Fakultas Kesehatan Masyarakat

Program Doktor Kesehatan Masyarakat

Program Studi Doktor Ilmu Kesehatan Masyarakat (PSD-IKM) Universitas Hasanuddin adalah salah satu dari 5 (Lima) Program Studi yang ada di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin. Penyelenggaraan program studi ini sesuai dengan Keputusan Sekretaris Jenderal Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi No. 151/KPT/1/2015 tertanggal 4 Desember 2015 tentang Penyelenggaran Program Doktor Ilmu Kesehatan Masyarakat di Lingkungan Universitas Hasanuddin Makassar.

Adapun rumusan visi PSD-IKM adalah “Menjadi Pusat Pengembangan IPTEKS Kesmas yang berbasis riset dan mampu bersaing secara global bagi kemaslahatan Benua Maritim Indonesia pada tahun 2025”. Sebagai upaya mewujudkan visi, maka dirumuskan misi PSD-IKM Unhas Tahun 2016-2025 dirumuskan berikut :

  • Menyelenggarakan pendidikan doktor dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang handal dan kompetitif di bidang ilmu kesehatan masyarakat
  • Menyelenggarakan pengkajian melalui riset dosen dan mahasiswa yang dapat mengembangkan konsep, metode dan strategi untuk memecahkan masalah kesehatan masyarakat
  • Menyelenggarakan usaha-usaha sistematis melalui program pengabdian masyarakat berbasis riset secara professional;
  • Menyelenggarakan tatakelola yang akuntabel, efektif, dan efisien. Tujuan PSD-IKM dirumuskan sesuai dengan misi yang mengambarkan kebutuhan dan standar kompetensi doktor yang diharapkan di bidang ilmu kesehatan masyarakat.

 

Standar kompetensi lulusan doktor yang diharapkan tersebut, dijabarkan dalam 4 tujuan, yaitu; 1. Menghasilkan doktor yang menguasai filosofi dan teori untuk membangun konsep kesehatan masyarakat guna mencapai kompetensi utama; 2. Menghasilkan riset dosen dan mahasiswa yang memiliki reputasi internasional yang melibatkan inter-multi-transdisipliner serta bertanggungjawab atas hasil risetnya; 3. Menghasilkan pengabdian yang berbasis riset untuk memecahkan masalah kesehatan masyarakat dengan melibatkan lintas sektor; 4. Menghasilkan sistem manajemen mutu dalam tata kelola fakultas secara berkesinambungan.

Karir

Alumni PSD IKM sangat berpeluang untuk memiliki jenjang karir yang bagus dan menduduki berbagai posisi strategis dibidang terkait pendidikan, penelitian dan pengabdian berbasis penelitian di sektor pemerintahan maupun swasta. Alumni PSD IKM sangat berpeluang untuk diangkat menjadi tenaga pengajar yang memiliki peluang karir menjadi pimpinan pada institusi pendidikan seperti Dekan, wakil dekan bahkan rektor perguruan tinggi. Jenjang karir pada pemerintah daerah, institusi pelayanan kesehatan khususnya kepala , sekretaris pada dinas kesehatan di tingkat propinsi maupun kabupaten/kota, pimpinan / manager pada rumah sakit pemerintah dan swasta, pimpinan klinik kesehatan pada institusi pemerintahan, peneliti, project manager pada NGO dan konsultan . Peluang karir tersebut tentunya sesuai dengan profil lulusan PSD IKM FKM Unhas adalah Researcher, Communicator, Leader, Manager, dan Innovator.

Keunggulan

Untuk tingkat internasional program studi ini memiliki keunggulan yaitu program studi ini telah mendapatkan akreditasi Internasional ASIIN. Untuk tingkat nasional, program studi telah mendapatkan akreditasi Unggul dari LAMPT-Kes pada tahun 2020.

Peminatan

Program studi Doktor Ilmu Kesehatan Masyarakat memiliki satu konsentrasi yaitu Ilmu Kesehatan Masyarakat. Melalui program studi ini, mahasiswa dapat menguasai filosofi dan teori untuk membangun konsep kesehatan masyarakat guna mencapai kompetensi utama, menghasilkan riset dosen dan mahasiswa yang memiliki reputasi internasional yang melibatkan inter-multi-transdisipliner serta bertanggungjawab atas hasil risetnya serta melakukan kegiatan pengabdian yang berbasis riset untuk memecahkan masalah kesehatan masyarakat dengan melibatkan lintas sektor untuk mendukung pencapaian SDGs.

Pembelajaran

Proses pembelajaran menerapkan metode studi kasus dan metode berbasis proyek didukung dengan interaksi akademik berlangsung secara kondusif dan mendukung potensi dan kemampuan mahasiswa PSD IKM dalam memberikan kontribusi terhadap pengembangan ilmu pengetahuan secara global dengan ikut aktif dalam publikasi bereputasi serta mengikuti berbagai seminar dan konferensi nasional maupun internasional yang mendukung pengembangan keilmuan public health, seperti penyelenggaraan seminar, simposium, lokakarya, bedah buku, dan kuliah umum dari dosen tamu baik dari dalam maupun luar negeri sehingga menghasilkan capaian lulusan adaptif pada dunia kerja.

Pada PSD IKM, terdapat peluang untuk pengembangan kurikulum secara otonom pada tingkat program studi sesuai dengan regulasi nasional yang berlaku sehingga mahasiswa selalu mendapatkan informasi yang update. Mahasiswa PSD IKM juga memiliki kesempatan untuk memgikuti pelatihan/workshop/seminar/konferensi tingkat nasional maupun internasional untuk meningkatkan kapasitas mahasiswa dalam menghasilkan riset yang bereputasi secara internasional. Menariknya bahwa mahasiswa PSD IKM terlibat secara aktif dalam aktivitas penelitian inter-multi-transdisipliner serta bertanggungjawab atas hasil risetnya. Mahasiswa PSD IKM mendapatkan peluang untuk mengikuti program student exchange sehingga mendukung potensi dan kapasitasnya, juga terlibat kegiatan kemahasiswaan dalam pengembangan soft skill , dan berperan dalam organisasi kemahasiswaan dan kemasyarakatan.

Persyaratan Sekolah:

  • SMA/SEDERAJAT yang mempunyai NISN dan NPSN
  • Mengisi prestasi siswa pada PDSS dengan lengkap & benar
  • SMA/SEDERAJAT yang terakreditasi 

 

Persyaratan Siswa Pendaftar

  • Membayar Biaya Pendaftaran Rp. 200.000,-
  • Siswa yang memiliki Nomor Induk Siswa Nasional dan rekam jejak prestasi akademik di PDSS
  • Siswa SMA/SEDERAJAT yang pernah terlibat dalam kegiatan keorganisasian sebagai Ketua OSIS
  • Memiliki nilai rapor semester 1 s.d 5 dengan masa belajar tiga tahun atau semester 1 s.d 7 dengan masa belajar empat tahun.

 

PROSEDUR PENDAFTARAN  

  1. Buka Laman pendaftaran https://regpmb.unhas.ac.id  
  2. Pilih Jalur Pendaftaran –> Mandiri Ketua OSIS
  3. Masukkan Nomor Handphone (HP)
  4. Masukkan Nama sesuai Ijazah
  5. Clik Daftar/mencetak tagihan pendaftaran
  6. Membayar Biaya pendaftaran Rp.200.000 (dua ratus ribu rupiah) melalui Bank BTN atau Bank Mandiri yang dibuka mulai tanggal 14 Februari 2023 s.d. 15 Maret 2023.
  7. Nomor ID (HP) berfungsi username dan Kode Akses/PIN berfungsi sebagai password yang tercetak pada bukti pembayaran dari bank
  8. Mendaftar online pada laman https://regpmb.unhas.ac.id tanggal 14 Februari 2023 s.d. 15 Maret 2023 pukul 23.59 Wita
  9. Pada laman Form Login: USERNAME masukkan Nomor ID (No. HP yang digunakan pada saat membayar di Bank) dan PASSWORD masukkan Kode Akses yang tertera pada bukti Pembayaran.
  10. Bagi peserta yang telah membayar dan tidak dapat login dengan kode akses dari bank dapat mengirimkan bukti pembayaran ke WA No. : 085343742764, 085343991587. dengan menulis subyek verifikasi KODE AKSES no. HP 08xxxxxxxxx (ketik nomor HP yang digunakan pada saat membayar di Bank).
  11. Pilih Jenjang Pendidikan
  12. Pilih Program Studi
  13. Program studi yang dipilih: dapat memilih semua program studi kecuali Program Studi: Pendidikan Dokter, Psikologi, Kedokteran Hewan dan Pendidikan Dokter Gigi 
  14. Mengisi secara cermat Biodata  
  15. Mengupload berkas:
    • Pas foto terbaru ukuran 4×6 dengan latar belakang warna merah, pakaian tanpa atribut/logo;
    • Kartu Tanda Penduduk (KTP)
    • Kartu Keluarga (KK)
    • Fotokopi rapor SMA/SEDERAJAT (nilai rata-rata minimal 80 dan telah dilegalisir Kepala Sekolah)
    • Fotokopi Surat Keputusan Pengangkatan sebagai Ketua OSIS yang disahkan oleh Kepala Sekolah
    • Biodata dan kegiatan selama menjadi ketua OSIS yang diketahui oleh kepala sekolah (melampirkan sertifikat/piagam penghargaan) disatukan dalam satu file pdf
    • Essay  maksimal 800 kata tentang Generasi Muda Membangun Negeri (Font Times New Roman 12 spasi 1,5)
  16. Mencetak Formulir
  17. Pencetakan Kartu Ujian dilakukan setelah verifikasi berkas dan dinyatakan valid oleh Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru tanggal 17 Maret 2023;
  18. Membaca dengan cermat informasi dalam Kartu Ujian tentang hari, tanggal, waktu, dan materi ujian seleksi;
  19. Bagi peserta yang telah membayar biaya pendaftaran namun tidak melakukan pendaftaran secara Online sesuai jadwal, maka dinyatakan gugur dan biaya pendaftaran tidak dapat dikembalikan.

Jalur JNS UTBK adalah salah satu jalur seleksi mandiri yang diselenggarakan oleh Universitas Hasanuddin untuk menjaring calon mahasiswa yang mempunyai prestasi akademik disamping kemampuan finansial. Penilaian terhadap peserta jalur JNS UTBK dilakukan berdasarkan skor nilai UTBK-SNBT dan satu nilai materi ujian yang diselenggarakan oleh Universitas Hasanuddin.

Persyaratan

  • Terdaftar sebagai peserta ujian UTBK-SNBT dan memilih salah satu program studi di Universitas Hasanuddin (lihat kartu peserta UTBK-SNBT )
  • Bagi peserta yang telah dinyatakan lulus pada Jalur SNBP atau Jalur SNBT di Universitas Hasanuddin tidak diperkenankan lagi mendaftar JNS UTBK.

 

Pilihan Program Studi

  • Terbuka untuk semua program studi, peserta dapat memilih 2 (dua) program studi.

 

PROSEDUR PENDAFTARAN

  • Laman pendaftaran https://regpmb.unhas.ac.id
  • Pada menu Pendaftaran Camaba/Verifikasi Data
  • Klik Jalur Penerimaan, pilih Mandiri JNS UTBK
  • Masukkan Nomor Peserta UTBK-SNBT
  • Masukkan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN)
  • Masukkan Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN)
  • Klik tombol Daftar
  • Melakukan Pembayaran biaya pendaftaran melalui bank yang ditunjuk
  • Nomor peserta UTBK-SNBT 2023 berfungsi username dan Kode Akses/PIN berfungsi sebagai password yang tercetak pada bukti pembayaran dari bank atau masukkan tanggal lahir (dua digit) bulan lahir (dua digit) tahun lahir (empat digit), Contoh jika tanggal lahir 1 April 2005, maka password: 01042005
  • Mengisi formulir online pada laman https://regpmb.unhas.ac.id
  • pada laman Form Login Pendaftaran Camaba: username masukkan Nomor peserta UTBK-SNBT dan password masukkan Kode Akses yang tertera pada bukti Pembayaran
  • Bagi peserta yang telah membayar dan tidak dapat login dengan kode akses dari bank dapat menghubungi no Helpdesk (082194165656 dan 085343991587).
  • Pilih Jenjang Pendidikan
  • Pilih Program Studi
  • Mengisi Biodata secara cermat
  • Pastikan nomor WA yang diisi pada Biodata adalah benar dan aktif (nomor ini akan digunakan Panitia menghubungi peserta untuk bergabung dalam Room Ujian)
  • Mengupload kelengkapan berkas berupa:
    • Scan Pas Foto terbaru latar belakang warna biru dengan pakaian rapih, warna putih, dan tanpa atribut (logo/lambang)
    • Scan Kartu Tanda Penduduk (KTP)
    • Scan Kartu Keluarga (KK)
    • Scan Ijazah
    • Scan Bukti Pembayaran Biaya Pendaftaran
  • Mencetak Formulir
  • Verifikasi Berkas oleh Panitia
  • Materi Ujian: Tes Kepribadian, wawancara
  • Mencetak berwarna kartu ujian pada kertas A4 dengan mengklik menu Hasil Validasi
  • Sosialisasi koneksi jaringan
  • Pelaksanaan Ujian
  • Jadwal ujian secara detail tertera di kartu Ujian
  • Pengumuman
  • Registrasi Ulang/Pembayaran UKT Semester 1 mulai

Pelaksanaan Ujian

Ujian akan dilaksanakan secara Online dengan ketentuan sbb:

  • Peserta mencetak kartu ujian sesuai jadwal pencetakan kartu ujian
  • Peserta menyiapkan Komputer/Laptop yang system operasinya (OS) Microsoft Windows untuk mengerjakan soal
  • HP Peserta terhubung dengan aplikasi Zoom.
  • Posisi Kamera HP Peserta diarahkan ke Monitor Komputer dan Peserta
  • Pastikan Akses Internet Bagus di tempat masing-masing
  • Login dengan akun masing-masing pada laman https://regpmb.unhas.ac.id
  • Peserta sudah siap 1 jam sebelum Ujian dimulai
  • Waktu yang digunakan adalah Waktu Indonesia Tengah (WITA)
  • Monitoring/Absensi Peserta Ujian melalui Zoom (wajib mengaktifkan Audio dan Kamera HP selama ujian berlangsung)
  • ID dan Password Zoom akan diberikan sebelum ujian dimulai
  • Sosialisasi koneksi jaringan akan dilakukan satu hari sebelum pelaksanaan ujian dan wajib diikuti oleh seluruh peserta.
  • Pengawas Ujian akan menghubungi peserta untuk bergabung dalam WA Grup “Room Ujian” sebelum pelaksanaan sosialisasi koneksi jaringan,
  • Hubungi helpdesk jika peserta belum dimasukkan dalam WA Grup “Room Ujian”.

Jalur JNS Non UTBK adalah salah satu jalur seleksi mandiri yang diselenggarakan oleh Universitas Hasanuddin untuk menjaring calon mahasiswa yang mempunyai prestasi akademik disamping kemampuan finansial.  Penilaian terhadap peserta jalur JNS Non UTBK dilakukan berdasarkan Nilai Ujian yang diselenggarakan oleh Universitas Hasanuddin (tanpa memperhitungkan Nilai UTBK). 

Persyaratan

  • Calon peserta adalah lulusan SMA atau yang sederajat dalam tiga tahun terakhir 
  • Bagi peserta yang telah dinyatakan lulus pada Jalur SNBP atau Jalur SNBT di Universitas Hasanuddin tidak diperkenankan lagi mendaftar JNS Non UTBK.

Pilihan Program Studi  

  • Terbuka untuk semua program studi, peserta dapat memilih 2 (dua) program studi. 

PROSEDUR PENDAFTARAN

  • Laman pendaftaran https://regpmb.unhas.ac.id 
  • Pada menu Pendaftaran Camaba/Verifikasi Data
  • Klik Jalur Penerimaan, pilih Mandiri JNS Non UTBK
  • Masukkan Nomor HP/WA peserta
  • Masukkan Nama Peserta sesuai di ijazah
  • Klik tombol Daftar
  • Melakukan Pembayaran biaya pendaftaran  melalui bank yang ditunjuk
  • Nomor HP/WA berfungsi username dan Kode Akses/PIN berfungsi sebagai password yang tercetak pada bukti pembayaran
  • Mengisi formulir online pada laman https://regpmb.unhas.ac.id 
  • pada laman Form Login Pendaftaran Camaba: username masukkan Nomor peserta HP/WA dan password masukkan Kode Akses yang tertera pada bukti Pembayaran
  • Bagi peserta yang telah membayar dan tidak dapat login dengan kode akses dari bank dapat menghubungi no Helpdesk (082194165656 dan 085343991587).
  • Pilih Jenjang Pendidikan
  • Pilih Program Studi
  • Mengisi Biodata secara cermat
  • Pastikan nomor WA yang diisi pada Biodata adalah benar dan aktif (nomor ini akan digunakan Panitia menghubungi peserta untuk bergabung dalam Room Ujian)
  • Mengupload kelengkapan berkas berupa:
    • Scan Pas Foto terbaru latar belakang warna biru dengan pakaian rapih, warna putih, dan tanpa atribut (logo/lambang)
    • Scan Kartu Tanda Penduduk (KTP)
    • Scan Kartu Keluarga (KK)  
    • Scan Ijazah 
    • Scan Bukti Pembayaran Biaya Pendaftaran
  • Mencetak Formulir
  • Verifikasi Berkas oleh Panitia
  • Materi Ujian: Tes Potensi Akademik, Tes Kepribadian, dan wawancara 
  • Mencetak berwarna kartu ujian pada kertas A4 dengan mengklik menu Hasil Validasi 
  • Sosialisasi koneksi jaringan
  • Pelaksanaan Ujian 
  • Jadwal ujian secara detail tertera di kartu Ujian
  • Pengumuman 
  • Registrasi Ulang/Pembayaran UKT Semester 1 mulai tanggal 

Pelaksanaan Ujian

Ujian akan dilaksanakan secara Online dengan ketentuan sbb:

  1. Peserta mencetak kartu ujian sesuai jadwal pencetakan kartu ujian
  2. Peserta menyiapkan Komputer/Laptop yang system operasinya (OS) Microsoft Windows untuk mengerjakan soal
  3. HP Peserta terhubung dengan aplikasi Zoom.
  4. Posisi Kamera HP Peserta diarahkan ke Monitor Komputer dan Peserta  
  5. Pastikan Akses Internet Bagus di tempat masing-masing
  6. Login dengan akun masing-masing pada laman https://regpmb.unhas.ac.id
  7. Peserta sudah siap 1 jam sebelum Ujian dimulai
  8. Waktu yang digunakan adalah Waktu Indonesia Tengah (WITA)
  9. Monitoring/Absensi Peserta Ujian melalui Zoom (wajib mengaktifkan Audio dan Kamera HP selama ujian berlangsung) 
  10. ID dan Password Zoom akan diberikan sebelum ujian dimulai
  11. Sosialisasi koneksi jaringan akan dilakukan satu hari sebelum pelaksanaan ujian dan wajib diikuti oleh seluruh peserta.
  12. Pengawas Ujian akan menghubungi peserta untuk bergabung dalam WA Grup “Room Ujian” sebelum pelaksanaan sosialisasi koneksi jaringan,
  13. Hubungi helpdesk jika peserta belum dimasukkan dalam WA Grup “Room Ujian”.
Skip to content