Logo-Unhas
Edit Content

Berita Terbaru

UNIVERSITAS HASANUDDIN

Dosen Manajemen Sumberdaya Perairan FIKP Unhas Bimbing Kelompok Nelayan Ikan Hias Pangkep Kelola Ekosistem Terumbu Karang

Program studi Manajemen Sumberdaya Perairan (MSP) Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan (FIKP) Universitas Hasanuddin bekerja sama dengan CV Resky Bahari dan Gabungan Pengusaha Karang Hias Indonesia, mengadakan pengabdian di Pulau Balang Lompo, Kelurahan Mattiro Sompe, Kecamatan Liukang Tuppabiring, Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan, Sabtu (12/11).

Salah satu point dalam pelaksanaan kegiatan ini adalah peran dosen Prodi MSP FIKP Unhas sebagai praktisi pada CV Rezky Bahari khususnya dalam bidang pengelolaan ekosistem terumbu karang yang berkelanjutan dan mendukung kesuksesan usaha eksportir karang hias dan ikan hias.

Dalam kegiatan tersebut, tiga orang dosen dari Prodi MSP FIKP Unhas datang sebagai praktisi di Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI) CV Resky Bahari. Ketiga dosen tersebut yakni, Prof. Dr.Joeharnani Tresnati DEA, Dr. Sri Wahyuni Rahim MSi., dan Dr. Nadiarti Nurdin.

Selain dosen MSP, juga turut hadir Dr. Mauli Kasmi yang mewakili pihak mitra CV Resky Bahari sebagai eksportir karang hias dan ikan hias.

Masing-masing membawakan materi yakni, mendukung Pengelolaan Ekosistem Terumbu Karang untuk Mendukung Optimalisasi Ekspor Karang Hias dan Ikan Hias.

Masyarakat yang menjadi peserta dalam kegiatan pengabdian tersebut adalah masyarakat nelayan ikan hias. Mereka adalah binaan CV Risky Bahari. Kegiatan ini juga turut dihadiri oleh mahasiswa dan alumni MSP FIKP Unhas.

Dalam kesempatan tersebut, Kaprodi MSP FIKP Unhas dan pihak CV Resky Bahari berharap kelompok masyarakat nelayan ikan hias dapat lebih meningkatkan kesadaran dan keterampilannya dalam pemanfaatan sumberdaya ikan karang hias yang lebih ramah lingkungan. Agar nantinya ekosistem terumbu karang dapat tetap lestari.(*/fikp-uh)

Editor : Supratman

Berita terkait :

Share berita :

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Email

This post is also available in: Indonesia