Wakil Fakultas Farmasi Juarai PIM Unhas

Universitas Hasanuddin menyelenggarakan Pekan Ilmiah Mahasiswa (PIM) tingkat universitas sebagai upaya mendorong tim PKM yang didanai oleh Dikti untuk maju ke PIMNAS 2016 yang akan dilaksanakan di Bogor. PIM Unhas diselenggarakan selama dua hari yaitu pada tanggal 02 Juni dan 03 Juni 2016 dan diikuti oleh seluruh tim PKM yang didanai Dikti pada tahun 2016. Dalam kompetisi ini Fakultas Farmasi diwakili oleh total 10 tim PKM yang berhasil didanai oleh Dikti. Terdapat dua kategori yang dikompetisikan pada PIM Unhas yaitu Artikel Ilmiah (Pada Kelompok I) dan Poster.Perwakilan Fakultas Farmasi berhasil merebut Juara Pertama pada kedua kategori dan Juara Kedua pada kategori Artikel Ilmiah

Untuk artikel Ilmiah (Kelompok I) dimenangkan oleh tim PKM yang diketuai oleh Emilia Utomo (Farmasi ’13) dan beranggotakan Ernawati (Farmasi ’13), Desi Ambarwatti (Farmasi ’13), Adhan (Farmasi ’14) dan Adhea Priyanka Indira (Kedokteran ’14) dengan judul PKM “Pengembangan Formula Microsphere Mucoadhesive Propranolol dengan Polimer Kitosan dari Limbah Kulit Udang (Penaeus monodon) dalam Meningkatkan Efisiensi Pengobatan Hipertensi“. Juara kedua yang juga merupakan perwakilan Fakultas Farmasi diketuai oleh Ade Rezki Amalaia H (Farmasi ’12) dan beranggotakan Dian Muthiah Mutmainna (Farmasi ’12) – Marzel Lebang (Farmasi ’14) dan Michelle (Farmasi ’14)

Sedangkan untuk kategori poster dimenangkan oleh tim PKM yang diketuai Muhammad Rahmatullah (Farmasi ’14) dan beranggotakan Ariyansyah (Farmasi ’14), Muh. Carnegi M (Farmasi ’14), Hutri Ardiyanto (Farmasi ’13) dan Moh Roem Askari (Kedokteran ’14) dengan Judul PKM Floating Gel In Situ Delivery System sebagai Inovasi Formula Senyawa Antioksidan Antigastritis Esktrak Rosella (Hibiscus sabdarifa L).

Kegiatan ini diharapkan dapat mendorong perkembangan PKM Unhas dengan harapan perwakilan Unhas dapat berjuang dan memenangkan PIM tingkat Nasional.

Selamat untuk semua pemenang dan mari kita dukung semua peserta untuk menyongsong PIMNAS 2016!

1465823828938 1465823856137

Beberapa Tim PKM Perwakilan Fakultas Farmasi

Beberapa Tim PKM Perwakilan Fakultas Farmasi

Program Studi Profesi Apoteker Unhas Mulai Dibanjiri Pendaftar

Sesuai dengan maklumat pengumuman Dekan Fakultas Farmasi Unhas No. 1566/UN4.17/PP.37/2016 tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Semester Awal 2016/2017 Program Studi Profesi Apoteker (PSPA) tercantum bahwa rentang waktu pendaftaran dimulai tanggal 6 Juni 2016 dan akan ditutup tanggal 17 Juni 2016. Walaupun, waktu pendaftaran masih menyediakan waktu 1 minggu lagi, tetapi PSPA Fakultas Farmasi Unhas mulai dibanjiri para pendaftar.

Per hari Jum’at, 10 Juni 2016, data pendaftar yang telah mengambil blanko pembayaran sebanyak 245 orang. Dari angka itu, sebanyak 224 orang telah melakukan pembayaran untuk registrasi pendaftaran dan telah mengambil formulir pendaftaran. Jumlah ini diprediksi masih akan terus bertambah. Asmawati, salah seorang panitia penerimaan mahasiswa baru PSPA mengatakan bahwa sampai saat ini, sebagian besar pendaftar masih berasal dari institusi farmasi yang ada Sulawesi Selatan. Beliau menambahkan bahwa pendaftar yang berasal dari institusi farmasi di luar Sulsel, seperti Sulawesi Tengah, Gorontalo, Sulawesi Utara, Sulawesi Tenggara, Papua dan daerah lain, masih minim. Diprediksi para pendaftar dari daerah-daerah ini akan membludak di paruh ke-2 masa pendaftaran yakni tanggal 13 Juni – 17 Juni 2016.

Bercermin pada penerimaan tahun-tahun sebelumnya, pihak PSPA Fakultas Farmasi Unhas akan menerima sekitar 150 – 160 mahasiswa baru PSPA yang nanti akan dibagi menjadi 3 kelas belajar. Para mahasiswa yang diterima di PSPA Unhas akan menjalani pendidikan selama 2 semester untuk mendapatkan gelar profesi apoteker (Apt.). Selama 2 semester proses pembelajaran tersebut, para mahasiswa akan mendapatkan pendalaman teori pada semester pertama dan pada semester ke-2, mahasiswa akan diarahkan untuk melaksanakan praktik kerja profesi di rumah sakit, di apotek dan di industri farmasi (chm).

Penerimaan Mahasiswa Baru Semester Awal 2016/2017 Prodi Apoteker Fakultas Farmasi Unhas

PENGUMUMAN

No. 1566/UN4.17/PP.37/2016

 

PENERIMAAN MAHASISWA BARU SEMESTER AWAL 2016/2017

PROGRAM STUDI PROFESI APOTEKER (PSPA)

 

Fakultas Farmasi Universitas Hasanuddin membuka pendaftaran untuk penerimaan mahasiswa baru Program Studi Profesi Apoteker (PSPA), Semester Awal  2016/2017 dengan rincian sebagai berikut :

JADWAL PENDAFTARAN DAN SELEKSI

 1. Pendaftaran calon mahasiswa baru

:

6 – 17 Juni 2016
 2. Ujian Seleksi Tertulis

:

21 Juni 2016
 3. Ujian wawancara

:

22 Juni 2016
 4. Test TOEFL

:

Jadwal pusat bahasa
 5. Pengumuman hasil seleksi

:

18 Juli 2016
 6. Pendaftaran ulang bagi yang lulus seleksi

:

25 Juli – 12 Agustus 2016
 7. Penyambutan Mahasiswa Baru

:

19 Agustus 2016

  (more…)

Mahasiswi Farmasi Unhas Raih Medali Emas di Ajang EuroInvent 2016

Qonita Kurnia Anjani berfoto bersama piagam penghargaan dan trofi atas keberhasilannya meraih medali emas di ajang EuroInvent 2016. Sumber foto: www.kemlu.go.id/bucharest)

Qonita Kurnia Anjani berfoto bersama piagam penghargaan dan trofinya atas keberhasilannya meraih medali emas di ajang EuroInvent 2016. (Sumber foto: www.kemlu.go.id/bucharest)

Qonita Kurnia Anjani, mahasiswi Fakultas Farmasi Universitas Hasanuddin, kembali menorehkan prestasi pribadinya. Kali ini, mahasiswi angkatan 2012 ini berhasil merengkuh medali emas pada ajang EuroInvent 2016 yang diselenggarakan di Rumania. Tentu saja prestasi ini tidak sekedar menambah rekor pribadinya, tetapi juga mengharumkan nama bangsa, khususnya lagi nama Fakultas Farmasi, Universitas Hasanuddin. (more…)

Laboratorium Biofarmasi & Farmakologi – Toksikologi Mengadakan PKM di SMK Kesehatan YAPI Watampone

Prof. Dr. rer. nat. Marianti A. Manggau bertukar cendera mata dengan Kepala SMK Kesehatan YAPI Watampone, Yadi Ruhiyat, SE., M.Si. (28/5)

Prof. Dr. rer. nat. Marianti A. Manggau bertukar cendera mata dengan Kepala SMK Kesehatan YAPI Watampone, Yadi Ruhiyat, SE., M.Si. (28/5)

Dalam rangka implementasi pilar Tri Dharma Perguruan Tinggi, staf dosen dan asisten Laboratorium Biofarmasi dan Farmakologi – Toksikologi, Fakultas Farmasi Universitas Hasanuddin (FF UH) menyelenggarakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). Kali ini, kegiatan diadakan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kesehatan YAPI Watampone pada tanggal 28 Mei 2016.

Rombongan dipimpin oleh Kepala Laboratorium Biofarmasi, Prof. Dr. rer. nat. Marianti A. Manggau, Apt. Staf dosen yang terlibat dalam kegiatan ini adalah Usmar, Sukamto Mamada, Muh. Nur Amir, Nur Indah Yanti dan Firzan Nainu. Beberapa orang asisten laboratorium juga ikut berpartisipasi aktif. (more…)

Fakultas Farmasi Unhas Usulkan 10 Judul Penelitian Hibah BMIS

Universitas Hasanuddin (Unhas) melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) mengeluarkan hibah penelitian yang diberi nama Riset Unggulan berbasis Benua Maritim Indonesia Spesifik (BMIS). Dalam panduan BMIS tertulis bahwa salah satu tujuan adanya hibah BMIS ini adalah untuk meningkatkan minat, partisipasi dan kemampuan dosen Unhas dalam bidang riset. Selain itu, hibah ini juga ditujukan untuk membangun atmosfer dan budaya riset yang berorientasi kualitas menuju universitas berbasis riset, khususnya BMI spesifik.

Adapun besaran dana yang dipersiapkan oleh LP2M sebagai lembaga pengelola riset Unhas dalam skema hibah ini berada pada kisaran 50 – 75 juta rupiah per judul penelitian yang disetujui. Proposal dapat diajukan oleh peneliti dari semua fakultas maupun lembaga yang berada dalam lingkup Unhas yang telah memenuhi persyaratan. (more…)

Fakultas Farmasi Rampungkan Proposal BOPTN 2016

Tim PKPS BOPTN Fakultas Farmasi Unhas berdiskusi untuk merampungkan program kegiatan yang akan diusulkan ke dalam skema pembiayaan BOPTN (2/5).

Tim PKPS BOPTN Fakultas Farmasi Unhas berdiskusi untuk merampungkan program kegiatan yang akan diusulkan ke dalam skema pembiayaan BOPTN (2/5).

Sebanyak 7 kegiatan menjadi core program yang direncanakan akan diusulkan dalam Pengembangan Kapasitas Program Studi (PKPS) Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN) telah dirampungkan. Setelah melalui beberapa tahapan diskusi dan dengar pendapat, Fakultas Farmasi akhirnya menyetujui 7 program kegiatan yang terbagi atas 3 kegiatan pengembangan fakultas dan 4 kegiatan pengembangan program studi. (more…)

BEM Kemafar Unhas Selenggarakan PRESCRITION

Dibuka oleh staf Biro Kemahasiswaan Unhas, Awaluddin, pada Jum’at, 29 April 2016, kegiatan PRESCRIPTION secara resmi dilangsungkan. Kegiatan yang berlangsung selama 3 hari ini merupakan agenda rutin tahunan BEM Kemafar Unhas.

Kegiatan yang bersifat nasional ini akan menyelenggarakan beberapa event kompetisi baik di tingkat Sekolah Menengah Atas/sederajat maupun tingkat universitas. Event-event tersebut adalah Lomba Karya Tulis Mahasiswa (LKTM), Lomba Karya Tulis Siswa (LKTS), Cerdas-Cermat tingkat SMA dan Patient Counselling Event (PCE) tingkat universitas.

Menurut informasi yang diterima, jumlah peserta dan pembimbing yang mengikuti PRESCRIPTION tahun ini tidak kurang 150 orang. Ini adalah sebuah pencapaian yang cukup baik. Beberapa universitas yang ikut berpartisipasi antara lain Universitas Hasanuddin (UNHAS), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Indonesia (UI), Universitas Brawijaya (UNIBRAW), Universitas Andalas (UNAND), UIN Alauddin dan lain-lain.

Untuk tingkat SMA, maka peserta kali ini mencakup SMA yang tersebar di Provinsi Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat. SMAN 17 Makassar, SMAN2 Tinggi Moncong, SMA Katholik Rajawali Makassar, SMAN 1 Polewali Mandar, SMAN 1 Palopo, SMAN 1 Watansoppeng, SMAN 2 Sengkang, SMAN 3 Sengkang, SMK Yamasi dan SMAN 2 Pangkep (chm).

SBMPTN, Unhas Liburkan Aktivitas Kampus

Ujian Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yang akan dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 31 Mei 2016 membuat Universitas Hasanuddin harus mempersiapkan diri sebaik mungkin. Menyikapi hal ini, Rektor Universitas Hasanuddin telah mengeluarkan Surat Edaran pada tanggal 21 April 2016 dengan nomor surat 20775/UN4/PP.24/2015 perihal Pelaksanaan Ujian SBMPTN Unhas Tahun 2016. Isi edaran tersebut terkait dengan peniadaan kegiatan akademik dan kemahasiswaan, kecuali kegiatan administrasi, pada tanggal 30 – 31 Mei 2016. Langkah yang diambil oleh Rektor Unhas ini menunjukkan keseriusan Unhas untuk menjamin terselenggaranya SBMPTN dengan lancar dan memuaskan.

Kebijakan lain yang diambil oleh Unhas untuk mendukung kelancaran SBMPTN tahun ini ditunjukkan dengan pengerahan pengawas ujian dari seluruh tenaga pendidik dan kependidikan aktif di lingkup Unhas. Hal ini disampaikan oleh Prof. Dr. Junaedi Muhidong selaku Wakil Rektor I Unhas pada Rapat Koordinasi Pimpinan Se-Unhas yang diadakan di Ruang Senat Fakultas Farmasi Unhas pada tanggal 27 April 2016. (more…)

Elly Wahyudin, Nakhoda Baru LKPP Unhas

Prof. Dr. Elly Wahyudin, DEA., Apt (ke-2 dari kiri) berfoto bersama dengan para kolega dari Fakultas Farmasi Unhas. Beliau diamanahkan posisi Ketua LKPP Unhas (2016-2020) menggantikan Dr. Nasaruddin Salam, MT. (28/4)

Prof. Dr. Elly Wahyudin, DEA., Apt (ke-2 dari kiri) berfoto bersama dengan para kolega dari Fakultas Farmasi Unhas. Beliau diamanahkan posisi Ketua LKPP Unhas (2016-2020) menggantikan Dr. Nasaruddin Salam, MT. (28/4)

Mengakhiri masa pengabdiannya sebagai dekan Fakultas Farmasi selama 2 periode (2007 – 2015) bukan berarti menjadi akhir dari karir struktural Prof. Dr. Elly Wahyudin, DEA., Apt. Hal ini dibuktikannya dengan amanah baru yang diembannya sebagai Ketua Lembaga Kajian Pengembangan Pendidikan (LKPP) Unhas. Amanah ini secara resmi dipikulnya setelah melalui prosesi pelantikan oleh Rektor Unhas, Prof. Dr. Dwia A. Tina Pulubuhu pada hari ini, Kamis, 28 April 2016. (more…)

Fakultas Farmasi © 2015 Frontier Theme