Berita Terbaru

UNIVERSITAS HASANUDDIN

Kerja Sama Fakultas Vokasi Unhas dan IMA Chapter Makassar, Prof. Restu: Marketing adalah Kompetensi Penting

Fakultas Vokasi Universitas Hasanuddin dan Indonesia Marketing Association (IMA) Chapter Makassar menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dalam rangka kerja sama pengembangan sumber daya manusia. Penandatanganan ini berlangsung di sela-sela acara Pelantikan Pengurus IMA Chapter Makassar, Periode 2025-2027, yang berlangsung di Saoraja Ball Room, Wisma Kalla, Jum’at, 30 Mei 2025.

MoU ditandatangani oleh Presiden IMA Chapter Makassar (Ricky Theodores) dan Dekan Fakultas Vokasi Unhas (Prof. Dr. Ir. Muh. Restu, MP). Turut hadir dalam acara pelantikan ini antara lain Walikota Makassar (Munafri Arifuddin), Kepala Dinas Pariwisata Kota Makassar (Mohammad Roem), dan sejumlah pejabat serta tokoh masyarakat.

IMA merupakan organisasi profesional berperan aktif dan berkontribusi secara bermakna kepada masyarakat. Organisasi ini berkomitmen saling bersinergi memajukan Makassar dalam mendorong inovasi, kreativitas dan kolaborasi dalam dunia pemasaran. Ricky Theodores menyebutkan terdapat empat pilar utama dalam organisasi IMA, yakni pengusaha, akademisi, profesional, dan pemerintah.

“Selama ini IMA selalu mengambil peran strategis di setiap pilar tersebut. Paling seru di pilar pemerintahan. Kita mengambil peran mitra strategis, utamanya mem-branding Kota Makassar dan memberikan bungkusan yang baik pada program pemerintah supaya lebih cantik dan memberikan dampak yang besar,” kata Ricky.

Pada pilar pengusaha, IMA memiliki fokus meningkatkan daya saing pelaku usaha dan pariwisata Kota Makassar, dimana hal ini sejalan dengan program Wali Kota Makassar. Sementara pada pilar profesional, IMA mengambil peran untuk berbagi pengalaman terkait praktik baik dalam dunia pemasaran, misalnya business forum, dimana praktisi melakukan sharing session ilmu marketing kekinian yang bisa diterapkan pada berbagai bidang usaha.

Khusus untuk pilar akademisi, IMA terus melakukan penelitian dan pengembangan ilmu marketing yang relevan dengan kondisi terkini. Ricky Theodores berencana menggelar kembali Marketer’s Day untuk memperkuat jejaring dan memperbaharui ilmu pemasaran terbaru.

Dekan Fakultas Vokasi Unhas, Prof. Dr. Ir. Muh. Restu, MP mengatakan marketing merupakan kompetensi yang sangat dibutuhkan untuk mengembangkan sumber daya manusia. Disisi lain, dunia usaha juga membutuhkan sumber daya manusia yang berkualifikasi marketing profesional.

“Di Fakultas Vokasi Unhas, kami menerapkan sistem pembelajaran yang didominasi oleh praktik dibanding teori. Marketing merupakan kompetensi pendukung utama yang wajib dimiliki oleh semua mahasiswa. Itulah salah satunya yang mendasari kerja sama kita kali ini,” kata Prof. Restu.

Kerja sama Fakultas Vokasi Unhas dan IMA Chapter Makassar ini diharapkan akan direalisasikan dalam berbagai kegiatan, antara lain pelatihan, sertifikasi kompetensi, penelitian, atau bentuk lain yang sesuai dengan fungsi utama masing-masing pihak.(*/rls/ir)

Editor : Ishaq Rahman

Berita terkait :

Share berita :

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Email

This post is also available in: Indonesia

Skip to content