Logo-Unhas
Edit Content

Berita Terbaru

UNIVERSITAS HASANUDDIN

Dosen FKep Unhas Perawat Pertama Terpilih menjadi Anggota Ilmuwan Muda Indonesia

Dosen FKep Unhas Perawat Pertama Terpilih menjadi Anggota Ilmuwan Muda Indonesia

Andi Masyitha Irwan, S.Kep., Ns., Ph.D., yang merupakan Dosen Fakultas Keperawatan (FKep) sekaligus Kepala Kantor Urusan Internasional (KUI) Universitas Hasanuddin resmi terpilih dan dilantik sebagai salah satu Anggota Ilmuwan Muda Indonesia (ALMI). Hal ini berlangsung pada sidang paripurna ALMI 2022 di Perpustakaan Nasional RI, Jl. Medan Merdeka Selatan No.11 Jakarta pada Jumat (02/12).

Melalui wawancara pada Sabtu (03/12), Masyitha menyampaikan ungkapan terima kasih atas dukungan yang diberikan selama ini. Selama ini, Masyitha fokus melakukan penelitian dan melakukan pengabdian masyarakat di bidang keperawatan lansia. Hingga hari ini, beliau telah menerbitkan 64 publlikasi pada jurnal nasional maupun internasional. Dengan berbagai kontribusi yang telah ia dedikasikan , mengantarkannya perawat pertama terpilih menjadi bagian dari ALMI.

“Tentu tanggung jawab yang diperoleh semakin besar, ada tuntutan kerja dengan cakupan yang semakin luas untuk memajukan Indonesia melalui kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat. Saya berharap, dengan keikutsertaan saya di ALMI akan mendorong para peneliti Unhas untuk semakin bersemangat berkontribusi untuk masyarakat melalui kegiatan akademik. Tidak hanya itu, secara pribadi memberikan saya motivasi untuk berkontribusi memajukan bangsa termasuk dalam bidang kesehatan lansia,” jelas Masyitha.

Akademi Ilmuwan Muda Indonesia (ALMI) merupakan wadah bagi ilmuwan muda terkemuka Indonesia. ALMI didirikan untuk mendorong peran ilmuwan muda dalam memajukan ilmu pengetahuan dan budaya ilmiah unggul di Indonesia, dengan tujuan meningkatkan daya saing bangsa.

ALMI merupakan organisasi ilmuwan muda Indonesia yang bernaung di bawah Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia (AIPI). AIPI kemudian mendeklarasikan pendiriaan ALMI sebagai wadah untuk ilmuwan muda Indonesia terkemuka pada 20 Mei 2015.

Anggota ALMI adalah ilmuwan muda Indonesia terkemuka yang telah memberikan kontribusi signifikan bagi ilmu pengetahuan. Selain Masyitha, para dosen Unhas yang juga menjadi bagian dari ALMI seperti Rektor Unhas prof. Dr. Ir. Jamaluddin Jompa, M.Sc., dan Prof. Dr.Eng.Ir. Adi Maulana sebagai Wakil Rektor Bidang Kemitraan, Inovasi, Kewirausahaan dan Bisnis serta beberapa dosen lainnya di lingkup Unhas.

Masyitha menjadi anggota ALMI pertama yang berasal dari profesi perawat. Untuk bidang kesehatan, peneliti yang terpilih lazimnya berasal dari profesi dokter, apoteker atau kesehatan masyarakat. Peluang menjadi anggota ALMI, menjadi jalan bagi perawat untuk turut berkontribusi dalam memajukan bangsa. (*/mir)

Editor: Supratman

Berita terkait :

Share berita :

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Email

This post is also available in: Indonesia