagai isu yang berkembang di sekitar Unhas. Selain itu, laporan-laporan atau arahan yang disampaikan oleh pucuk pimpinan menjadi agenda lainnya. (more…)

Mawapres 2016, FF UH Kirim Srikandinya

Emilia Utomo sedang mengangkat trofi dan piagam penghargaan saat menjuarai salah satu kegiatan ya g diikutinya.

Emilia Utomo sedang mengangkat trofi dan piagam penghargaan saat menjuarai salah satu kegiatan ya g diikutinya.

Emilia Utomo. Mahasiswi kelahiran Ujung Pandang, 4 Mei 1995, ini akhirnya terpilih menjadi perwakilan dari Fakultas Farmasi Unhas dalam mengikuti ajang Mahasiswa Berprestasi (Mawapres) tingkat Unhas yang akan diselenggarakan tengah tahun ini. Gadis berkacamata ini berhasil menyisihkan beberapa mahasiswa/i lainnya yang juga ikut dalam seleksi penentuan Mawapres. Seleksinya sendiri berjalan secara ketat mengingat para partisipan memiliki segudang prestasi yang mumpuni. Tim juri yang terdiri atas beberapa petinggi FF UH harus bekerja keras untuk menentukan satu nama yang akan ditunjuk mewakili FF UH. Pada akhirnya, tim juri memilih satu nama. Dan dialah Emilia Utomo.

Mengenyam pendidikan tingkat dasar di SD Gamaliel Makassar (2001-2007), Emil, begitu dia biasa dipanggil, kemudian melanjutkan pendidikannya di SMP Katholik Rajawali Makassar (2007-2010). Pendidikan di tingkat SMA dijalaninya di SMA Katholik Rajawali Makassar (2010-2013).

Tim juri tentu saja tidak salah memilih. Pasalnya, gadis ber-NIM N111 13 027 ini memang telah lama mengoleksi prestasi yang telah mengharumkan nama keluarga dan institusinya. Beberapa prestasi yang dapat disebutkan di antaranya: (more…)

Pendaftaran KKN-PK Unhas Angkatan Ke-53

Program Kuliah Kerja Nyata Profesi  (KKN-PK) resmi dibuka untuk pemberangkatan pertengahan tahun ini. Sebagai informasi, KKN-PK adalah salah satu bentuk KKN yang secara khusus melibatkan para mahasiswa yang berasal dari fakultas-fakultas medical complex (Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Farmasi, Fakultas Kesehatan Masyarakat dan Fakultas Keperawatan). Akan tetapi, mahasiswa-mahasiswa yang berasal dari luar fakultas tersebut dapat pula bergabung dengan program KKN ini.

Berdasarkan surat sosialisasi yang diterima, proses pendaftaran akan dilakukan mulai tanggal 1 April – 10 Mei 2016. Adapun pemberangkatan akan dilakukan tanggal 9 Juni 2016 dan penarikan kembali dari lokasi KKN-PK dilaksanakan tanggal 8 Agustus 2016 (chm).

Download Surat Sosialisasi Ketua KKN PK Unhas.

Kunjungan Atase Kerjasama Ilmiah dan Teknologi Kedubes Perancis

Dari kiri ke kanan. Subehan, Nicolas Gascoin, Elly Wahyudin, Antoine Pylus dan Andi Amri (21/4).

Dari kiri ke kanan. Subehan, Nicolas Gascoin, Elly Wahyudin, Antoine Pylus dan Andi Amri (21/4).

Dalam rangka menjajaki potensi kerjasama di bidang sains dan teknologi dengan Universitas Hasanuddin, Kedutaan Besar (Kedubes) Perancis mengutus Atase Kerjasama Ilmiah dan Teknologi, Prof. Dr. Ing. Nicolas Gascoin, DEA., MBA., untuk berkunjung ke Laboratorium Biofarmaka, Fakultas Farmasi, Unhas.

Turut menemani kunjungan dari Kedubes Perancis ini adalah salah seorang staf dari Nantes University, Antoine Pylus. Dari pihak Unhas sendiri diwakili oleh Kepala Laboratorium Biofarmaka, Prof. Dr. Elly Wahyudin, DEA., Apt., Wakil Dekan I FF UH, Subehan, PhD., Apt., Kepala Laboratorium Kimia Klinik FF UH, Yulia Yusrini Djabir, PhD., Apt dan Kepala Kantor Urusan Internasional Unhas, Dr. Andi Amri.

Dalam penjelasannya, Subehan menyatakan bahwa kunjungan ini menjadi potensi besar bagi Laboratorium Biofarmaka Unhas yang harus dimanfaatkan sebaik mungkin. Wakil Dekan I FF UH yang baru saja dilantik ini menambahkan bahwa pihak Kedubes Perancis yang diwakili oleh Atase Kerjasama Ilmiah dan Teknologi menunjukkan ketertarikannya setelah mendapatkan paparan dan melihat secara langsung peralatan-peralatan yang tersedia (chm).

Fakultas Farmasi © 2015 Frontier Theme