Sebagai bentuk dari implementasi tridarma perguruan tinggi, tim dosen dan mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Hasanuddin menyelenggarakan “Pelatihan Personal Review dalam Meningkatkan Ideal Diri dan Aktualisasi Diri Anak Sekolah Menyongsong Indonesia Emas”. Kegiatan yang bertujuan mendukung penguatan karakter dan pengembangan potensi siswa sejak usia sekolah tersebut berlangsung di SMA Negeri 1 Kabupaten Barru, Kamis (19/06).
Dr. Hastuti, S.Kep., Ns., M.Kes., selaku Ketua Tim menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari kontribusi nyata sivitas akademika Fakultas Keperawatan Unhas dalam menyiapkan generasi unggul menyambut Indonesia Emas 2045.
“Kami berharap, melalui pelatihan ini, siswa dapat lebih siap menyongsong masa depan, berani bermimpi besar, serta bertindak nyata dalam mencapai versi terbaik dari diri mereka masing-masing,” ungkap Hastuti.
Kegiatan resmi dibuka oleh Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Barru, Rosman, S.Pd., M.M. Dalam sambutannya, Rosman menyampaikan apresiasi atas inisiatif Fakultas Keperawatan Unhas dalam menghadirkan pelatihan yang relevan dengan kebutuhan generasi muda saat ini.
“Tema pelatihan ini merupakan isu yang saat ini menjadi kepedulian banyak kalangan, terutama generasi muda, khususnya siswa SMA. Salah satu bentuk tanggung jawab siswa terhadap diri sendiri adalah bagaimana mengaktualisasikan diri, lalu mencerminkannya dalam sikap dan tindakan positif di lingkungan sosial,” jelas Rosman.
Pelatihan ini diikuti oleh 50 siswa yang terdiri atas perwakilan Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS), Palang Merah Remaja (PMR), dan siswa lainnya. Materi pelatihan disampaikan oleh Dr. Hastuti, S.Kep., Ns., M.Kes., bersama Prof. Dr. Kadek Ayu Erika, S.Kep., Ns., M.Kes., yang turut memberikan kontribusi dalam menyusun dan menyampaikan materi secara interaktif.
Kegiatan diawali dengan pengisian kuesioner pre-test untuk mengukur pemahaman awal peserta terkait konsep ideal diri. Selanjutnya, para siswa mengikuti sesi materi yang dikemas dalam bentuk diskusi dua arah dan simulasi refleksi diri yang interaktif, didampingi oleh para mahasiswa Fakultas Keperawatan. Setelah sesi penyampaian materi, peserta kembali mengisi post-test sebagai bentuk evaluasi akhir, yang menunjukkan adanya peningkatan pemahaman secara signifikan.
Kolaborasi antara akademisi dan institusi pendidikan seperti ini dinilai menjadi salah satu strategi penting dalam upaya peningkatan kapasitas individu, baik dalam aspek kesehatan fisik maupun psikososial. Kegiatan ini sekaligus mencerminkan komitmen Unhas dalam mendukung pengembangan karakter siswa di luar aspek akademik.
Sebagai bentuk apresiasi terhadap partisipasi aktif para siswa, tim pengabdian menyerahkan cenderamata kepada seluruh peserta, yang diharapkan menjadi motivasi tambahan bagi para siswa untuk terus menjaga semangat belajar dan kesehatan secara holistik. (*/mir)
Editor : Ishaq Rahman